Eksplorasi 11 Tempat Wisata Paling Oke di Kabupaten Natuna

Advertisement

Kebanyakan orang memandang sebelah mata daerah terluar Indonesia. Jika dilihat dari segi infrastruktur memang seringkali daerah terluar yang berbatasan dengan negara lain kurang mendapatkan perhatian. Pembangunannya pun terkesan belum maksimal bagaikan anak tiri jika dibandingkan dengan daerah-daerah di Pulau Jawa. Akan tetapi jika menilik pada kekayaan alamnya, daerah-daerah ini malah sering mencuri perhatian warga dunia.

Seperti kabupaten Natuna ini, lokasinya berada di ujung utara Indonesia yang langsung berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja serta perairannya menjadi rute pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea hingga Taiwan. Traveler domestik belum banyak yang mencium keindahan daerah ini namun traveler asing sudah begitu familiar dengan tempat yang disebut-sebut sebagai cuilan tanah surga ini. Untuk itu berikut Travelingyuk susun 12 tempat wisata paling oke yang layak untuk traveler masukkan dalam bucketlist travelingmu selanjutnya.

1. Pantai Batu Kasah, The Best Beach in Natuna

Destinasi wisata pertama yang wajib dikunjungi di Natuna adalah Pantai Batu Kasah. Pantai yang punya nama lain Pantai Cemaga ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik yang dimiliki kabupaten ini. Pantainya bisa traveler temukan di kecamatan Bunguran. Sekeliling pantai ini ditumbuhi banyak pohon kelapa serta serakan batuan granit membuat gambaran pulau tropis nampak sempurna.

Pantai Batu Kasah, via instagram
Pantai Batu Kasah, via instagram

Pantai Batu Kasah juga dianugerahi dengan bibir pantai yang panjang hingga 5 km, dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih membuat siapa saja yang berkunjung ke sana bakal langsung kepincut dengan pesonanya. Kalau berkunjung ke pantai ini, tipsnya adalah membawa bekal makan sendiri karena beberapa sumber menyebutkan bahwa di kawasan pantai ini belum banyak tersedia warung makan.

2. Batu Sindu, Tempat Wisata yang Selalu Bikin Rindu

Menuju ke pantai timur kota Ranai, traveler akan disambut oleh Batu Sindu. Batu Sindu adalah nama kawasan pantai yang banyak dipenuhi dengan batu-batuan granit dengan berbagai bentuk dan ukuran. Menikmati kawasan Batu Sindu paling menarik adalah lewat menara mercusuar yang ada di sekitar lokasi.

Batu Sindu, via instagram
Batu Sindu, via instagram

Batu Sindu menyimpan potensi wisata yang sangat besar yang menunggu untuk segera dikembangkan. Saat ini kawasan ini masih relatif alami dengan belum dibangunnya berbagai fasilitas pendukung. Kekurangannya setiap traveler yang berkunjung bakal mendapatkan banyak kesulitan seperti belum tersedianya tempat parkir, belum ada rumah makan dan penginapan dan berbagai fasilitas dasar obyek wisata lainnya.

3. Pantai Sisi, Hadir Untuk Memadu Cinta Dengan Kekasih

Natuna adalah tempat sempurna untuk liburan bersama pasangan, berbeda dengan Bali yang menyediakan pilihan wisata romantis full service, di daerah ini cocoknya untuk liburan sepasang kekasih yang sama-sama hobi petualangan. Alam yang perawan bakal banyak ditemukan di Natuna salah satunya adalah Pantai Sisi.

Pantai Sisi, via instagram
Pantai Sisi, via instagram

Pantai Sisi pada tahun 2006 dinobatkan sebagai pantai alami terbaik di dunia versi majalah Island. Pantainya punya pasir putih dengan tekstur yang agak kasar sehingga jika bermain pasir di pantai, pakaian tetap bersih karena pasirnya tidak akan lengket di pakaian atau bahkan kulit. Lautnya yang sangat tenang membuat banyak traveler asing menganggapnya tidak seperti laut melainkan kolam.

4. Tak Perlu Jauh ke Eropa, Alif Stone Park Sudah Cukup Mewakili Surga Dunia

Kabupaten Natuna memiliki banyak pantai dengan karakteristik yang serupa yaitu dikelilingi oleh hamparan batu granit. Pemandangan paling sempurna antara pantai dan batuan granit bisa dilihat di Alif Stone Park yang disebut-sebut menjadi ikon paling populer di Natuna. Pantai ini letaknya berada di dekat Kota Ranai yang menjadi ibukota kabupaten.

Alif Stone Park, via instagram
Alif Stone Park, via instagram

Sesuai dengan namanya Alif Stone Park merupakan taman berbatu yang berada di tepi pantai Desa Sepempeng. Tempat wisata ini adalah perpaduan antara pantai pasir putih, air laut yang jernih serta gugusan batuan granit yang mempercantik kawasan. Fasilitas wisatawan yang ada di tempat ini adalah jembatan kayu yang menghubungkan antar batu-batu besar sehingga pengunjung bisa berkeliling di area sekitar taman batu ini.

5. Pulau Senua yang Melegenda

Pulau Senua berada di wilayah administratif Kecamatan Bunguran Timur, tepatnya berada di seberang Desa Sepempang. Kawasan ini adalah tempat yang sempurna bagi traveler yang mencari lanskap alam pantai yang eksotis dengan alam bawah laut yang magis.

