Trans Papua Hampir Rampung, Tempat Wisata di Timika Menunggu Kamu Berkunjung

Pemerintah Indonesia, memastikan Jalan Trans Papua tersambung seluruhnya pada 2019. Jalan nasional yang dibangun untuk menyambungkan Provinsi Papua dan Porvinsi Papua Barat ini memiliki total panjang 4.329,5 Km, yang terdiri atas 3.259,45 Km di Provinsi Papua dan 1.070,62 Km di Papua Barat. Kemudahan transportasi setelah jalan ini selesai dibangun, tentu menjadi angin segar juga bagi pariwisata di sini. Tempat wisata di Timika berikut ini juga akan merasakan berkahnya. Mereka dengan segala kecantikan dan keasriannya, menunggumu dengan setia.

1. Kali Pindah-pindah

Batuan Unik di Kali Pindah-pindah
Batuan Unik di Kali Pindah-pindah via Instagram/onnywiranda

Sekitar 1,5 – 2 jam dari Timika, Teman Traveler akan menemukan Kali Pindah-pindah ini. Sungai ini airnya cukup dangkal. Selain itu, ia masih asri dan segar. Batu-batuan kecil hingga besar tersebar di sepanjang kali. Keberadaan mereka, semakin menambah keindahan kali ini. Teman Traveler bisa sebebasnya main air tanpa takut tenggelam.

2. Taman Nasional Lorentz

Serunya Mengunjungi Taman Nasional Lorentz Bersama Teman
Serunya Mengunjungi Taman Nasional Lorentz Bersama Teman via Instagram/sefdy_tarigan

Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu tempat wisata di Timika terbaik yang sekaligus merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Luasnya 2,4 juta hektare. Bayangkan! Pada 1999 lalu, kawasan ini juga diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman Nasional Lorentz akan menemukan lengkapnya keanekaragaman hayati yang ada di Asia Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu dari tiga kawasan tropis di dunia yang memiliki gletser. Tertarik?!

3. Kali Kyura

Batuan di Kali Kyura Bisa Jadi Spot Foto Menarik
Batuan di Kali Kyura Bisa Jadi Spot Foto Menarik via Instagram/apachemoka

Untuk menuju Kali Kyura, Teman Traveler harus melakukan perjalanan selama dua jam dari Timika. Tapi, jangan khawatir, sesampainya di sini, Teman Traveler akan disuguhi pemandangan dari air yang jernih dan terhitung tenang. Di pinggiran kali, terdapat bebatuan alami yang bisa dipakai untuk duduk sambil foto-foto. Namun, ketika berenang di sana, tetap hati-hati dan perhatikan keselamatan ya!

4. Kali Iwaka

Main-main Air di Kali Iwaka yang Dangkal Namun Tetap Segar
Main-main Air di Kali Iwaka yang Dangkal Namun Tetap Segar via Instagram/monalisanatkime

Berada di kawasan Freeport, Kali Iwaka punya air yang menenangkan. Kali Iwaka tidak terlalu luas, namun airnya cukup jernih dan bikin betah. Pemandangannya yang masih sangat asri, jadi nilai tambah dari kawasan ini. Meski begitu, saat berenang di Kali Iwaka, Teman Traveler harus tetap hati-hati. Tidak ada salahnya waspada daripada menyesali kan? Senang-senang boleh, hati-hati wajib.

5. Kampung Keakwa

Meriam Peninggalan Jepang di Kampung Keakwa
Meriam Peninggalan Jepang di Kampung Keakwa via Instagram/aryo_amareyao

Kampung Keakwa yang terletak di Distrik Mimika Tengah menjadi tempat wisata di Timika selanjutnya yang bisa Teman Traveler kunjungi. Kampung di pesisir pantai ini pernah menjadi basis pertahanan Jepang ketika diserang Sekutu pada peristiwa Perang Dunia II. Jalan-jalan ke Kampung Keakwa, Teman Traveler akan menemukan benda-benda peninggalan Jepang di zaman dulu. Menarik ya!

Jalur Trans Papua yang dipastikan selesai disambung pada 2019 semoga benar-benar bisa sekaligus mendukung pembangunan di bidang pariwisata yang ada di Papua, termasuk Timika ya.

Tags
Indonesia Papua Timika trans papua Wisata
Share