7 Penampakan Tempat-Tempat Terbengkalai yang Terlihat Keren, Berminat Mengunjunginya?

Untuk terlihat keren sebuah tempat maupun bangunan tidak harus baru. Beberapa tempat di dunia berikut ini membuktikannya meski mereka telah usang dan terbengkalai namun tidak mengurangi nilai estetika saat diabadikan dalam bingkai kamera. Bak lukisan abstrak meski wujudnya berantakan namun banyak memikat hati para seniman.

Tempat-tempat yang ada dalam daftar Travelingyuk berikut ini berada dalam kondisi yang terbengkalai dengan sejarah masing-masing. Ada yang terbengkalai karena kebakaran hebat ada pula yang ditinggalkan lantaran dianggap berhantu. Setidaknya ada 7 tempat di dunia ini yang nampak keren meski kondisinya terbengkalai.

1. El Hotel del Salto, Kolombia

Siapa yang tidak kepincut dengan pemandangan indah yang disuguhkan oleh El Hotel del Salto di Kolombia seperti di gambar di bawah ini. Hotel bergaya Gotik Prancis ini berada di lokasi yang sempurna, menghadap air terjun Tequendama yang mempesona. Bangunannya sendiri dibangun tepat di bibir tebing.

El Hotel del Salto [image source]
El Hotel del Salto [image source]
Awalnya El Hotel del Salto yang dibangun pada tahun 1920-an ini adalah rumah dari seorang arsitek bernama Carlos Arturo Tapias sebelum akhirnya selama beberapa dekade dialih fungsikan sebagai hotel. Akan tetapi karena lokasinya yang berada di tepi tebing hotel ini kerap digunakan sebagai tempat bunuh diri. Diyakini arwah orang yang bunuh diri sering menghantui tamu di lorong-lorong hotel. Sejak tahun 1990-an hotel tersebut resmi ditutup terkait dengan meningkatnya polusi di Sungai Bogota.

2. Rumah di Pedesaan Norwegia

Sekilas sudah bisa ditebak jika foto di bawah ini adalah tampilan dari rumah yang telah lama terbengkalai sehingga atap bangunannya ditumbuhi rumput bahkan terlihat ada pohon cemara besar menyembul dari atapnya. Memang jika melihat dari bentuk fisiknya bangunan ini terlihat telah lama kosong dan tidak dihuni. Akan tetapi jika membaca lokasi keberadaan bangunan unik ini maka bukan suatu yang mengherankan.

Rumah di Pedesaan Norwegia [image source]
Rumah di Pedesaan Norwegia [image source]
Foto di atas diambil di sebuah pedesaan yang ada di Norwegia. Sedangkan negara ini terkenal mempunyai tradisi membangun rumah dengan atap ditanami rumput dan tumbuhan. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Viking dan terus lestari hingga saat ini. Buktinya pemandangan serupa juga masih mudah ditemukan di bangunan-bangunan modern dengan atap penuh rerumputan.

3. Taman Rekreasi Bertema Wizard of Oz, Amerika Serikat

Pernah menonton film Oz the Great and Powerful? Bagi yang sudah menonton film tersebut pasti tidak asing dengan pemandangan jalan batu berwarna kuning ini. Film itupun merupakan adaptasi dari film pendahulunya yang berjudul Wizard of Oz. Terispirasi dari film fiksi tersebut kemudian diciptakanlah taman rekreasi bertema Oz yang dibuat di North Carolina, Amerika Serikat di tahun 1970-an.

Taman Rekreasi Bertema Wizard of Oz [image source]
Taman Rekreasi Bertema Wizard of Oz [image source]
Pada masa jayanya dalam beberapa bulan setelah pembukaan taman rekreasi tersebut mampu menarik kunjungan lebih dari 400 ribu wisatawan dan menjadi tempat rekreasi kedua yang paling banyak dikunjungi setelah Disney World. Sayang karena mengalami masa sulit taman rekreasi ini ditutup dan dibiarkan terbengkalai begitu saja selama puluhan tahun. Namun pesonanya tidak pernah hilang terlihat dari hasil foto di atas.