Pulau Senua, via instagram
Pulau Senua, via instagram

Perairan Pulau Senua memang dikenal berisi penuh dengan terumbu karang yang tumbuh subur. Di dalamnya hidup berbagai macam biota laut. Apalagi air laut di kawasan pulau ini terkenal memiliki visibilitas yang cukup jernih. Disamping itu pulau ini juga terkait erat dengan legenda masyarakat yang menyebutkan bahwa Pulau Senua adalah jelmaan dari seorang perempuan hamil. Kata Senua sendiri dalam bahasa setempat memiliki arti wanita yang berbadan dua.

6. Selemot, Desa Setengar, Belum Banyak Traveler yang Tahu

Destinasi satu ini belum banyak diketahui traveler pun demikian belum ada ulasan wisata di situs-situs traveling. Namanya adalah Selemot di Desa Setengar yang letaknya berada di kecamatan Bunguran Selatan. Lanskap alam pedesaan yang indah ini Travelingyuk dapatkan dari salah satu akun instagram traveler yang pernah bermalam di desa ini.

Selemot, Desa Setengar, via instagram
Selemot, Desa Setengar, via instagram

Dilihat dari foto-fotonya serta deskripsi yang ada, nampak jelas jika desa Setengar ini memang memiliki wajah cantik yang bikin traveler enggan berkedip. Perjalanan menuju ke lokasi bisa dilakukan lewat kota Ranai dengan berkendara selama 2 jam.

7. Pantai Tanjung, Tempat Wisata Favorit Warga Natuna

Membaur dengan warga asli Natuna bisa dilakukan traveler saat berkunjung ke Pantai Tanjung. Pantai ini adalah salah satu tujuan wisata favorit warga Natuna. Pada hari libur bibir pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang rata-rata adalah warga sekitar.

Pantai Tanjung, via instagram
Pantai Tanjung, via instagram

Pantai Tanjung terletak di desa Tanjung, kecamatan Bunguran Timur dan bisa ditempuh dengan berkendara selama 20 menit dari kota Ranai. Daya pikat yang dimiliki pantai ini antara lain pasir pantai yang putih, laut yang biru serta ombak yang landai.

8. Pantai Teluk Buton, Pantai Cantik yang Berpotensi Menjadi Cagar Budaya Bawah Air

Pantai Teluk Buton di desa Teluk Buton, kecamatan Bunguran Utara, Natuna adalah destinasi selanjutnya yang sayang terlewatkan. Pasalnya beberapa kali kawasan pantai dan desa Teluk Buton ini telah dikunjungi tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya pemetaan Cagar Budaya Bawah Air.

Pantai Teluk Buton, via instagram
Pantai Teluk Buton, via instagram

Pantai Teluk Buton menjadi atraksi wisata tersendiri bagi warna Natuna di akhir pekan. Sebab ini adalah satu dari sedikit tempat wisata keren di Natuna yang sudah memiliki akses jalan yang mudah untuk dilalui kendaraan. Pantas saja jika libur lebaran dan libur nasional lainnya pantai yang menghadap Laut Cina Selatan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

9. Pantai Sahi, Pantai Kece dengan Landmark Pulau Batu di Tengahnya

Pantai Sahi adalah salah satu tujuan wisata yang populer di Natuna. Posisinya hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari ibukota kabupaten Ranai dimana aksesnya bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan memakan waktu kurang dari satu jam.

Pantai Sahi, via instagram
Pantai Sahi, via instagram

Pantai Sahi terkenal dengan landmark pulau batu di tengah laut yang bernama Pulau Sahi. Saat kondisi laut sedang surut traveler bisa menuju ke pulau tersebut dengan jalan kaki. Saat pasang pantai ini begitu asyik untuk digunakan bermain air sebab airnya sangat jernih dan bersih.

10. Air Terjun Gunung Ranai, Pilihan Wisata Adventure di Natuna

Meski suguhan utama traveling ke Natuna adalah wisata bahari namun daratan kabupaten Natuna yang berupa perbukitan juga menyimpan wisata alam yang tak kalah menarik lewat Air Terjun Gunung Ranai. Air terjun ini lokasinya masih cukup tersembunyi dan belum dibuka untuk tujuan wisata komersil.

Air Terjun Gunung Ranai, via instagram
Air Terjun Gunung Ranai, via instagram

Namun demikian kondisi seperti itu memberikan keuntungan sendiri bagi traveler yang hobi petualangan. Membelah hutan dan menaiki perbukitan melalui jalan setapak nan terjal menjadi rute wajib yang harus dilahap setiap traveler. Hadiahnya adalah pemandangan alam yang perawan serta air terjun alami yang punya air bersih siap menyambut traveler.

11. Masjid Agung Natuna, Arsitekturnya Terispirasi Taj Mahal

Masjid Agung Natuna adalah masjid megah dan terbesar yang ada di Kepulauan Riau. Masjid ini dibangun tahun 2007 dan baru selesai 2 tahun berikutnya. Lokasi keberadaannya cukup mudah ditemukan karena terletak di kompleks Gerbang Utaraku yang menjadi kawasan pusat pemerintahan dan bisnis di ibukota kabupaten Ranai.

Masjid Agung Natuna, via instagram
Masjid Agung Natuna, via instagram

Kalau sudah datang ke Natuna bakal lebih afdol jika berkunjung sekaligus merasakan nikmatnya beribadah di Masjid Agung Natuna. Selain ukurannya yang sangat besar, masjid ini juga punya arsitektur megah yang mengadopsi kubah Taj Mahal dan rancang bangun layaknya masjid-masjid di Timur Tengah. Ayo buruan rencanakan liburan ke Natuna!

Advertisement
Tags
Batu Indonesia kepulauan riau Natuma pantai pulau
Share