Terminal Bungurasih Kini Bagusnya Tak Kalah dengan Bandara

Advertisement

Para backpacker mania pasti akrab dengan suasana terminal bus yang seadanya. Kamar mandi yang bau, juga ruang tunggu kotor dengan sampah di sana-sini. Ini lah yang kadang menjadi alasan orang malas naik bus dan memilih menggunakan kendaraan lain seperti kereta atau pesawat. Namun, bagi yang mencari transportasi murah meriah, tetap akan kembali naik bus.

Dilansir dari Travel Kompas, kini terminal Purabaya di Surabaya atau yang lebih dikenal dengan nama Bungurasih rupanya tampil dengan wajah baru setelah selesai berbenah. Jika beberapa waktu lalu masih ada beberapa ruang yang direnovasi, lantai dua yang belum bisa digunakan, kini semuanya sudah bisa dinikmati oleh pengunjung.

Wajah Baru Terminal Purabaya
Wajah Baru Terminal Purabaya [image source]
Mewah dan luas, Bungurasih kini tak kalah apik dengan Bandara Surabaya. Dari awal masuk, calon penumpang sudah disambut dengan deretan kursi di ruang tunggu yang lapang dan bersih. Di sekitarnya juga ada jendela dengan kaca besar untuk melihat bus keluar masuk. Naik dengan tangga berjalan, ruang tunggu di lantai 2 pun dibuka dan bisa mulai digunakan. Bahkan dilengkapi dengan sudut baca dan juga ruang ibu menyusui, lho.

Keindahan wajah baru Purabaya diakui oleh salah satu calon penumpang bus bernama Widya, “Waah bagus ini. Kalau dirawat terus dan dijaga kebersihannya, kayaknya terminal Purabaya tidak kalah dengan bandara ya. Dari lantai satu sampai lantai dua ini terlihat megah dan modern. Bangunannya megah dan modern dalamnya juga bersih,”, jelas Widya dalam wawancaranya dengan Kompas.

Ruang Tunggu di Terminal Purabaya
Ruang Tunggu di Terminal Purabaya [image source]
Papan-papan petunjuk sudah dipasang untuk memudahkan para pengguna transportasi darat ini memilih jalur bus yang dicari. Kalau masih bingung, jangan khawatir, ada petugas di beberapa titik yang siaga untuk membantu memberi informasi. Atau bisa langsung menuju Information Center (Pusat Informasi) yang disediakan.

Kepala Dishub Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajad menyatakan bahwa Purabaya akan terus mengalami pembenahan, “Nanti akan kami lengkapi dengan papan penujuk arah yang lebih besar dan jelas. Termasuk untuk memilih menggunakan bus ekonomi atau patas. Kami masih akan melakukan pembenahan serta evaluasi,” jelasnya.

Papan Petunjuk di Terminal Bungurasih
Papan Petunjuk di Terminal Bungurasih [image source]
Nah, sudah tidak ragu lagi kan jika ingin menggunakan bus setelah terminalnya sudah megah, bersih, dan menyenangkan seperti ini? Jika sarana sudah memadai, giliran manusianya yang menjaga dan ikut merawat. Harapannya dengan fasilitas transportasi yang semakin baik, objek wisata Surabaya jadi semakin ramai pengunjung.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Surabaya Terminal Bus
Share