4. The Haiku Stairs, Tangga Menuju “Surga” di Hawaii

Perkenalkan gambar di bawah ini adalah penampakan jembatan bernama The Haiku Stairs yang ada di Hawaii, Amerika Serikat. Jembatan dibuat sepanjang 2,8 kilometer dan membentang dari lembah Haiku ke puncak Pu’u Keahi A Kahoe di Hawaii yang selalu tertutup awan. Jembatan ini sering disebut dengan Tangga Menuju Surga lantaran posisinya yang curam menuju puncak bukit berawan.

The Haiku Stairs [image source]
The Haiku Stairs [image source]
Jembatan ini digunakan sejak tahun 1942 hingga akhir tahun 1986 dan terhitung sejak tahun 1987 jembatan tersebut resmi ditutup untuk umum dimana kegiatan memanjat tebing di kawasan ini dianggap sebagai kegiatan ilegal. Namun banyak warga yang secara diam-diam tetap memanjat tangga ekstrim ini menuju puncak gunung yang notabene mempunyai pemandangan yang indah.

5. Desa Nelayan Terbengkalai di Tepi Sungai Yangtse, China

Di kawasan Cangnan Provinsi Zhejiang, China pernah ada kisah dari 20 tahun lalu dimana sebuah desa tiba-tiba ditinggalkan begitu saja oleh penduduknya dan berubah menjadi kota hantu. Desa tersebut berada persis di bibir sungai Yangtse dimana keseharian warganya suka sekali dengan kegiatan memancing.

Desa Nelayan Terbengkalai di Tepi Sungai Yangtse [image source]
Desa Nelayan Terbengkalai di Tepi Sungai Yangtse [image source]
Kejadian ini memang menjadi tanda tanya besar mengingat sungai Yangtse hingga kini masih menghasilkan ikan yang berlimpah apalagi 20 tahun lalu. Tanah di sekitar bantaran sungai Yangtse ini pun terkenal cukup subur dan cocok untuk bercocok tanam. Tidak jelas apa yang menyebabkan warga desa tersebut meninggalkan desanya dan membuat bangunan-bangunan menjadi kosong dan terbengkalai seperti dalam gambar. Untungnya pemerintah setempat berencana untuk menghidupkan kembali desa tersebut dengan mengubahnya menjadi destinasi wisata. Terbengkalai saja terlihat keren apalagi kalau sudah dikelola ya.

6. Bangkai Kapal SS America di Kepulauan Canary

Pada masa jayanya kapal SS America adalah kapal pesiar mewah yang dibuat tahun 1940. Kapal ini sempat berubah nama menjadi American Star sebuah hotel kapal bintang 5 yang dikelola oleh perusahaan Thailand. Dalam perjalanannya kapal ini diterjang badai saat memasuki kawasan Atlantik yang menyebabkan kerusakan parah.

Bangkai Kapal SS America [image source]
Bangkai Kapal SS America [image source]
Kapal tersebut kemudian terdampar di lepas pantai barat dari Fuerteventura di Kepulauan Canary. Tidak ada pihak asuransi yang membawa bangkai kapal tersebut. Kapal dibiarkan teronggok selama puluhan tahun dan alam merampasnya dengan cara alami. Dilaporkan pada tahun 2013 bangkai kapal ini hanya terlihat saat air laut sedang surut saja.

7. Crystal Mill, Gubuk Tua Seperti di Negeri Dongeng

Sebuah gubuk kayu tua yang berada di pinggir sungai Crystal, Colorado berhasil membuat mata banyak orang terpana. Tak sedikit yang menganggap foto tersebut tidak nyata dan hanya merupakan hasil dari desain grafis untuk menciptakan suatu pemandangan negeri dongeng.

Crystal Mill [image source]
Crystal Mill [image source]
Nyatanya foto yang ada di atas benar-benar ada di dunia nyata. Gubuk tersebut adalah pembangkit listrik di Sungai Crystal di Colorado yang artinya kemungkinan besar properti tersebut adalah milik pribadi dan bukan kawasan umum. Meski demikian tidak mengurangi antusias traveler untuk berkunjung ke sana demi pembuktian dan pengambilan gambar.

Tempat-tempat terbengkalai seperti yang ada di dalam daftar di atas ternyata bisa menjadi objek fotografi yang keren juga kan. Bagaimana dengan tempat-tempat terbengkalai di daerahmu, ada yang keren juga? Atau kalian tertarik mengunjungi salah satu tempat di atas?

Tags
Amerika Serikat China Hawaii Kolombia Luar negeri Norwegia Wahana Wisata
Share