5 Tempat Terbaik untuk Menonton Atraksi Paus di Alam

Membayangkan traveling ke samudera luas melihat atraksi makhluk raksasa lautan mungkin dapat menjadikan liburan yang berkesan. Di tempat-tempat berikut para traveler akan diajak menjadi saksi mata atraksi mamalia laut terbesar di dunia. Ya, atraksi ikan paus langsung dari habitat aslinya.

Meskipun hidup di air namun hewan raksasa satu ini bukanlah ikan, melainkan mamalia dalam kelompok cetacea yang berukuran besar. Di tempat-tempat ini traveler dapat menyaksikan berbagai jenis paus, mulai dari paus bungkuk, paus pembunuh atau jenis paus lainnya. Sebetulnya ada banyak tempat yang dapat Anda kunjungi untuk melihat paus, namun tidak semua tempat menawarkan pengalaman yang sama. Sekarang Anda akan mendapatkan referensi 5 tempat terbaik untuk menonton atraksi paus.

1. Cape Cod – Sebuah Tanjung di Negara Bagian Massachusetts, Rumah Paus Finback

Cape Cod adalah nama sebuah tanjung di bagian timur negara bagian Massachusetts. Tempat ini merupakan tempat bersejarah dan sudah menjadi daya tarik wisatawan sejak lama, khususnya mereka datang ke tanjung ini pada bulan-bulan di musim panas. Mengapa musim panas? Pada musim itu akan ada atraksi yang spektakuler di lautan Cape Cod.

Sebuah Tanjung di Negara Bagian Massachusetts, Rumah Paus Finback (c) whales.net
Sebuah Tanjung di Negara Bagian Massachusetts, Rumah Paus Finback (c) whales.net

Pada rentang bulan Juni hingga September terdapat kawanan ikan paus yang berlalu-lalang di laut ini. Kebanyakan dari paus yang ada di Cape Cod adalah jenis Finback. Maka tak heran jika World Wild Live mencatat bahwa Cape Cod adalah tempat terbaik di dunia menyaksikan paus dari dekat. Wisatawan dapat menyaksikan langsung kehidupan mamalia terbesar ini mulai dari ukurannya yang panjang, sirip putih dan percikan air yang ditimbulkan dari lompatan paus ini.
Jika ingin menyaksikan atraksi menegangkan ini ada baiknya Anda menyewa jasa tur yang terpercaya, The Whale Watch Dolphin Fleet of Provincetown adalah salah satu dari sekian banyak penyedia jasa tour paus yang kredibel.

2. Pulau Orcas – Melihat Paus Pembunuh di Negara Bagian Washington

Pulau Orcas berada di negara bagian Washington. Berbeda dengan Washington D.C yang menjadi ibu kota Amerika Serikat, negara bagian ini terletak di bagian barat Amerika. Di pulau Orcas ini juga menjadi spot terbaik utnuk menonton paus secara langsung. Waktu terbaik untuk melihat hewan ini adalah pada akhir Mei hingga September.

Melihat Paus Pembunuh di Negara Bagian Washington (c) orcasislandwhalewatchingtours.com
Melihat Paus Pembunuh di Negara Bagian Washington (c) orcasislandwhalewatchingtours.com

Sebagian besar paus yang terlihat di Kepulauan San Juan adalah paus Orcas atau juga dikenal sebagai paus pembunuh. Namun di pulau ini Anda juga memiliki kesempatan melihat jenis paus yang lain seperti paus Abu-abu, Minke, dan paus Bungkuk. Ada banyak penyedia jasa carter kapal untuk melayani tour paus di pulau ini, salah satunya yang populer adalah Orcas Island Eclipse Charters.

3. Maui – Menyaksikan Migrasi Paus Bungkuk di Hawaii

Ketika musim dingin datang sekitar 3.000 paus Bungkuk datang ke perairan di Maui untuk kawin dan melahirkan. Mereka bermigrasi dari Alaska menuju perairan Maui karena di sini adalah perairan hangat yang membentang antara Maui, Molokai dan Lanai di Hawaii. Tempat ini menjadi sangat populer sebagai spot menonton paus sebab airnya yang jernih memudahkan wisatawan untuk menemukan makhluk luar biasa ini mulai pagi hingga petang.

Menyaksikan Migrasi Paus Bungkuk di Hawaii (c) thingstodo.viator.com
Menyaksikan Migrasi Paus Bungkuk di Hawaii (c) thingstodo.viator.com

Yang unik dari paus di perairan ini adalah bahwa para wisatawan dapat menguping panggilan kawin si paus jantan. Mereka menyuarakan lagu-lagu dari bahasa mereka sendiri untuk menggoda si betina yang akan di ajak kawin. Aloha Kayaks Maui dan Trilogy Excursions adalah 2 agen wisata utama yang menawarkan tur paus di sana. Mereka juga akan menyewakan hydrophone yang memungkinkan wisatawan mendengarkan nyanyian paus.

4. Alaska – Tempatnya Berbagai Jenis Paus di Dunia

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke pantai-pantai di Alaska tanpa meluangkan waktu untuk melihat dan memotret kehidupan laut yang spektakuler di perairan Alaska. Berbagai paus dapat dilihat di sana, seperti paus Bungkuk, Orca, Beluga, Bowhead, Gray, Minke dan Northern Right. Hampir semua jenis paus di dunia dapat ditemukan di perairan ini.

Tempatnya Berbagai Jenis Paus di Dunia (c) cdn.mntm.me
Tempatnya Berbagai Jenis Paus di Dunia (c) cdn.mntm.me

Waktu terbaik untuk melihat mereka adalah selama musim panas. Harv dan Marv di Outback Alaska dan Hoonah Travel Adventures di Hoonah adalah dua dari sekian banyak penyedia jasa carter kapal untuk tur melihat paus yang dapat Anda sewa. Atau jika Anda masih bingung, dinas pariwisata Alaska juga menyediakan portal khusus tur ini, cukup membuka laman Whale Watching Alaska kita dapat menemukan berbagai informasi lengkap tentang tur paus ini.

5. Granville Island – Melihat Dari Dekat Paus Liar di Lautan Pasifik

Jika ingin melihat kehidupan liar dari paus maka pergilah ke Granville Island yang berada di Vancouver. Di sana banyak penyedia jasa tur yang menawarkan perjalanan menantang ke lautan Pasifik guna melihat langsung keberagaman satwa liar yang paling beragam di dunia. Tak ketinggalan pula atraksi paus juga menjadi salah satu daya tarik yang di tawarkan di sana.

Melihat Dari Dekat Paus Liar di Lautan Pasifik (c) images.hellobc.com
Melihat Dari Dekat Paus Liar di Lautan Pasifik (c) images.hellobc.com

Spesies paus yang paling sering di lihat di perainran ini adalah paus Orca. Dan jika kalian ingin melihat paus tersebut maka datanglah pada bulan sekitar Februari hingga Mei, itu adalah waktu terbaik untuk menonton paus. Untuk jasa tur sendiri ada banyak yang dapat Anda pilih, salah satunya yang populer adalah The Wild Whales Vancouver yang siap menawarkan pengalaman menonton paus di sana.

Itulah kelima tempat terbaik untuk menyaksikan kehidupan paus di alam liar yang patut Anda coba. Segera rencanakan liburan Anda ke tempat-tempat tersebut dan dapatkan pengalaman wisata seru yang tak terlupakan.

Tags
paus pulau Tempat
Share