9 Tempat Wisata di Kota Tangerang yang Oke Punya

Daerah Tangerang terbagi menjadi tiga wilayah yakni kabupaten Tangerang, kota Tangerang dan kota Tangerang Selatan. Dahulu ketiga wilayah ini merupakan satu kesatuan berupa kabupaten Tangerang dengan ibu kotanya adalah kota Tangerang. Setelah dilakukan pemekaran kini terbentuklah tiga daerah yang berbeda pemerintahan dan saling berdiri sendiri.

Kota Tangerang yang notabene bekas ibukota kabupaten Tangerang merupakan kota terbesar di provinsi Banten dan terbesar ketiga di Jabodetabek setelah Jakarta dan Bekasi. Daerah berjuluk kota Benteng ini menjadi salah satu pusat manufaktur dan industri di pulau Jawa. Setidaknya ada lebih dari 1000 pabrik berdiri dan beroperasi di wilayahnya. Pun demikian bukan berarti kota ini tidak ramah bagi traveler yang mau liburan. Asal memahami medan, traveler masih bisa menemukan tempat-tempat keren untuk liburan di kota Tangerang.

1. Masjid Raya Al A’zhom, Tempatnya Wisata Religi Sekaligus Mengagumi Keindahan Arsitektur

Sebenarnya di dalam kota ini sudah ada Masjid Agung Tangerang tapi traveler juga suka untuk berkunjung ke Masjid Raya Al A’zhom yang mempunyai arsitektur megah nan indah. Masjid dengan bentuk kubah yang unik ini terletak di Jalan Satria Sudirman dan menempati lahan seluas 2 hektar.

Masjid Raya Al A'zhom, via instagram
Masjid Raya Al A’zhom, via instagram

Kubah masjid ini terdiri dari lima buah kubah berwarna biru yang saling bertumpukan satu sama lainnya menghasilkan semacam karya seni yang indah luar biasa. Nampak empat kubah sebagai penyangga sedangkan satu kubah besar berada di tengah sebagai kubah utamanya. Masjid yang mampu menampung jemaah sebanyak 15 ribu orang ini akan makin cantik saat malam hari dimana cahaya lampu akan menerangi masjid beserta kubah dan menara. Singgah untuk salat di masjid ini pasti akan menenteramkan.

2. Taman Potret, Ruang Terbuka Hijau yang Nyaman Untuk Bersantai

Salah satu komitmen pemerintah kota Tangerang untuk menyediakan banyak tempat rekreasi bagi warganya dan juga traveler lain adalah dengan membangun ruang terbuka hijau yang layak dan nyaman. Yang paling baru dan belum lama diresmikan adalah Taman Potret di Jalan Sudirman, Cikokol.

Taman Potret, via instagram
Taman Potret, via instagram

Dibangunnya Taman Potret ini diharapkan menjadi tempat rekreasi alternatif bagi masyarakat kota Tangerang dan sekitarnya. Tempat ini telah dilengkapi dengan fasilitas hot spot dan aneka bentuk karya seni yang bisa dijadikan objek fotografi atau sekedar background foto selfie. Kalau mencari tempat bersantai yang nyaman berkunjung saja ke Taman Potret.

3. Kelenteng Boen San Bio, Berada di Kelenteng Ini Serasa di China Sungguhan

Ada dua cara untuk menikmati suasana asli China di Indonesia yaitu dengan berkunjung ke kawasan Pecinan atau datang saja ke Kelenteng-kelenteng yang banyak tersebar di seluruh daerah di negeri ini. Kalau di kota Tangerang pilihannya adalah Kelenteng Boen San Bio yang terletak di Jalan Pasar Baru, kelurahan Kranjaya, kecamatan Karawaci.

Kelenteng Boen San Bio, via instagram
Kelenteng Boen San Bio, via instagram

Kelenteng Boen San Bio adalah salah satu kelenteng yang telah berusia sangat tua di Indonesia. Banyak sudut-sudut menarik yang bisa traveler potret di rumah ibadah pemeluk Kong Hu Chu dan Buddha ini. Namun yang paling banyak menyita perhatian adalah patung Dewi Kwan Im setinggi sekitar 3 meter yang letaknya berada di bagian belakang kelenteng. Kabarnya kelenteng ini dibangun pada tahun 1689.

4. Datang ke Masjid Pintu 1000 dan Nikmati Keunikannya

Lawang Sewu ternyata tidak hanya ada di Semarang, saat liburan ke kota Tangerang kamu juga bisa menemukan bangunan serupa tapi kali ini berupa sebuah masjid. Adalah Masjid Pintu Seribu adalah sebuah masjid di Tangerang yang dibangun di atas lahan seluar satu hektar oleh seorang keturunan Arab pada tahun 1978.

Masjid Pintu 1000, via instagram
Masjid Pintu 1000, via instagram

Tempat ibadah yang juga memiliki nama resmi Masjid Agung Nurul Yaqin ini berada di kampung Bayur. Meski jumlah pintu yang ada di masjid ini tidak sampai seribu tapi jumlahnya memang sangat banyak dan membuat bingung orang yang melihatnya. Berkunjung ke masjid ini sebagai bagian dari wisata religi, wisatawan bisa merasakan nikmatnya beribadah di masjid yang unik serta menyimpan tasbih raksasa yang terbuat dari kayu.

