5 Tempat Traveling Pilihan di New York

New York, Amerika Serikat, siapa yang tidak kenal New York? Salah satu kota terpenting di Amerika Serikat dan dunia, karena pengaruhnya terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan dunia hiburan. New York juga dinobatkan sebagai salah satu kota metropolitan paling padat di dunia. Di kota ini pulalah berdiri markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kebanyakan traveler lebih memilih berkunjung ketempat-tempat wisata yang jauh dari keramaian kota. Tapi siapa sangka pusat kota yang super ramai dan padat ini bisa juga dijadikan pilihan traveling. Lantas, mana saja nih tempat-tempat menarik buat para traveller? Ini dia 5 tempat yang wajib dikunjungi di New York.

1. Fifth Avenue – Pusatnya Butik Fashion Dunia

Fifth Avenue, sebuah jalan raya yang besar dan ramai di pusat Borough Manhattan, New York, Amerika Serikat. Meski ramai dan memiliki aktifitas yang padat, namun tempat ini pantas untuk dikunjungi karena di sinilah butik fashion desainer kelas dunia berkumpul. Di beberapa bagiannya terdapat pertokoan terkenal dan termahal di dunia. Bahkan pada tahun 2008 majalah Forbes menempatkan Fifth Avenue sebagai jalan termahal kelima di dunia.

Fifth Avenue (c) insidenewyork.com
Fifth Avenue (c) insidenewyork.com

Fifth Avenue membentang luas mulai dari Washington Square Park, Greenwich Village ke utara melintasi jantung Midtown, sepanjang sisi timur Central Park dan berakhir di Sungai Harlem di 142nd street. Fifth Avenue berperan sebagai jalur pembagi untuk sistem penomoran rumah di Manhattan.

 2. Rockefeller Center – Pusat Bisnis di Manhattan

Rockefeller Center atau Rockefeller Plaza, sebuah komplek pemukiman perusahaan besar Amerika Serikat. Di komplek ini terdapat 19 gedung komersial yang mencakup luas 89.000 meter persegi. Komplek ini dibangun oleh keluarga Rockefeller dan terletak di pusat Midtown Manhattan yang membentang di daerah antara Fifth Avenue dan Sixth Avenue. Pada tahun 1987 daerah ini ditetapkan sebagai National Historic Landmark.

Rockefeller Center (c) commons.wikimedia.org
Rockefeller Center (c) commons.wikimedia.org

Rockefeller Center merupakan properti swasta yang dimiliki bersama oleh Tishman-Speyer dan terbuka bagi umum. Jika masih belum juga punya gambaran akan tempat ini, mungkin kalian pernah melihat film Home Alone 2? Disinilah latar pembuatan film tersebut. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi tempat ini adlah pada saat musim salju tepatnya pada malam natal. Traveler dapat bermain ice-skating di area taman.

 3. Times Square – Tempat Nongkrong Anak Muda Amerika

Bagaikan sayur tanpa garam”. Ya, begitulah orang bilang jika pergi ke New York tanpa mengunjungi salah satu persimpangan bernama Times Square. Tempat ini adalah nama persimpangan jalan utama di Manhattan, New York City, Amerika Serikat yang menjadi tempat bertemunya jalan Broadway dan Seventh Avenue. Wilayahnya mencakup kawasan antara West 42nd hingga West 47th Street.

Times Square (c) thejetlife.com
Times Square (c) thejetlife.com

Persis di tengah Times Square terdapat Gedung One Times Square yang dinding luarnya dipasangi papan iklan dan televisi berlayar lebar. Persimpangan Times Square dulunya bernama Longacre Square, namun nama persimpangan ini diganti menjadi Times Square sejak bulan April 1904 setelah harian The New York Times pindah ke Gedung Times yang baru selesai dibangun. Gedung Times lalu berganti nama menjadi One Times Square hingga sekarang ini. Setiap malam tahun baru di Gedung One Times Square dilangsungkan upacara tahunan penurunan Bola Times Square.

4. Jembatan George Washington – Jembatan Paling Terkenal di Dunia

Siapa tak kenal jembatan rancangan Othmar Hermann Ammann ini? Salah satu jembatan gantung terkenal di dunia yang dibangun di atas Sungai Hudson. Sungai ini memiliki panjang 1.584 meter dan pembangunannya memakan waktu cukup lama, yaitu dimulai pada tanggal 21 Oktober 1927 dan dibuka untuk umum pada tanggal 29 Agustus 1962.

 Jembatan George Washington (c) supercamation.com
Jembatan George Washington (c) supercamation.com

Othmar Ammann memilih daerah ini untuk dibangun jembatan karena bantaran sungai di titik ini lebih sempit dibandingkan dengan sisi sungai lainnya. Selain itu bantaran di kedua belah sisinya juga sangat tinggi, sehingga tanpa harus membangun penopang yang tinggi, kolong jembatan ini sudah dapat dilintasi kapal.

 5. Central Park – Paru-Parunya Manhattan

Dari beberapa destinasi di New York yang sudah ditulis sebelumnya, mengindikasikan bahwa kota ini nampak panas, penuh polusi, gersang, ramai, kotor, dan lalu lintasnya padat merayap. Tapi jangan salah, meski New york adalah kota metropolitan paling padat didunia, mereka tetap memikirkan kesehatan para warga dan pengunjung. Central Park buktinya, sebuah taman untuk umum yang luas sekaligus berfungsi sebagai paru-paru Manhattan.

Central Park (c) dreamstime.com
Central Park (c) dreamstime.com

Setiap tahunnya, taman ini dikunjungi sekitar 25 juta orang, dan menjadikannya taman yang paling banyak didatangi orang di Amerika. Taman yang dirancang oleh Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux ini termasuk salah satu taman terkenal di dunia, karena taman ini sering dijadikan lokasi film dan bahan liputan di televisi. Pengelolanya adalah organisasi swasta nirlaba Central Park Conservancy yang dikontrak oleh Departemen Taman dan Rekreasi New York City.

Itulah 5 tempat menarik yang dapat dikunjungi traveler ketika liburan di Amerika. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut atau malah sudah pernah ke sana?

Tags
new york traveling
Share