13 Tempat Wisata Kabupaten Pendeglang, The Sunset of Java yang Mendunia

Kabupaten Pandeglang adalah bentuk kontradiksi dari kabupaten Banyuwangi dalam urusan julukan. Jika Banyuwangi dikenal sebagai The Sunrise of Java maka Pandeglang adalah The Sunset of Java. Yap, seperti diketahui bahwa kabupaten di provinsi Banten ini terletak di ujung barat pulau Jawa.

Selain dikenal dengan julukan Kota Matahari Terbenam, Pandeglang juga menyandang julukan kece lainnya berupa Kota Badak. Julukan ini merujuk pada keberadaan salah satu Taman Nasional tertua di Indonesia yang sekaligus tercatat sebagai Situs Warisan Dunia, UNESCO berupa Taman nasional Ujung Kulon yang menjadi habitat terakhir dari badak bercula satu. Kini kabupaten Pandeglang mulai banyak berbenah dalam sektor pariwisata dan menghasilkan banyak tempat wisata keren yang wajib traveler kunjungi. Yuk ikuti Travelingyuk jalan-jalan di kabupaten ini.

1. Pantai Carita, Pantai Dimulainya Sebuah Cerita

Cerita perjalananmu di kabupaten Pandeglang akan dimulai dari kunjungan ke Pantai Carita. Banyak cerita yang akan kamu dapatkan dengan pergi berwisata di pantai barat pulau Jawa ini. Pantai Carita sudah sejak lama ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam. Selain pantainya yang berpasir putih, pantai ini juga memiliki daya tarik pada air lautnya yang jernih dan berombak landai lengkap dengan suguhan pemandangan Gunung Krakatau di kejauhan.

Pantai Carita, via instagram
Pantai Carita, via instagram

Pantai Carita sempat mengalami penurunan pamor lantaran akses jalan menuju ke lokasi yang rusak parah. Setelah adanya perbaikan dan penambahan sejumlah fasilitas serta resor seperti Archipelago, Cindewulung, Bali de Anyer, dan Coconut Island Carita kini kawasan pantai ini kembali semarak dan banyak menyedot kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

2. Curug Ciajeng Kembar, Hidden Paradise di Kabupaten Pandeglang

Masih berada satu wilayah dengan Pantai Carita yaitu di kecamatan Carita ada surga tersembunyi yang minim pantauan radar traveler. Surga tersembunyi tersebut berbentuk sebuah air terjun cantik bernama Curug Ciajeng Kembar. Curug nan cantik ini berada di wilayah administratif desa Cinoyong, kecamatan Carita, kabupaten Pandeglang.

Curug Ciajeng Kembar, via instagram
Curug Ciajeng Kembar, via instagram

Ukuran curug Ciajeng Kembar tidak terlalu tinggi. Terjunan airnya dipisahkan oleh batuan cadas dan menghasilkan dua air terjun yang bersandingan layaknya curug pengantin di sejumlah tempat di pulau Jawa. Tempat ini sangat pas untuk bersantai maupun bermain air, dengan suasana yang masih alami dan sepi dijamin traveler bakal betah di sini.

3. Pantai Batu Hideung, Pantai yang Masih Alami di Pandeglang

Dua pantai yang paling populer sebagai tempat wisata di Pandeglang yaitu Tanjung Lesung dan Carita. Tapi jika kalian mencari pantai keren yang masih alami dengan suasana sepi datang saja ke Pantai Batu Hideung. Pantai ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pantai Tanjung Lesung. Sebelumnya siapkan kendaraan yang fit serta hindari penggunaan motor matik sebab medan yang akan dilalui cukup menantang.

Pantai Batu Hideung, via instagram
Pantai Batu Hideung, via instagram

Pantai Batu Hideung terbagi menjadi dua, Batu Hideung Besar dan Batu Hideung Kecil dimana keduanya terpisah jarak sekitar 2 kilometer saja. Pantai ini belum banyak diketahui wisatawan pun juga belum dikelola sebagai tujuan wisata komersil. Al hasil jika datang ke pantai ini, pasir pantainya masih steril dari jejak kaki manusia. Kalau ada sampah itupun hanya sampah kayu yang terbawa arus sungai bukan sampah plastik hasil nyampah manusia.

4. Curug Sawer, Mitos Buaya Putih yang Menjaga Kawasan Curug

Berlanjut ke kecamatan Cigeulis traveler akan menjumpai Curug Sawer yang memiliki kisah mitos yang melegenda. Konon menurut warga sekitar curug ini dijaga oleh seekor buaya putih. Keberadaan buaya putih ini untuk menjaga kawasan curug dari pengaruh ulah kotor manusia yang berkunjung ke sana.

