Selain Bali dan Lombok, Sumba Juga Menyimpan Sejuta Keindahan Alam dan Adatnya!

Advertisement

7. Bukit Wairinding

keindahan bukit Wairinding dengan hamparan savana. Tikka Dessy/Travelingyuk

Sumba dianugerahi pemandangan yang memiliki keindahan yang luar biasa. Kondisi alamnya yang didominasi oleh rangkaian pegunungan dan perbukitan kapur, menjadikan alam di Sumba Timur memiliki keunikan yang begitu eksotik. Salah satu perbukitan yang unik dan indah adalah Bukit Wairinding.

Bukit Wairinding yang mempesona

Bukit ini terletak di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Bukit ini memiliki keindahan karena padang rumputnya yang luas. Hamparan Padang Savana yang terhampar luas akan berwarna kuning kecoklatan saat musim kemarau dan sebaliknya bukit Wairinding akan berwarna hijau pada musim penghujan.

matahari terbenam di Bukit Wairinding. Tikka Dessy/Travelingyuk

Di bukit wairinding ini tidak ada fasilitas apapun, hanya terdapat sebuah warung kecil di pingggir jalan. Disarankan Teman Traveler membawa bekal makanan dan minuman. Saat matahari terbenam tiba, bukit ini memiliki keindahan berbeda yang tidak akan Teman Traveler temukan di tempat lain. 

7. Kampung Adat Praijing

Kampung adat Praijing. Tikka Dessy/travelingyuk

Kampung adat Praijing berada di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Kampung adat Praijing ini sempat mengalami kebakaran pada tahun 2000 lalu, tapi pesonanya tidak luntur hingga saat ini bahkan sekarang pun tempat ini masih banyak dikunjungi wisatawan luar negeri dan domestik. Kampung Adat Praijing berjarak 3 km dari pusat kota dan terletak di atas bukit Praijing.

Rumah-Rumah adat di Kampung Praijing. Tikkadessy/Travelingyuk

Saat mengunjungi kampung adat ini, Teman Traveler akan melihat keseharian penduduk lokal sambil mempelajari kebudayaan dan adat istiadatnya. Di kampung ini tersisa 38 rumah adat dengan sebutan masing-masing. Berbeda dengan Kampung Adat Ratenggaro, atap rumah di sini tidak setinggi Kampung Adat Ratenggaro. 

9. Savana Puru Kambera

KEINDAHAN SAVANA PURU KAMBERA. TIKKKA DESSY/TRAVELINGYUK

Savana Puru Kambera terletak di Desa Mondu, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Savana ini sangat luas dan pantai yang berwarna biru menjadi background saat foto dari atas. Namun, saat berkunjung di sini saat siang hari, diharapkan memakai sunblock dan memakai penutup kepala serta alat pelindung lainnya karena cuaca akan sangat panas.

KEINDAHAN SAVANA PURU KAMBERA. TIKKA DESSY/TRAVELINGYUK

Savana Puru Kambera adalah padang rumput yang sekelilingnya terdapat banyak pepohonan, dan di sini banyak sekumpulan kuda-kuda serta hewan ternak lainnya. Saat musim kemarau, savana ini berwarna kuning kecoklatan dan saat musim hujan berwarna hijau layaknya permadani yang terhampar luas. 

10. Pantai Walakiri

SUNSET DI WALAKIRI. TIKKA DESSY/TRAVELINGYUK

Pantai Walakiri terletak di Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Wisata ini merupakan tempat yang indah di Sumba Timur karena memiliki ciri khas pantai yang tenang, landai, dengan hamparan pasir putih yang dimilikinya. Akses menuju pantai ini sangatlah mudah karena tidak jauh dari pusat Kota Waingapu. Pantai ini ramai dikunjungi akhir-akhir tahun lalu setelah banyaknya produser film yang mengangkat cerita dengan memperlihatkan keindahan Sumba.

Menikmati sunset di Walakiri. Tikka Dessy/Travelingyuk

Pantai Walakiri memiliki mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih yang ditumbuhi pohon kelapa. Hal itulah yang menjadikan pengunjung lebih nyaman saat berada di sini. Pohon-pohon mangrove kerdil yang terdapat di ujung pantai adalah spot favorit pengunjung baik wisatawan asing maupun domestik. Air laut yang surut, siluet pepohonan mangrove pada saat matahari terbenam menambah keindahan saat mengabadikan momen di sini.

11. Bukit Persaudaraan

BUKIT PERSAUDARAAN. TIKKA DESSY/TRAVELINGYUK

Bukit Persaudaraan Mauliru terletak di Mauliru Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Lokasi bukit ini cukup dekat dengan pusat Kota Waingapu dan selalu menjadi destinasi wajib dikunjungi wisatawan yang ingin melihat keindaan alam Sumba Timur dari ketinggian.

bersama warga lokal sumba menikmati keindahan bukit persaudaraan. Tikka Dessy/Travelingyuk

Saat mengunjungi bukit ini, pengunjung akan disajikan pemandangan perbukitan dan persawahan penduduk yang luas dan indah. Di sini banyak terdapat kuda dan juga hewan ternak lainnya.

12. Tanarara 

Tanarara saat matahari terbit. Tikka Dessy/Travelingyuk

Selain Bukit Wairinding, Sumba juga memiliki bukit yang tidak kalah indah yaitu Tanarara. Bukit ini merupakan padang savana yang sangat luas dan panoramanya sangat indah. Perbukitan ini tersusun dari bukit karang-karang yang gersang dan berwarna kuning kecoklatan pada saat musim kemarau dan akan menghijau saat musim penghujan.

Punggung perbukitan relatif datar dan juga saling menyambung satu dengan yang lainnya. Teman Traveler akan dibuat takjub dengan keindahan-keindahan yang ada di sini. Bahkan Teman Traveler seakan berada di luar negeri ala Grand canyon Amerika. Jalan yang ditempuh bisa menggunakan kendaraan dan juga disekitar bukit Tanarara banyak hewan ternak seperti kuda dan sapi. Bukit Tanarara berjarak sekitar 65 km dari Kota Waingapu.

Jalan di Perbukitan Tanarara. Tikka Dessy/Travelingyuk

Ditengah Perbukitan Tanarara ada perkampungan kecil. Jika Teman Traveler ingin menikmati sunrise (matahari terbit) berangkatlah lebih awal. Setelah puas berfoto dan menikmati keindahan bukit Tanarara ini,  sempatkan mampir di pasar tradisional kampung sekitar. Selain menikmati secangkir kopi pagi dan makan mie instan bersama warga yang sedang melakukan transaksi jual beli, Teman Traveler juga bisa melakukan interaksi dan saling bertukar cerita. Penduduk sekitar bukit Tanarara sangat ramah loh untuk diajak berbincang singkat.

Sumba merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Bentang alam yang sangat indah, perbukitan dan padang savana yang luas, budaya dan adat istiadat yang masih terjaga hingga sekarang, serta pantai-pantainya yang sangat mempesona, menjadikan wisatawan sangat betah berlama-lama dan jatuh cinta dengan keindahan Pulau Sumba. Bagi Teman Traveler yang baru menikah dan ingin honeymoon di tempat romantis, silahkan berkunjung ke Pulau Sumba yang unik dan eksotis ini.

Advertisement
Tags
Honeymoon di Sumba Lokasi Romantis di Sumba Pulau Sumba Tempat Wisata di Sumba Wisata Pulau Sumba
Share