Bingung Akhir Pekan Ini Traveling Kemana? Datang ke Curug Cikaso Saja!

Traveler yang masih bingung mau kemana akhir pekan ini coba deh berkunjung ke Sukabumi. Di kabupaten ini ada Curug Cikaso yang indahnya bikin pengunjung sampai melongo. Apalagi lokasinya berada dekat Bogor dan Jakarta, pas tuh buat dijadikan tujuan ngadem dan menjauh sejenak dari ruwetnya kehidupan kota.

Lupakan sejenak pantai-pantai di Sukabumi, karena kita akan jalan-jalan ke obyek wisata air terjun. Sukabumi selain punya banyak pantai juga kaya akan air terjun yang dikenal dengan istilah curug. Salah satunya adalah Curug Cikaso yang begitu megah di dalam wilayah Kampung Ciniti, desa Cibitung, kecamatan Surade.

Curug Cikaso, via instagram
Curug Cikaso, via instagram

Dari sekian banyak curug yang ada di Sukabumi, Curug Cikaso adalah satu dari segelintir yang telah dikelola dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari akses jalan menuju lokasi yang cukup nyaman untuk dilalui hingga penyediaan fasilitas transportasi sungai menuju ke lokasi air terjun. dari tempat parkir menuju ke Curug Cikaso bisa dilakukan dengan dua cara.

Pertama dengan jalan kaki melewati pematang sawah yang cukup bikin tubuh berkeringat atau dengan melintasi jalur sungai Cikaso memanfaatkan perahu sewaan yang mempunyai tarif sekitar Rp. 60 ribu dan muat 10 penumpang.Pengunjung tinggal menyesuaikan dengan dana yang dimiliki untuk hal tersebut.

Kolam Curug Cikaso, via instagram
Kolam Curug Cikaso, via instagram

Curug Cikaso adalah nama tidak resmi dari Curug Luhur. Karena airnya berasal dari aliran sungai Cikaso maka warga lebih familiar dengan nama Curug Cikaso. Adapun curug ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dengan lebar 100 meter dan terbagi menjadi tiga terjunan air.

Tiga air terjun ini memiliki namanya masing-masing, dari sebelah kiri namanya Curug Asepan yang konon dijaga oleh Nyi Blorong, Curug Meong dengan penjaganya Eyang Santang dan Curug Aki yang dijaga oleh Prabu Siliwangi. Paduan tiga air terjun yang menyatu dengan alam yang asri menampilkan pemandangan yang begitu epik.

Salah satu air terjun di Curug Cikaso, via instagram
Salah satu air terjun di Curug Cikaso, via instagram

Keunikan lain dari Curug Cikaso adalah kolamnya yang berwarna biru kehijauan hasil dari sejumlah alga yang hidup di dalamnya. Pengunjung bisa mandi dan berenang di kolam tersebut dengan catatan memperhatikan keselamatan yang diberikan oleh pemandu. Pasalnya permukaan tanah di dalam kolam tersebut tidak rata dan cukup berbahaya.

Curug Cikaso dari ketinggian, via instagram
Curug Cikaso dari ketinggian, via instagram

Bagi yang berminat ke Curug Cikaso, bisa mengambil rute dari Sukabumi menuju Ujung Genteng. Dari sana lanjutkan perjalanan ke kecamatan Surade. Jarak kecamatan ini dari pusat kota Sukabumi sekitar 110 km. Untuk tiket masuknya, kendaraan mobil Rp. 27 ribu plus parkir Rp. 6 ribu. Yuk, jalan-jalan ke Curug Cikaso!

Tags
Curug Cikaso Jawa Barat Sukabumi
Share