Curug Sawer, via instagram
Curug Sawer, via instagram

Terlepas dari kisah mitos yang menyelimutinya, Curug Sawer sendiri adalah kekayaan alam yang sedap dipandang mata. Curug ini terbagi menjadi dua bagian, curug yang atas setinggi 25 meter mempunyai nama Curug Lalakina sedangkan curug di bawahnya bernama Curug Bikang yang tingginya hanya 7 meter.

5. Pulau Peucang, Cara Kece Berwisata Mewah Sambil Menikmati Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon yang begitu luas tidak mungkin kita jelajahi dalam tempo sehari saja. Tapi ada cara yang keren untuk bersenang-senang menikmati liarnya taman nasional ini sambil traveling cantik yaitu dengan menyeberang ke Pulau Peucang. Pulau ini terdapat di selat Panaitan tepat di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau Peucang, via instagram
Pulau Peucang, via instagram

Bersama Pulau Panaitan, Pulau Handeuleum hingga Anak Gunung Krakatau sebenarnya masih masuk dalam kawasan Taman nasional Ujung Kulon. Jadi saat berada di Pulau Peucang dan pulau-pulau kecil lainnya, jangan kaget jika ada rusa, monyet dan hewan liar lainnya berseliweran di pinggir pantai. Kegiatan paling menyenangkan di pulau ini adalah snorkeling dan diving, taman bawah lautnya kece badai.

6. Pulau Umang, Alaternatif Tempat Wisata yang Tenang

Banten menjadi tujuan wisata kebanyakan warga DKI di akhir pekan. Selain jarak kedua wilayah yang berdekatan, di daerah ini juga banyak pilihan tempat wisata keren yang masih sepi. Salah satunya adalah Pulau Umang yang secara administratif terletak di kecamatan Sumur, kabupaten Pandeglang.

Pulau Umang, via instagram
Pulau Umang, via instagram

Pulau seluas 5 Ha berada persis di pesisir Taman nasional Ujung Kulon. Pulau ini tengah populer di kalangan traveler karena mempunyai laut yang jernih, pasir putih dan didukung dengan ombak laut yang tenang, jadilah tempat yang sempurna untuk bersenang-senang.

7. Pantai Tanjung Lesung, Jujugan Berwisata Warga Jakarta

Pantai Tanjung Lesung adalah tempat wisata populer di kabupaten Pandeglang dan menjadi tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pantai berpasir putih ini memang memiliki segala hal yang dibutuhkan pengunjung untuk menghibur mereka sehingga pulang dari pantai ini pikiran mereka jadi fresh kembali.

Pantai Tanjung Lesung, via instagram
Pantai Tanjung Lesung, via instagram

Pantai Tanjung Lesung terletak di desa Tanjung Jaya, kecamatan Panimbang, kabupaten Pandeglang. Sebagai salah satu pantai di ujung barat pulau Jawa, pantai ini dianugerahi segala kelebihan yang bisa bikin pengunjung terbuai. Garis pantainya yang cukup panjang sekitar 15 kilometer menyediakan lahan yang luas untuk bermain air, apalagi ombak di pantai ini terkenal relatif lebih landai dibanding pantai selatan Jawa.

8. Curug Cimanggung, Keindahan Air Terjunnya Tidak Nanggung

Satu lagi air terjun di kecamatan Carita yang juga belum banyak terekspose ke media yaitu Curug Cimanggung. Meski beberapa videonya telah nangkring di Youtube namun belum ada deskripsi lengkap mengenai curug tersembunyi yang satu ini.

Curug Cimanggung, via instagram
Curug Cimanggung, via instagram

Curug Cimanggung terletak di desa Cinoyong, kecamatan Carita, kabupaten Pandeglang. Debit airnya tidak terlalu deras sedangkan air tersebut jatuh dari tebing yang cukup tinggi menghasilkan fenomena seperti tirai putih yang keren. Coba deh kalau liburan ke Pandeglang kalian sedikit blusukan ke curug ini.

9. Curug Putri, Secuil Green Canyon di Pandeglang

Mau bermain air di sungai yang jernih seperti Green Canyon, Pangandaran? Di kabupaten Pandeglang tersedia Curug Putri untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan akan wisata alam yang menawarkan kegiatan air seru. Curug Putri yang kita bicarakan ini adalah curug yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Pandeglang ya.

