15 Tempat Wisata Populer yang Wajib Traveler Kunjungi Saat Liburan ke Jakarta Pertama Kali

Jakarta, ibukota negara Indonesia sekaligus menyandang predikat sebagai kota terbesar di negeri ini memang memiliki daya tarik besar untuk mendatangkan orang-orang dari pelosok negeri. Meski kehidupan di kota ini sangat keras namun tak membuat orang segan untuk selalu datang baik untuk mengundi nasib hingga sekedar jalan-jalan.

Ngomong-ngomong masalah traveling, Jakarta adalah salah satu tujuan berlibur yang sekali seumur hidup mesti traveler kunjungi. Alasannya simpel, rugi dong sebagai warga negara Indonesia tapi tidak pernah menjejakkan kaki di ibukotanya sendiri. Apalagi di kota dengan fasilitas modern dan lengkap ini traveler bisa menemukan segala macam jenis tempat wisata mulai dari yang bertema alam hingga wisata buatan. Kalau ini adalah pengalaman pertama traveling ke Jakarta, setidaknya kunjungi dulu 15 tempat wisata populernya berikut ini.

1. Belum Sah Dikatakan Liburan ke Jakarta Kalau Belum Foto di Monas

Untuk traveler yang sering wara-wiri ke Jakarta mungkin menganggap liburan ke Monas adalah hal yang biasa. Tapi kalau kamu baru pertama kali menjejakkan kaki di kota ini, maka Monas adalah tempat pertama yang wajib kamu singgahi. Monas atau Monumen Nasional adalah tempat wisata paling populer di Jakarta dan dikenal luas hingga mancanegara.

Monumen Nasional, via instagram
Monumen Nasional, via instagram

Monumen dengan puncak mahkota lidah api berbalut emas ini memiliki ukuran tinggi 132 meter dan dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Terdapat pula Museum Sejarah Nasional Indonesia pada kedalaman 3 meter dan pengunjung juga bisa naik ke puncak Monas menggunakan lift.

2. Mengunjungi Masjid Terbesar Se-Asia Tenggara

Jauh hari sebelum berangkat orang yang berencana liburan ke Jakarta pasti memasukkan Masjid Istiqlal sebagai salah satu tujuan wisatanya. Siapa coba yang tidak kepincut dengan kemegahan masjid yang diarsitekturi oleh seorang Nasrani ini dan tercatat sebagai masjid terbesar se-Asia Tenggara.

Masjid Istiqlal, via instagram
Masjid Istiqlal, via instagram

Masjid Istiqlal memiliki desain yang menggabungkan antara arsitektur Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa. Pembangunannya dimulai pada tanggal 24 Agustus 1961. Sebagai masjid modern, Istiqlal tidak hanya melayani kebutuhan ibadah saja namun juga menjadi jujugan wisata religi, pusat pendidikan Islam dan pusat aktivitas syiar Islam.

3. Taman Impian Jaya Ancol, Taman Rekreasi Modern di Utara Jakarta

Traveler yang mencari keseruan berwisata bisa berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol yang berada di utara kota Jakarta. Tempat wisata ini berada di pesisir pantau utara serta menempati lahan yang sangat luas. Di dalamnya berdiri berbagai jenis wahana hingga spot wisata seru antara lain Dufan, Seaworld, Gelanggang Samudera dan masih banyak lagi.

Pantai Ancol di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, via instagram
Pantai Ancol di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, via instagram

Taman Impian Jaya Ancol yang kini lebih populer dikenal dengan nama Ancol Dreamland ini sangat cocok dikunjungi traveler segala usia. Hampir sama dengan TMII hanya saja keberadaan Ancol bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan akan serunya berekreasi. Tiket masuk kawasan Ancol sendiri dipatok dengan tarif Rp. 25 ribu sedangkan untuk menikmati wahana-wahana di dalamnya akan dikenai biaya terpisah.

4. Taman Bermain Paling Seru Ya Dufan!

Seperti diketahui bahwa Ancol Dreamland memiliki banyak wahana seru yang musti dikunjungi satu per satu. Jika kamu hobi dengan permainan menguji adrenalin kunjungi saja Dunia Fantasi atau Dufan. Di dalam lahan seluas 9 hektar ini traveler bisa memilih jenis permainan yang ia sukai dari yang santai hingga menegangkan.

Dunia Fantasi, via instagram
Dunia Fantasi, via instagram

Setiap wahana yang ada di Dufan didesain dengan background kota-kota di dunia dan Indonesia. Beberapa wahana yang cukup santai adalah bianglala dan komedi putar sedangkan jika kamu suka tantangan coba saja naik roller coaster, halilintar dan permainan ekstrim lainnya.

5. Sea World, Tempatnya Mengenal Aneka Satwa Laut Terlengkap di Indonesia

Masih di dalam kawasan Ancol Dreamland, ada sebuah tempat wisata yang sangat pas untuk dikunjungi baik anak-anak hingga orang dewasa yang memiliki ketertarikan dengan binatang laut, yaitu Sea World. Menariknya lagi meski namanya mengambil tema dunia laut namun koleksi di dalamnya juga mencakup hewan air tawar.

