Tempat Wisata Lamongan yang Bikin Kamu Melonjak Kesenengan

Advertisement

Di antara semua tempat wisata Lamongan yang terkenal, ada beberapa yang masih belum banyak terekspos secara luas. Ingin tahu lebih lanjut tentang lokasi itu? Yuk, ikuti penelusuran singkatnya, berikut ini.

1. Gunung Pegat

Gunung Pegat [image source]
Jika di Amerika Serikat ada Green Canyon atau di Semarang ada Brown Canyon, maka ada juga tempat yang hampir mirip dengannya, yaitu Gunung Pegat. Daerah yang terletak sekitar 5 kilometer dari pusat Kecamatan Babat, Lamongan ini adalah sebuah gunung kapur yang tak hanya memiliki keindahan luar biasa, namun juga sisi mistis yang dipercaya hingga kini oleh banyak orang, yaitu dapat membuat pasangan berpisah setelah mendatanginya.

Gunung Pegat [image source]
Untuk pergi ke tempat yang berada di Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat, Anda dapat melalui jalur darat dari arah Jombang atau jika dari arah Lamongan, Anda dapat melalui Dradah, Kedungpring atau Kalen Lamongan. Sesampai di sana, Anda dapat masuk ke lokasi tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Lokasi : Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat, Lamongan

2. Pantai Kutang

Pantai Kutang [image source]
Jika ditilik dari namanya, memang terkesan agak lucu karena kutang dalam Bahasa Indonesia memiliki artian pakaian dalam wanita. Akan tetapi, bukannya mengada-ada, di sebelah utara Kabupaten Lamongan ada satu pantai tersembunyi yang tak kalah indah dengan daerah wisata lain di Indonesia bernama Pantai Kutang. Menurut cerita rakyat, di waktu dulu banyak wanita yang menanggalkan dan meninggalkan pakaian dalamnya, yaitu kutang, ketika akan berenang di pinggiran pantai ini. Oleh karenanya, banyak berceceran bra di sepanjang pantai dan akhirnya tempat ini dinamakan Pantai Kutang.

Pantai Kutang [image source]
Untuk menuju tempat ini, Anda dapat memulai perjalanan ke suatu tempat yang bernama Sidomukti. Dari perempatan Sidomukti, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Laut Jawa hingga menjumpai pertigaan yang tak jauh dari gapura Desa Labuhan. Setelah masuk di Desa Labuhan, Anda akan memulai perjalanan agak ekstrem karena harus melewati jalanan setapak yang terjal. Kurang lebih antara 30-45 menit, Anda akan sampai di Pantai Kutang.

Lokasi : Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kec. Brondong, Brengkok, Lamongan

3. Gunung Ratu

Gunun Ratu [image source]
Cerita rakyat mengenai Gajah Mada memang selalu mengasyikkan untuk diikuti karena konon dialah yang berhasil mempersatukan banyak daerah di Indonesia hingga ke beberapa negara di luar negeri. Namun hingga kini, belum ada sejarah yang berhasil mengungkap di mana letak pasti lahirnya Sang Patih tersohor tersebut.

Gunun Ratu [image source]
Namun, ada satu tempat yang juga sekarang menjadi objek wisata Lamongan dipercaya sebagai tempat lahirnya Gajah Mada, yaitu Gunung Ratu. Daerah yang berada di Desa Cancing, Kecamatan Ngimbang ini dipercaya merupakan tempat pengasingan Dewi Andong Sari, yaitu ibunda dari Gajah Mada. Untuk menuju makam Dewi Andong Sari dan juga tempat lahirnya Gajah Mada, dibutuhkan stamina yang kuat, karena Anda harus menaiki tangga berkelok yang cukup panjang.

Rute yang dapat ditempuh untuk menuju tempat tersebut adalah dari pasar Babat menuju arah Jombang atau sekitar 21 kilometer, Anda perlu berbelok ek arah timur dari Kantor Koramil Kecamatan Ngimbang. Dari pertigaan tersebut, sekitar 3 kilometer, maka lokasi yang dituju dapat dicapai.

Lokasi :  Desa Cancing, Kecamatan Ngimbang, Lamongan

4. Pantai Klayar

Pantai Klayar [image source]
Jika Anda hanya menganggap bahwa Pantai Klayar hanya ada di Desa Kalak, Kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan saja, maka Anda salah karena di Desa Klayarmas, Paciran, Lamongan, pantai dengan nama sama juga ada. Pantai satu ini belum begitu dikenal luas karena tidak adanya pengelolaan secara serius untuknya.

Pantai Klayar Lamongan [via arekgresiklagi.blogspot.co.id]
Pantai Klayar Lamongan [via arekgresiklagi.blogspot.co.id]
Sesampai di pantai yang memiliki hamparan pasir pantai berwarna kecoklatan dan beberapa bagian di antaranya ditumbuhi bunga-bunga berwarna-warni tersebut, kamu akan lebih bahagia lagi.

5. Pantai Brondong

Pantai Brondong [image source]
Namannya cukup menggiurkan bukan? Sebuah objek wisata Lamongan dengan pesona mengagumkan. Letaknya berada di pelabuhan Paciran. Kamu bisa  menikmati pemandangan yang sangat indah  terutama saat sore ketika matahari akan terbenam. Jika kamu ingin mencari ikan segar, tempat ini pun menyediakan beberapa kios penjual hasil laut tangkapan nelayan.

Pantai Brondong [image source]
Lokasi : Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi salah satu dari tempat wisata Lamongan yang tersembunyi di atas?

Advertisement
Tags
Gunung Indonesia Jawa Timur Lamongan pantai
Share