Curug Putri, via instagram
Curug Putri, via instagram

Di Kabupaten Pandeglang ada dua air terjun yang mempunyai nama Curug Putri. Yang satu bisa traveler temukan di wilayah Pulosari dan satunya lagi ada di Tahura Pandeglang. Di Curug Putri yang ada di kawasan Tahura ini traveler bisa bermain air sepuasnya di aliran sungai yang diapit oleh tebing tinggi seperti Green Canyon Pangandaran.

10. Pulau Badul, Pulau Kecil yang Nyempil di Tengah Lautan

Pesona pulau-pulau kecil di sekitaran Taman Nasional Ujung Kulon memang tidak ada habisnya. Satu lagi pulau kecil tak berpenghuni yang jadi tren di kalangan traveler yaitu Pulau Badul. Berbeda dengan Pulau Peucang dan Pulau Umang, Pulau Badul ukurannya sangat kecil dan bisa dikelilingi dengan jalan kaki kurang dari 10 menit.

Pulau Badul, via instagram
Pulau Badul, via instagram

Pulau Badul hanya terlihat seperti gundukan pasir di tengah laut yang begitu gersang, hanya semak belukar yang tumbuh di tengah pulau. Perahu tidak bisa bersandar hingga ke tepi pulau, sehingga memaksa para traveler harus berenang sejauh 25 meter jika mau menapakkan kaki di pulau ini. Pun begitu, kalian akan puas menikmati keindahan panorama dari Pulau Badul.

11. Pemandian Alam Cikoromoy, Bisa Foto Ala Ala Umbul Ponggok di Sini

Pemandian Alam Cikoromoy di desa Kadubungbung, kecamatan Cimanuk yang berjarak 15 kilometer dari pusat kota layak untuk traveler singgahi. Kolam ini cukup populer sebagai destinasi wisata keluarga di Pandeglang dan sekitarnya.

Pemandian Alam Cikoromoy, via instagram
Pemandian Alam Cikoromoy, via instagram

Yang unik dari pemandian alam ini adalah kolamnya yang memiliki dasar alam bukannya keramik. Bebatuan dan pasir yang menjadi dasar kolam menghasilkan suasana di dalam air seperti berada di dalam lautan. Ditambah airnya yang jernih jadi keren untuk spot foto underwater layaknya Umbul Ponggok di Klaten.

12. Curug Gendang, Suasana Alam yang Tenang Bisa Traveler Dapatkan

Curug Gendang berada satu kawasan dengan Curug Putri yaitu sama-sama berada di dalam wilayah Taman Hutan Raya Pandeglang di kecamatan Carita. Curug setinggi 7 meter ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang berlibur ke Tahura.

Curug Gendang, via instagram
Curug Gendang, via instagram

Daya tarik curug ini terletak pada suasana sekitarnya yang masih alami dan sepi. Tempatnya pas untuk menyendiri dan menenangkan pikiran. Hanya saja mulai tanggal 1 April kemarin untuk sementara Curug Gendang ditutup dalam upaya revitalisasi dan juga perbaikan. Kalau ingin ke curug ini ditahan dulu ya.

13. Sungai Cigenter, Amazon Mini di Barat Pulau Jawa

Berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Sungai Cigenter dikelilingi dengan alam yang masih perawan sehingga menyusuri sungai ini dengan perahu berasa sedang menyusuri sungai Amazon. Kegiatan wisata berperahu di sungai ini cukup membuat jantung berdetak cepat.

Sungai Cigenter, via instagram
Sungai Cigenter, via instagram

Pasalnya selama susur sungai tak jarang traveler akan disuguhkan pemandangan buaya yang tiba-tiba menyembul dari permukaan sungai. Begitu pula aneka binatang liar yang berlalu lalang di bantaran sungai hingga ular-ular yang melilit di dahan dan ranting pepohonan. Berani berperahu di Sungai Cigenter? Datang saja ke Pulau Handeleum yang berada di antara gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon. Luas Pulau Handeuleum sekira 220 hektare.

Nah, buat traveler yang tinggal di Jawa Barat dan juga Jakarta, bisa tuh akhir pekan ini merencanakan liburan ke Pandeglang. Selain lokasinya yang dekat, berkunjung ke pantai-pantai di kabupaten ini sudah seperti liburan ke Pulau Bali, malah lebih alami.

Tags
Banten Indonesia Pandeglang pantai pulau
Share