The Menjangan, Resort Ramah Lingkungan di Bali yang Mengedukasi

Sampah plastik di bumi ini semakin lama tidak semakin berkurang, jumlahnya malah semakin bertambah seiring waktu. Bumi ini semakin menderita dan butuh banyak waktu untuk mencerna sampah plastik. Hal seperti ini tentu saja membutuhkan kesadaran pribadi untuk mengurangi konsumsi plastik sehari-hari. Banyak jalan untuk mengurangi sampah, misalnya saja lewat media The Menjangan Resort. Maksudnya gimana ya?

Kali ini akan dibahas mengenai The Menjangan Resort yang bisa mengedukasi para traveler yang berkunjung sesuai dengan pemaparan dari Prisca Lohuis, kontributor Travelingyuk.

Kenalan dengan The Menjangan Resort

The menjangan (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
The menjangan (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Di ujung utara Bali, terdapat satu resort yang secara tidak langsung mengedukasi pengunjung untuk menjadi pribadi yang ramah lingkungan dan peduli terhadap lingkungan. The Menjangan, membuat konsep eco-friendly menjadi terlihat mudah untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lokasi The Menjangan Resort

Rusa di sekitaran resort (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Rusa di sekitaran resort (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Resort ini berlokasi di lingkungan Taman Nasional Menjangan. Pengunjung akan bermalam di dalam taman nasional ditemani rusa-rusa liar, monyet-monyet liar dan beberapa hewan lainnya. Di sana kita dilatih untuk menghargai hewan-hewan liar dan beradaptasi untuk hidup di tengah alam liar. Tak perlu khawatir, ini bukan ditantang untuk hidup di hutan tanpa fasilitas yang dibutuhkan manusia kok.

Mengusung Konsep Eco-Friendly yang Kental

Botol bisa dipakai berkali-kali (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Botol bisa dipakai berkali-kali (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Konsep eco-friendly ­resort ini dipraktekkan secara menyeluruh yaitu dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai untuk menjaga keseimbangan alam disana. Air minum harian yang disediakan di kamar, bukan merupakan air mineral dengan botol plastik, melainkan dengan botol kaca. Tak lagi menggunakan sedotan plastik, mereka menggunakan sedotan yang bisa digunakan berkali-kali.

Sedotan yang bisa dipakai berkali-kali (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Sedotan yang bisa dipakai berkali-kali (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Alih-alih menggunakan sterofoam untuk lunch box, mereka memanfaatkan kotak makan yang bisa digunakan berkali-kali. Disediakan pula botol minuman di kamar yang bisa diisi ulang dengan air mineral yang juga tersedia dimanapun di sekeliling resort.

Suasana yang asri (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Suasana yang asri (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Resort ini memanfaatkan semua hal untuk bisa digunakan berkali-kali sehingga meminimalisasi plastik atau apapun yang hanya sekali pakai. Hal ini tentu saja membawa perubahan bagi lingkungan. Hidup dengan sampah yang bisa diminimalsir tentunya akan membawa perubahan baik terhadap lingkungan sekitar.

Jangan hanya koar-koar di media sosial jika sayang lingkungan ya. Kamu juga perlu untuk melakukan tindakan nyata. Jadilah pribadi yang sadar lingkungan yang bisa mengedukasi banyak orang. Caranya? Banyak sekali. Contohnya, kalau sedang traveling jangan membuang sampah sembarangan. Simple kan?

Tags
Bali Indonesia The menjangan resort
Share