Harga Tiket MRT Jakarta Resmi Mulai April 2019, Berapa?

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Akomodasi
Tiket MRT Jakarta via Instagram @satkusumojati Tiket MRT Jakarta via Instagram @satkusumojati

Setelah melakukan serangkaian uji coba publik secara gratis, MRT Jakarta telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 24 Maret 2019 lalu. Kini telah beroperasi secara komersil dan harga tiket MRT Jakarta juga sudah ditentukan. Namun khusus April, tarifnya dipotong 50%.

Teman Traveler sudah tahu bukan bahwa negara tetangga seperti Singapura sudah lebih dulu punya MRT. Terdapat beberapa perbedaan antara keduanya. Misalnya terdapat kursi penumpang di bagian atas, maupun bawah stasiun MRT Singapura. Sedangkan Jakarta hanya tersedia di bagian atas.

Jenis transportasi ini dijalankan sepenuhnya oleh mesin, namun MRT Jakarta menyediakan kabin masinis untuk jaga-jaga. Sedangkan MRT Singapura tentunya tidak ruang untuk masinis.

Harga Tiket MRT Jakarta

Peta MRT Jakarta via Instagram @mrtjkt
Peta MRT Jakarta via Instagram @mrtjkt

Harga tiket MRT Jakarta ditetapkan sekitarRp10 ribuan per 10 kilometer. Sedangkan tarif antar stasiun minimal Rp3 ribuan, kemudian naik Rp1.000 per stasiun berikutnya, sampai maksimal Rp14 ribuan. Ketentuan lainnya adalah satu penumpang hanya boleh pegang satu tiket.

1 Penumpang Dapat 1 Tiket via Instagram @mrtjkt
1 Penumpang Dapat 1 Tiket via Instagram @mrtjkt

Misalnya Teman Traveler naik dari Lebak Bulus menuju Fatmawati, harus bayar Rp4 ribuan. Kalau dari Lebak Bulus menuju Bundaran HI alias stasiun terjauh, tarifnya kurang lebih Rp14 ribuan.

Jam operasional MRT Jakarta sendiri dimulai pukul 05.00 sampai 22.00 setiap hari. Durasi perjalanan tiba setiap 5 menit saat rush hour atau 10 menit di luar jam sibuk.

Lebih Mudah dengan Kartu MRT

Kartu Single Trip via Instagram @mrtjkt
Kartu Single Trip via Instagram @mrtjkt

Teman Traveler pengguna transportasi umum bisa membeli kartu MRT Jakarta dengan harga tiket sekitar Rp15 ribuan untuk single trip dan Rp25 ribuan buat multi trip. Tidak perlu takut kehabisan, menurut situs kompas.com, PT MRT Jakarta menyediakan kurang lebih 954 ribuan kartu.

Kartu Multi Trip via Instagram @mrtjkt
Kartu Multi Trip via Instagram @mrtjkt

Kartu single trip hanya dapat dipakai untuk sekali jalan dan berlaku selama kurang lebih 7 hari, harus isi saldo dulu saat hendak berangkat. Sedangkan multi trip bisa digunakan beberapa kali selama saldo masih ada, masa berlakunya pun cukup lama lebih lama daripada single trip.

Membeli Tiket MRT Jakarta

Mesin Top-up Otomatis via Instagram @ari_aditya
Mesin Top-up Otomatis via Instagram @ari_aditya

Tiket MRT Jakarta dijual di setiap stasiun, yang bisa didapatkan dengan transaksi pada mesin tiket otomatis maupun loket. Teman Traveler juga dapat memanfaatkan mesin top-up otomatis yang telah disediakan PT MRT Jakarta.

MRT Jakarta via Instagram @satkusumojati
MRT Jakarta via Instagram @satkusumojati

Setelah saldo terpenuhi, Teman Traveler tinggal tap in alias menempelkan kartu di gerbang masuk. Ketika sudah tiba di stasiun tujuan, harus tap out yaitu menempelkan kembali kartu di gerbang keluar.

Naik MRT Bisa Gunakan Uang Elektronik

Menggunakan Uang Elektronik via Instagram @mrtjkt
Menggunakan Uang Elektronik via Instagram @mrtjkt

Tidak hanya mengginakan kartu single trip dan multi trip, Teman Traveler juga bisa menggunakan uang elektronik untuk menggunakan MRT Jakarta. Beberapa yang sudah terintegrasi adalah Brizzi BRI, TapCash BNI, e-Money Mandiri, dan Flazz BCA.

Segala kemudahan telah diupayakan, sehingga Teman Traveler bisa naik MRT Jakarta dengan nyaman dan efisien. Apakah sudah mencoba naik? Bagaimana menurut Teman Traveler?