Lezatnya Timlo Maestro, Kuliner Legendaris Solo yang Bikin Ketagihan

Surakarta atau Solo merupakan salah satu kota yang pas banget untuk wisata kuliner. Mau yang tradisional maupun kekinian, banyak dijual di kota ini. Namun, terasa ada yang kurang jika belum mencoba kuliner khas Solo yang legendaris. Seperti timlo, kuliner berkuah yang pas disantap saat malam hari. Penasaran dengan rasanya, kamu bisa coba di warung Timlo Maestro berikut ini.

Makanan Legendaris Khas Solo

Timlo Sastro yang legendaris di Solo
Timlo Sastro yang legendaris di Solo via instagram/@horizonhoman

Beberapa orang mungkin tak familiar dengan timlo. Namun, tidak dengan pecinta kuliner Solo. Sajian tersebut sejenis dengan sup. Isinya beragam mulai dari kembang tahu, telur, jeroan, hingga daging. Biasanya, kuliner berkuah ini pas disantap saat malam hari. Tempat yang menjual menu ini juga banyak. Termasuk Timlo Maestro yang berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan 60 atau kawasan Keprabon.

Warung timlo legendaris di Solo
Warung timlo legendaris di Solo via instagram/@yanuaryudhap

Pernah Pindah Hingga Hijrah ke Ibukota

Pernah pindah ke Ibukota
Pernah pindah ke Ibukota via instagram/@solo.ngangeni

Sebelum terkenal seperti sekarang, pemilik warung timlo ini menjalani bisnisnya dengan penuh liku. Awalnya, pemiliknya yang bernama Slamet bekerja di warung Timlo Sastro. Setelah menikah, ia membuka warung kecil dengan nama Timlo Maestro. Bisnisnya tersebut pernah gulung tikar akibat krisis moneter. Pernah hijrah ke Jakarta, tapi tak sesukses yang diharapkan. Hingga akhirnya kembali ke Solo dan memulainya dari awal.

Menu istimewa di warung timlo
Menu istimewa di warung timlo via instagram/@defry_newrule

Isian Melimpah yang Mengenyangkan

Nasi Timlo di Solo
Nasi Timlo di Solo via instagram/@devililian

Setelah bertubi-tubi rintangan, warung makan dari Slamet ini akhirnya mulai laris sekitar tahun 2000-an. Warung sederhana ni sukses membuat pengunjung ‘balik kucing’. Banyak yang mengaku ketagihan dengan menu yang ditawarkan di sini. Apalagi menu komplit yang berisi rempela-ati, telur dan juga sosis. Untuk sosisnya juga khas dengan bentuk pipih dan berisi daging ayam suwir, Rasanya enak banget.

Kuliner malam yang nendang di lidah
Kuliner malam yang nendang di lidah via instagram/@bennygunawan

Kuliner Malam yang Nendang di Lidah

Makanan berkuah dengan isian melimpah
Ilustrasi Makanan berkuah dengan isian melimpah via instagram/@javafoodie

Bukan sekedar isinya yang istimewa, kuah dari makanan khas Solo ini juga bikin ketagihan. Rasanya gurih dengan aroma kaldu yang kuat. Makin mantap lagi ketika dikucuri dengan perasan jeruk. Nikmat banget sebagai menu makan malam saat liburan ke Solo. Untuk harganya sendiri juga beragam, tergantung dari isian yang dipesan.

Isi timlo Maestro
Isi timlo Maestro via instagram/@mayfair_m2

Nah, penasaran dengan kuliner yang sudah ada sejak tahun 1952 ini? Yuk, jelajah kuliner malam di Solo. Pastinya, tak akan mengecewakan.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner Legendaris Solo kuliner Solo Solo Surakarta
Share