5. Bendungan Pintu Air Sepuluh, Bisa Jadi Objek Fotografi

Fungsi utama Bendungan Pintu Air Sepuluh ini adalah untuk mengatur aliran Sungai Cisadane yang melintasi daerah Tangerang. Tapi karena keindahan panorama sekitar juga uniknya arsitektur pintu air yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda kemudian menjadikan Pintu Air Sepuluh sebagai tempat kumpul dan rekreasi anak muda di sekitar Tangerang.

Bendungan Pintu Air Sepuluh, via instagram
Bendungan Pintu Air Sepuluh, via instagram

Bendungan Pintu Air Sepuluh berada di Jalan Sangego, kecamatan Karawaci. Namanya diambil dari penampakan asli bendungan yang memang memiliki 10 pintu air. Kesepuluh pintu ini masing-masing mempunyai lebar 10 meter. Menurut catatan sejarah bendungan ini dibangun pada tahun 1927. Kini Bendungan Pintu Air Sepuluh terkenal sebagai tempat rekreasi dan juga hunting fotografi.

6. Situ Cipondoh, Banyak Pilihan Bermain di Tempat Ini

Di tengah kota yang begitu padat ternyata Tangerang masih memiliki kawasan danau yang begitu asri dan sering digunakan warga untuk rekreasi dan menepi di akhir pekan. Danau tersebut bernama Situ Cipondoh yang bisa traveler temukan di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari. Setiap pagi dan sore kawasan danau ini selalu ramai dikunjungi traveler.

Situ Cipondoh, via instagram
Situ Cipondoh, via instagram

Traveler yang datang ke Situ Cipondoh ditawarkan banyak pilihan kegiatan outdoor yang menyenangkan. Diantaranya adalah lahan yang luas untuk piknik, ada pula tempat pemancingan, spot bersepeda air, dan juga wahana flying fox. Situ Cipondoh bisa menjadi alternatif tujuan wisata keluarga yang seru di tengah Kota Tangerang.

7. Ikuti Kemeriahan Festival Cisadane

Berkunjung ke Tangerang paling asyik saat bertepatan dengan perayaan Festival Cisadane. Festival Cisadane merupakan Program Pemerintah Kota Tangerang, sebagai EVENT tahunan diselenggarakan tepian sungai Cisadane. Dikutip Travelingyuk dari situs resmi Festival Cisadane, acara ini akan menampilkan prosesi puncak-puncak kreatifitas daerah yang merefleksikan orsinalitas, kemandirian dan kearifan lokal.

Festival Cisadane, via instagram
Festival Cisadane, via instagram

Umumnya Festival Cisadane digelar pada bulan Mei namun jadwal ini bisa berubah-ubah. Yang pasti dalam setiap pagelaran festival ini akan ada banyak perlombaan seru yang bisa diikuti diantaranya Lomba Barongsai, Lomba Tari Lenggang, Lomba Musik Dangdut, Pameran Flora dan Fauna, Pasar Rakyat serta masih banyak lainnya.

8. Kawasan Gading Serpong, Pilihan Tempat Belanja di Tangerang

Buat traveler yang hobi wisata belanja tidak boleh melewatkan Kawasan Gading Serpong sebagai daftar tujuan traveling. Kawasan ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan megah dan kuliner ekstra lengkap. Mengusung tema modern membuat kawasan ini bukan hanya tepat sebagai tujuan belanja namun juga keren untuk dipandang mata.

Kawasan Gading Serpong, via instagram
Kawasan Gading Serpong, via instagram

Kawasan Serpong Gading berada di wilayah dengan akses yang sangat mudah dijangkau dari Tol Kebun Jeruk. Bahkan pada akhir pekan jalur menuju ke Serpong Gading sangat ramai dan cenderung macet lantaran banyaknya traveler yang berminat mengunjungi salah satu kawasan paling keren di Tangerang. Serpong gading memang hadir untuk memenuhi kebutuhan rekreasi modern bagi pengunjung.

9. Tang City Mall, Hadir Untuk Memanjakan Kaum Urban yang Suka Kehidupan Metropolitan

Berada di pusat kota Tangerang hadir satu lagi pusat perbelanjaan modern terbaru bernama Tang City Mall. Tempat ini bisa menjadi pilihan berbelanja disamping Serpong Gading dan sejumlah pusat perbelanjaan di kota industri ini. Kehadiran Tang City Mall bertujuan untuk menyediakan fasilitas hidup ala kota metropolitan untuk kaum urban dan juga ekspatriat di kota Tangerang.

Tang City Mall, via instagram
Tang City Mall, via instagram

Tang City Mall berada sangat dekat dengan bandara internasional Soekarno-Hatta sehingga para pendatang yang lewat bandara ini tidak akan kerepotan lagi untuk sekedar mencari tempat belanja yang modern. Selain dua tempat Serpong Gading dan Tang City Mall masih banyak pilihan wisata belanja di Tangerang diantaranya Metropolis Town Square, Summarecon Mall Serpong dan lain sebagainya.

Itulah kesembilan tempat wisata paling oke yang ada di kota Tangerang. Sudah pernah berkunjung ke kota ini belum?

Tags
Banten Bendungan Indonesia kelenteng masjid Taman tanggerang
Share