Sea World, via instagram
Sea World, via instagram

Sea World memiliki koleksi 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) biota air tawar, sampai biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis), dan 1 mamalia. Tiket masuknya sekitar Rp. 80 ribu, meski terbilang lumayan mahal tapi cukup sepadan dengan manfaat dan pengalaman yang didapatkan pengunjung.

6. Taman Mini Indonesia Indah, Sarana Wisata Edukasi Paling Menarik Seantero Jakarta

Siapa sih yang tidak kenal dengan nama besar tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah alias TMII? Orang yang belum pernah menginjakkan kaki di Jakarta saja pasti pernah mendengar nama tempat wisata yang setiap harinya dikunjungi ribuan wisatawan ini. Mayoritas mereka yang datang adalah traveler keluarga yang membawa serta anak-anak mereka.

Taman Mini Indonesia Indah, via instagram
Taman Mini Indonesia Indah, via instagram

Selain sebagai media rekreasi, TMII juga menjadi tujuan wisata edukasi. Terbukti dengan banyaknya wahana menarik yang sarat akan nilai pendidikan seperti Museum Iptek hingga anjungan berbagai provinsi di Indonesia lengkap dengan rumah adat dan pakaian tradisionalnya. Buat yang mau rekreasi banyak wahana yang bisa dikunjungi mulai Kolam Renang Snow Bay, Taman Among Puro dan Taman Ria Atmaja.

7. Melihat Aneka Satwa di Kebun Binatang Ragunan

Jakarta yang dikenal makin padat dan sumpek ternyata masih punya tempat wisata yang tergolong adem yaitu Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang ini termasuk salah satu yang tertua di Indonesia dan telah ada sejak tahun 1864. Luas kebun binatang ini tidak tanggung-tanggung yaitu mencapai 147 hektar dan memelihara lebih dari 2000 ekor satwa.

Kebun Binatang Ragunan, via instagram
Kebun Binatang Ragunan, via instagram

Berada di dalam kawasan Kebun Binatang Ragunan akan membuatmu lupa sedang berada di kota besar lantaran di sini ada lebih dari 50 ribu pohon yang menyulap kawasan sekitarnya menjadi sangat asri. Inilah salah satu tempat paling representatif untuk dikunjungi saat liburan di Jakarta. Pengunjung bisa bersantai sambil belajar mengenal satwa dari dalam dan luar negeri.

8. Wisata ke Balai Kota DKI Jakarta

Balai Kota DKI Jakarta kini bukan hanya tempat ngantor Gubernur Jakarta saja namun sejak tanggal 12 September tahun lalu, gedung ini resmi dibuka untuk keperluan wisata. Masyarakat umum pun bisa masuk ke ruang-ruang yang ada di dalam Balai Kota ini.

Wisata ke Balai Kota DKI Jakarta, via instagram
Wisata ke Balai Kota DKI Jakarta, via instagram

Wisatawan yang berkunjung ke Balai Kota akan mendapatkan banyak pengalaman mulai dari permasalahan yang dihadapi Jakarta, sejarah gedung Balai Kota hingga mengetahui nama-nama serta foto gubernur yang pernah memimpin ibukota negara. Kalau lagi beruntung pengunjung bisa ketemu Ahok, gubernur yang memimpin Jakarta saat ini.

9. Menyusuri Lorong Waktu Melihat Jakarta Tempo Dulu Via Kota Tua

Jakarta sudah menjadi kota yang sangat penting bahkan sejak zaman kolonial Belanda dimana kota ini masih bernama Batavia. Tak heran jika setelah merdeka masih banyak dijumpai bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang menyulap suasana Jakarta yang modern layaknya kota-kota bersejarah di Eropa.

Kota Tua, via instagram
Kota Tua, via instagram

Salah satu tempat untuk bernostalgia ke masa Jakarta tempo dulu adalah kawasan Kota Tua. Ini adalah tempat wisata sejarah yang akan memberikan banyak pengetahuan bagi setiap pengunjungnya. Berbagai museum berdiri di kawasan ini seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia dan masih banyak lagi. Paling asyik keliling Kota Tua adalah dengan jalan kaki atau bersepeda.

10. Menguak Sejarak Kota Jakarta Lewat Museum Fatahillah

Sejarah kota Jakarta tersimpan rapi di Museum Fatahillah yang berada di kawasan Kota Tua. Museum yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta ini telah berdiri sejak tahun 1707 dengan bangunannya yang khas bergaya neo-klasik abad ke-17.

Museum Fatahillah, via instagram
Museum Fatahillah, via instagram

Yang menarik adalah setiap pengunjung yang masuk ke museum ini harus mengenakan sandal khusus dengan alas lunak yang disediakan pihak museum. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan lantai akibat gesekan sepatu. Ada sekitar 23.500 benda yang akan mengisahkan bagaimana kehidupan kota Jakarta sejak zaman dahulu.

