Tempat Wisata Bersejarah di Klaten, Kapan ke Sana?

Advertisement

Berada di antara kota Jogja dan Solo, objek wisata Klaten memiliki daya tarik tersendiri. Belakangan diketahui, sebagian yang difavoritkan terdiri dari bangunan bersejarah usia puluhan bahkan ratusan tahun. Nah, kamu yang tengah liburan ke kota Gudeg atau menuju kampung halamannya Presiden Joko Widodo, wajib mampir ke beberapa wahana berikut.

1. Museum Gula

Gondang Winangun
Gondang Winangun [image source]
Jalan-jalan ke Klaten sekaligus berburu ilmu? Coba saja berkunjung ke Museum Winangoen atau Museum Gula Klaten. Terletak di Jalan Raya Jogja-Solo Km 25, museum ini menyimpan berbagai benda bersejarah yang berhubungan dengan industri gula. Tidak hanya itu, ada agrowisata yang menawarkan kegiatan menarik bersama keluarga. Berbagai arena permainan hingga kolam juga tersedia. Dijamin, keluarga dan sahabat bakal puas berkunjung ke sana.

Gondang Winangun, Klaten
Gondang Winangun, Klaten [image source]
Nama : Museum Gula Gondang Winangoen
Alamat : Jl. Raya Solo KM.25, Plawikan, Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57452
Jam buka : 08.00–15.00
Telepon: (0272) 326057

2. Candi Sewu

Candi Sewu
Candi Sewu [image source]
Masih berada di kompleks Prambanan, ada satu lagi bangunan yang terkenal akan cerita Roro Jonggrang dan Bandung Bondowosonya. Ialah Candi Sewu yang merupakan kumpulan candi-candi kecil dalam jumlah banyak. Karena keunikan dari bentuknya ini lah, banyak sekali orang yang tertarik datang dan berburu foto.

Candi Sewu [image source]
Nama : Candi Sewu
Alamat : Jl. Raya Yogya – Solo Km 15, Tlogo, Kalasan, Kabupaten Sleman
Telepon : 0274 496402

3. Candi Plaosan

Candi Plaosan
Candi Plaosan [image source]
Tempat bersejarah selanjutnya yang dapat dikunjungi ketika berada di Klaten adalah Candi Plaosan. Berada di Jalan Candi Plaosan Bugusan Prambanan, Kabupaten Klaten. Meski tidak seramai lokasi lainnya, tetap cocok untuk kamu yang suka dengan hal-hal berbau sejarah. Yap, candi kembar ini bukan hanya cantik dan eksotis, tapi memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Candi Plaosan Klaten
Candi Plaosan Klaten [image source]
Nama : Candi Plaosan
Alamat: Jl. Candi Plaosan, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454
Telepon: 0899-9270-261

4. Candi Merak

Candi Merak
Candi Merak [image source]
Seperti Candi Plaosan, ada satu lagi tujuan yang masih belum banyak terekspos wisatawan. Yaitu Candi Merak buatan Kerajaan Mataram Kuno. Tempat bersejarah yang terletak di Pedukuhan Candi, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten ini hingga sekarang tatap jadi kesukaan beberapa traveler. Tidak sedikit yang berburu foto di sana

Candi Merak Klaten
Candi Merak Klaten[image source]
Nama : Candi Merak
Alamat: Candi, Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57483
Jam buka: Buka 24 jam

5. Candi Bubrah

Candi Bubrah
Candi Bubrah [image source]
Jika dua bangunan sebelumnya masih utuh, lain halnya dengan destinasi satu ini. Terletak di kompleks Prambanan, Tepatnya di antara andian Roro Jonggrang dan Candi Sewu, keadaan Candi Bubrah rusak sejak ditemukan. Karena kerusakan itu pula Bubrah yang artinya rusak menjadi nama tempat ini. Hingga saat ini, wahana ini masih ramai. Bahkan beberapa di antaranya yang memakai sebagai spot foto prewedding.

Candi Bubrah, Klaten
Candi Bubrah, Klaten [image source]
Nama : Candi Bubrah
Alamat: Tlogo, Prambanan, Klaten Regency, Central Java 57454
Jam buka: 06.00–17.15

6. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan
Candi Sojiwan [image source]
Habiskan waktu liburan ke Klaten, jangan sampai  melewatkan Candi Sojiwan. Di objek wisata ini terdapat beberapa prasasti yang menarik untuk dilihat dan dipelajari. Bangunan bersejarah yang terletak kurang lebih dua kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan ini sering dijadikan spot untuk foto OOTD oleh banyak wisatawan. Bahkan tidak sedikit yang berburu matahari terbenam ala Klaten di tempat ini.

Candi Sojiwan, Klaten
Candi Sojiwan, Klaten [image source]
Nama : Candi Sojiwan
Alamat : Jalan Jogja – Solo, Kebon Dalem Kidul, Prambanan, Kb. Dalem Kidul, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
Jam buka: Hari ini buka : 08.00–17.00

Tidak hanya tempat bersejarah, Klaten juga memiliki banyak objek wisata menarik baik air maupun gunung. Selain itu, tempat makan di sana juga enak dan murah meriah. Nah, tunggu apa lagi. Yuk, liburan ke Klaten dan sekitarnya.

Advertisement
Tags
candi Indonesia Jawa Tengah Klaten Museum Sleman
Share