Jadi Tempat Syuting Aladdin, Ini 4 Wisata Seru di Yordania

Film Aladdin sampai saat ini masih saja menggemparkan para pecinta dongeng. Dikarenakan film tersebut benar-benar mirip dengan dongeng asli, terutama pada bagian lokasinya. Banyak yang mengira jika film tersebut bertempat di India. Namun, ternyata faktanya Film Aladdin diambil di Negara Yordania. Tempatnya memang indah, namun objek wisata seru di Yordania juga tak kalah mempesona.

Wadi Rum dengan gurun pasirnya yang memukau

wisata seru di yordania
Wadi Rum via instagram/
petulemachalkova

Tentu teman traveler yang sudah menonton Aladdin pasti melihat adegan yang berada di gurun pasir luas. Nah, gurun tersebut bernama Wadi Rum. Pemandangan yang ditawarkan bukan hanya berupa pasir kok. Tapi, juga ada bukit-bukit batu yang menjulang setinggi 1700 meter. Panorama ini pun menghasilkan nuansa merah bata apabila dilihat di sore hari yang mirip dengan Planet Mars. Maka dari itu, Wadi Rum dijuluki dengan Valley of The Moon.

Keindahan dari Wadi Rum ini ternyata sangat disukai oleh pembuat film. Dibuktikan dengan film-film berjudul The Martian, Lawrence of Arabia, Red Planet, The Last Day on Mars dan Prometheus yang menggunakan Wadi Rum sebagai lokasinya.

Madaba yang dijuluki sebagai kota mosaik

wisata seru di Yordania
Madaba via instgram/
omarabudayeh

Jika melihat kota ini sekilas, mungkin teman traveler terbayang dengan perkampungan tempat tinggal Aladdin bersama sang monyet, Abu. Ya, memang mirip, namun sayangnya, Madaba bukan latar yang digunakan untuk film tersebut. Kemungkinan film hanya meniru konsep Madaba supaya terlihat nuansa timur tengahnya.

Madaba merupakan kota di Yordania yang mendapatkan julukan Kota Mosaik karena banyak ditemukannya mosaik pada situs-situs bersejarah. Mosaik yang paling terkenal yaitu mosaik Yerusalem dan mosaik Holy Land yang sudah ada sejak abad ke-6.

Jordan Valley, lembah raksasa yang membentang dari Yordania ke Israel

Jordan Valley via instagram/
antoniovitruviano

Tempat wisata di Yordania yang terkenal lainnya adalah Jordan Valley. Jordan Valley merupakan lembah besar yang membentang di antara Yordania dan Israel . Lembah ini terletak diantara Laut Mati dan Danau Tiberias.

Saat teman traveler mengunjungi Jordan Valley ini, pastikan juga mengunjungi daerah di utara Jordan Valley yang biasa disebut Ghor. Di daerah bernama Ghor ini kalian akan merasakan berbagai macam kegiatan agrikultur maupun bercocok tanam yang dilakukan warga setempat, karena memang daerah ini terkenal akan iklimnya yang mendukung untuk bercocok tanam dan juga tempat ini merupakan sumber air yang baik.

Jerash, kota kuno dari Kerajaan Romawi

Jerash via instagram/
jadstrainingcommittee

Di Yordania, juga ada kota kuno yang dinamakan Jerash. Saat memasuki kota Jerash, teman traveler bisa menyaksikan kekokohan bangunan gerbang atau gapura. Lalu ada bangunan besar dan megah yang telah hilang beberapa bagiannya, dibuat tanpa ada campuran semen sedikitpun.

Ada lagi gerbang yang terletak di bagian selatan, gerbang tersebut diberi nama Hardian Arch, gerbang ini dibangun pada 129 masehi. Penamaan gerbang Hardian Arch merupakan bentuk apresiasi atas jasa Kaisar Hardian yang membawa nama Jerash menjadi terkenal sebagai kota besar.

Sangat tidak disangka, apabila Yordania ternyata memiliki tempat wisata indah di setiap sudutnya. Bisa dibilang, hampir semuanya sangat lekat dengan nuansa timur tengah. Nah, setelah membaca artikel ini, apa teman traveler berniat untuk mengunjungi salah satunya?

Tags
Wisata wisata seru di Yordania Yordania
Share