4 Tempat Terlarang untuk Merokok, Ada yang Keluarkan Hukuman Penjara Bagi Pelanggar

Merokok memang merupakan kegiatan yang tidak dilarang sama sekali. Namun, aktivitas satu ini sebaiknya dilakukan di tempat-tempat tertentu. Ini dikarenakan ada beberapa tempat terlarang untuk merokok. Kira-kira tempat apa saja ya yang dimaksud? Yuk kita lihat di bawah ini. 

Di Jalan Raya  

tempat terlarang untuk merokok
Merokok sambil mengemudi via twitter/FIFCLUB

Tempat pertama yang tidak boleh dipergunakan untuk merokok adalah jalan raya. Tepatnya pada saat mengemudikan kendaraan, baik roda dua atau pun empat. Alasannya karena asap rokok bisa mengenai mata dan terhirup oleh pengendara lainnya. Hal ini tentu akan sangat berbahaya. Bukan hanya bisa terjadi kecelakaan, tapi juga dapat berdampak bagi kesehatan. Sudah banyak peristiwa akibat kejadian ini, seperti mata yang mengalami kebutaan dari asap rokok. 

Untuk menghindari hal ini terjadi lagi, pemerintah pun mengeluarkan sebuah aturan. Pada Pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 disebutkan bahwa siapa saja yang tidak konsentrasi dalam mengemudi akan diberikan beberapa hukuman. Berupa denda paling banyak Rp750.000 dan kurungan penjara maksimal selama tiga bulan. 

Kendaraan Umum 

tempat terlarang untuk merokok
Merokok di kendaraan umum via twitter/AmaBae

Lokasi selanjutnya adalah kendaraan umum, seperti angkot atau bus. Larangan ini sudah sangat jelas, karena akibatnya mirip dengan berkendara sambil merokok tadi. Yaitu bisa merusak mata dan mengganggu pernapasan orang lain. Selain itu, bau asap rokok bisa menempel di dalam kendaraan dan juga pakaian para penumpang lainnya. 

Toilet Umum 

Ilustrasi toilet umum via shutterstock

Teman Traveler juga dilarang merokok di toilet umum. Ini dikarenakan asap rokok yang terperangkap di dalam kamar mandi akan menimbulkan bau pengap yang tidak sedap. Hal ini akan mengganggu indera penciuman, sistem pernapasan, dan tentu saja merugikan orang yang akan menggunakan kamar mandi setelah kalian. Bagi mereka yang tidak terbiasa, sisa asap dan bau rokok dapat menyebabkan sesak di dada.

Tempat Ramah Anak 

Ilustrasi taman bermain via shutterstock

Area lain yang juga diprioritaskan untuk terhindar dari asap rokok yaitu tempat ramah anak. Sama seperti menghargai hak orang dewasa yang tidak merokok, kita pun perlu menghargai hak anak-anak. Apabila merokok di depan anak-anak, akan ada banyak akibat yang terjadi. Misalnya anak-anak akan mengalami gangguan kesehatan dan lebih parahnya lagi mereka bisa meniru untuk merokok. 

Itulah beberapa tempat terlarang untuk merokok. Area tersebut memang harus terhindar dari asap rokok karena terkait beberapa hal. Terutama untuk masalah kesehatan. Jadi, jangan sampai Teman Traveler merokok di area di atas, ya. 

Tags
Indonesia tempat terlarang untuk merokok tips dan inspirasi
Share