TFP Kopi Warung, Anomali Kuliner di Pasar Gedhe Solo

Teman Traveler pernah terbayang gak, bisa menikmati sajian ala western di Pasar Gedhe Hardjonagoro Solo? Seperti yang mungkin kalian tahu, pasar ini lebih identik dengan ragam menu tradisional, seperti es dawet, telasih, lenjongan, cabuk rambak, dan masih banyak lagi. Namun jangan salah, di TFP Kopi Warung kalian akan temukan sesuatu yang berbeda.

dscf8597_NdT.jpg
Deretan menu di TFP (c) Nurlaili S/Travelingyuk

TFP Kopi Warung, alias The French Press Kopi Warung, adalah sebuah kedai mungil di sekitaran Pasar Gedhe yang menjual beragam menu makanan barat. Tak hanya itu, menu yang ditawarkan juga bergonta-ganti setiap hari. Unik bukan? Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Mengusung Konsep Kaki Lima

dscf8550_XoA.jpg
Menu reguler tertulis di papan (c) Nurlaili S/Travelingyuk

TFP Kopi Warung memang cukup unik karena hanya buka tiap jam makan
siang. Keberadaannya seolah jadi anomali di kawasan Pasar Gedhe, yang kental dengan kuliner tradisionalnya.

Bobby Ananta, sang pemilik, mengatakan bahwa ia memang sengaja mengusung konsep warung makan kecil, namun dengan tetap menjaga kualitas makanan yang disajikan. Prinsip ini juga berlaku untuk suasana, tempat, serta meja kursi yang digunakan. Semuanya persis seperti warung pada umumnya.

Untuk menjaga kualitas bahan makanan, TFP memutuskan hanya buka mulai pukul 10.00 hingga 14.00. Hal ini karena mereka tidak menyimpan semua bahan dalam lemari pendingin, sehingga hanya bisa bertahan kurang lebih empat jam.

Memakai Sistem Antrian

dscf8572_bbe.jpg
Nomor antrean pengunjung (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Lantaran cuma buka selama empat jam, Teman Traveler jangan kaget jika warung ini bisa sangat ramai. Saking padatnya, TFP menerapkan sistem antrean. Sedikit tips buat kalian, sebaiknya mampir sekitar pukul 09.30, sebelum warung buka. Jika sampai datang lebih dari pukul 11.00, bisa dipastikan kalian takkan kebagian tempat.

dscf8621_wIQ.jpg
Kursi untuk pengunjung yang masuk waiting list (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Jika memang tidak sempat datang pagi, jangan berkecil hati Teman Traveler. TFP sudah sediakan bangku panjang untuk pengunjung yang masuk waiting list. Jadi kalian bisa menunggu sambil duduk santai, tidak perlu khawatir bakal kelelahan berdiri. Tapi kalian tetap kudu bersabar ya.

Menu Berbeda Setiap harinya

dscf8604_9mL.jpg
Deretan menu di TFP (c) Nurlaili S/Travelingyuk

TFP sediakan beragam menu western menarik untuk dicicipi. Menu reguler yang bisa Teman Traveler antara lain Avocado Salad, Tuna Salad, Chicken Salad, Spaghetti Pesto Tuna, Spaghetti Chicken Broth, Spaghetti Mushroom, Tuna Sandwich, Chicken Sandwich, Egg Sandwich, serta Pancake.

Saya sendiri sempat mencoba saladnya, terasa sangat nikmat dengan Italian dressing. Sayur yang digunakan benar-benar terasa fresh karena dibeli langsung dari Pasar Gedhe.

dscf8614_pep.jpg
Spicy Beef with Oyster Mushroom (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Uniknya, TFP memiliki menu spesial yang selalu berganti-ganti setiap harinya. Kala saya mampir terakhir kali, mereka sediakan Chicken Creamy Mushroom & Toasted Almond, Spicy Beef with Oyster Mushroom, dan Meatballs with Beef Ragout. Selain itu masih ada beberapa menu menggiurkan lain seperti Sweet Potato Salad, Fruit Pancake, dan Mac n Cheese Tuna.

dscf8611_xmf.jpg
Cheese Sandwich (c) Nurlaili S/Travelingyuk

Harga menu di sini dijamin tidak menguras kantong Teman Traveler. Aneka sajian reguler dibanderol antara Rp10.000 hingga Rp25.000 saja. Sementara untuk menu spesial, bisa kalian tebus dengan modal sekitar Rp35.000. Bagaimana, cukup murah bukan? Apalagi jika mempertimbangkan kualitas bahan makanannya, yang benar-benar terjamin dan fresh

Mudah Dijangkau

dscf8627_TId.jpg
Jam di Pasar Gedhe (c) Nurlaili S/Travelingyuk

TFP Kopi Warung bisa Teman Traveler temukan di lantai dua Pasar Gedhe bagian barat. Kawasan ini dikenal sebagai tempat ngumpulnya para pedagang buah-buahan. Untuk alamat tepatnya, kalian bisa langsung meluncur ke Jalan Jendral Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Meski berada di dalam pasar, kebersihan tempatnya benar-benar terjaga kok. Jadi Teman Traveler tidak perlu khawatir ya. Lokasinya juga mudah dijangkau, hanya sekitar 10 menit perjalanan dari stasiun Balapan Solo atau setengah jam jika berangkat dari Bandara Adi Sumarmo.

Yuk ajak sahabatmu sekarang juga. Langsung saja mampir jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Solo dan sekitarnya. Bagaimana, tertarik makanan bintang lima di Pasar Gedhe Solo?

Tags
kontributor kuliner Solo Solo TFP Kopi Warung Travelingyuk
Share