Tempat Wisata di Sumenep, Satu Hari Takkan Cukup

Advertisement
Advertisement

Pernah ke Sumenep? Di sana banyak destinasi wisata yang bisa kamu tuju untuk menghilangkan penat. Kabupaten di ujung timur Pulau Madura ini punya daya pikat luar biasa. Bukan cuma destinasi alam, banyak tempat wisata di Sumenep yang bisa dijelajahi. Misalnya saja wisata sejarah, budaya, dan kuliner sekaligus.

Sebagai wilayah terluas di Pulau Madura, Sumenep punya wisata daratan, pantai, dan kepulauan. Kecantikan alamnya bisa kamu bandingkan dengan wisata pantai yang sudah dikenal turis mancanegara, seperti Gili Terawangan ataupun Pantai Kuta. Saking banyaknya spot yang bisa kamu kunjungi nggak bisa kalau hanya tinggal sehari disana. Inilah rekomendasi spot wisata di Sumenep dari Marmur, kontributor Travelingyuk.

1. Wisata Sejarah

Keraton Sumenep, Via Instagram raudhatul.jannah__
Keraton Sumenep, Via Instagram raudhatul.jannah__

Bagi kamu pecinta sejarah, nggak salah kalau liburan ke sini. Datang saja ke Keraton Sumenep. Keraton yang dibangun tahun 1780 ini, punya arsitektur unik perpaduan Eropa, Arab, dan Cina. Ada lagi Taman Sare yang merupakan tempat pemandian para putri raja dan Kota Tua Kalianget yang merupakan pusat produksi garam jaman kala itu.

2. Wisata Religi

Masjid Agung Sumenep, Via Instagram sumenepsuperhits
Masjid Agung Sumenep, Via Instagram sumenepsuperhits

Masjid, Klentheng, atau beberapa makam bersejarah juga ada di kota ini. Kabupaten yang punya 120-an pulau ini bakal memanjakanmu dengan bangunan-bangunan bersejarah yang Instagramable. Masjid Jami’ Sumenep bisa jadi pilihan pertama. Lokasinya di tengah kota dan sangat mudah diakses.

Asta Tinggi Sumenep, Via Instagram hamdhy_id
Asta Tinggi Sumenep, Via Instagram hamdhy_id

Kemudian kamu bisa jalan-jalan ke Klentheng Pau Sian Ling Kong. Sesudah puas foto-foto lanjutkan saja pergi ke Asta Tinggi, makam para raja Sumenep. Lalu Asta Jokotole, Asta Ketandur, Asta Gumuk, dan asta-asta lainnya.

3. Wisata Alam

Pantai Lombang, Via Instagram deey2
Pantai Lombang, Via Instagram deey2

Nah kalau ingin dengar suara ombak dan semilir angin pantai pulau garam, di daratan Sumenep kamu akan menemukan Pantai Lombang. Kira-kira 30 km dari Kota Sumenep. Tapi jangan khawatir karena banyak angkutan umum yang lewat sana.

Pantai Badur, Via Instagram nazilanazlaa
Pantai Badur, Via Instagram nazilanazlaa

Sebenarnya ada pantai yang lebih dekat dengan kota Sumenep, namanya Slopeng. Kira-kira 21 km dari kota. Pantainya dipenuhi pasir putih dan lembut. Cukup untuk menghilangkan lelah selama perjalanan. Ada lagi satu pantai yang harus kamu coba datangi, Pantai Badur, Pantainya dihiasi pohon cemara udang. Yang menarik, di pantai Badur terdapat goa loh.

Masih belum lelah? Lanjutkan perjalanan ke pulau-pulau di sekitar Sumenep. Sayangnya karena jaraknya berjauhan dan harus ditempuh pakai kapal, tidak bisa ditelusuri semua dalam sehari. Pulau yang paling dekat dengan daratan Sumenep Pulau Talango. Di sini banyak pemukiman nelayan. Tidak jauh dari situ ada Gili Genting yang memiliki beberapa pantai, lalu Gili Labak. Kalau ingin merasakan oksigen dan udara segar, mampir ke Gili Iyang. Pulau ini punya oksigen terbaik ke 2 di dunia. Makanya penduduknya awet muda.

Masih banyak loh tempat yang bisa buat liburan di Sumenep. Yuk ke Sumenep.

Advertisement
Tags
Indonesia Madura Sumenep tempat wisata di Sumenep
Share