11. Sejarah Indonesia Sejak Zaman Prasejarah Lengkap Tersaji di Museum Nasional

Belajar tentang sejarah Indonesia sejak zaman prasejarah hingga saat ini bisa dilakukan traveler dengan berkunjung ke Museum Nasional. Museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat ini menyimpan banyak koleksi mulai dari prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi, dan geografi.

Museum Nasional, via instagram
Museum Nasional, via instagram

Museum Nasional juga tercatat sebagai museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Cikal bakalnya saja sudah dirintis sejak tahun 1778 yang saat itu dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda. Dari catatan yang ada di website Museum Nasional, pada tahun 2006 museum ini telah memiliki koleksi sebanyak 140.000 buah dan menjadi museum terlengkap di Indonesia.

12. Bundaran HI dan Monumen Selamat Datang Wajib Diabadikan

Ini adalah tempat yang paling sering muncul di layar televisi setiap tayangan yang berbau kota Jakarta. Bundaran Hotel Indonesia beserta Monumen Selamat Datang adalah ikon kota Jakarta dalam menyambut tamu atau orang-orang yang berkunjung ke Jakarta.

Bundaran HI dan Monumen Selamat Datang Wajib Diabadikan, via instagram
Bundaran HI dan Monumen Selamat Datang Wajib Diabadikan, via instagram

Monumen Selamat Datang dibangun menghadap ke utara dengan karakter sepasang manusia menggenggam bunga dan melambaikan tangan seolah-olah menyambut pendatang yang berasal dari arah Monas. Kalau liburan di Jakarta jangan lewatkan untuk bergabung dalam acara car free day di Bundaran HI setiap hari Minggu.

13. Gereja Katedral Jakarta, Arsitekturnya Berasa di Eropa

Kalau traveler singgah ke Masjid Istiqlal pasti akan melihat bangunan unik bergaya neo-gotik di seberang masjid yang tidak lain adalah Gereja Katedral Jakarta. Yap, memang menjadi pemandangan unik kala masjid besar berhadapan dengan gereja yang juga besar. Ini menjadi bukti bahwa Indonesia menjunjung tinggi nilai toleransi beragama.

Gereja Katedral Jakarta, via instagram
Gereja Katedral Jakarta, via instagram

Gereja Katedral adalah gereja tertua di Jakarta yang dibangun tahun 1901. Selain sebagai tempat ibadah gereja ini juga memiliki museum yang menyimpan barang bersejarah termasuk tongkat Paus Paulus VI dan piala Paus Yohanes Paulus II. Traveler yang hobi fotografi haram hukumnya kalau tidak mengabadikan gambar bangunan gereja katedral yang keren ini.

14. Satu Lagi Ikon Kota Jakarta, Patung Pancoran

Patung Pancoran adalah nama beken dari Monumen Patung Dirgantara yang berada di kawasan Pancoran, Jakarta. Monumen ini juga layak untuk kamu kunjungi atau setidaknya singgah sebentar untuk mengabadikan potret monumen bersejarah ini.

Patung Pancoran, via instagram
Patung Pancoran, via instagram

Monumen ini dibangun dalam rangka penegasan bahwa bangsa Indonesia juga berani menjelajahi angkasa dan menjadi simbol dari dunia penerbangan atau kedirgantaraan. Patung ini berada di kawasan strategis yang bisa dilihat semua orang yaitu di pintu gerbang kawasan Jakarta Selatan dari Lapangan Terbang Halim Perdanakusuma yang dulu menjadi Markas Besar Angkatan Udara Republik Indonesia.

15. Jangan Ketinggalan Untuk Masuk di Salah Satu Pusat Belanja di Jakarta

Sebagai pelengkapnya, kunjungi pusat-pusat perbelanjaan yang banyak bertebaran di kota Jakarta. Kota ini banyak sekali mall-mall yang dibangun untuk memuaskan dahaga belanja warga ibukota dan pendatang. Traveler tinggal pilih salah satu yang paling diminati.

Gandaria City Mall, via instagram
Gandaria City Mall, via instagram

Salah satu mall yang paling terkenal sebagai tempat jujugan wisata belanja adalah Jakarta Grand Indonesia Mall yang berada di kawasan Menteng. Mall ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan terlengkap dan terbesar di Jakarta yang mencakup kawasan shopping, bioskop hingga restoran. Selain itu ada juga Mall Mangga Dua, Gandaria City Mall dan masih banyak lagi.

Itulah tempat-tempat terpopuler di Jakarta yang wajib traveler kunjungi untuk merasakan sensasi liburan di kota besar yang sesungguhnya. Disamping itu, masih banyak tempat-tempat indah anti mainstream yang dipunyai kota Jakarta. Ayo segera kunjungi ibukota negara kita!

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat Wahana Wisata
Share