Daftar Lengkap Tempat-Tempat Berpredikat “Ter-” di Dunia Tahun 2016

Seperti sudah menjadi agenda tahunan setiap awal tahun banyak situs traveling dan database di dunia merilis hasil penelitian mereka mengenai tempat-tempat berpredikat “ter-” di dunia. Dimulai dari destinasi terbaik untuk dikunjungi, tempat tersehat, hingga destinasi paling berbahaya karena memiliki catatan kejahatan yang tinggi. Hasil-hasil penilaian yang dilakukan situs-situs tersebut secara tidak langsung memang berguna sebagai acuan traveler untuk menentukan destinasi liburannya di tahun tersebut.

Seperti awal tahun 2016 ini, banyak sekali data-data mengenai tempat-tempat di dunia yang dirilis. Bukan hanya sekedar destinasi wisata saja namun juga daftar bandara pun tak luput dari penilaian. Untuk itu Travelingyuk coba rangkumkan untuk traveler sekalian daftar lengkap tempat-tempat berpredikat “ter-” yang baru saja dirilis berbagai situs di seluruh dunia. Simak baik-baik ulasan berikut dan semoga bermanfaat.

1. Tempat Terfavorit Untuk Berkencan di Tahun 2016

Awal tahun situs kencan traveling, Misstravel merilis daftar 10 tempat paling favorit untuk berkencan dengan pasangan di tahun 2016. Pemilihan ini didasarkan pada suasana tempat yang mendukung untuk menciptakan keromantisan. Dari hasil tanya jawab yang dilakukan pada 500.383 anggotanya didapatkanlah 10 tempat terbaik yang paling difavoritkan sebagai tujuan kencan di dunia.

Nusa Dua, Bali, via instagram
Nusa Dua, Bali, via instagram

Data yang dirilis ini membuat nama salah satu tempat di Indonesia masuk di dalamnya dan tentu saja membanggakan sebab secara tidak langsung dunia mengakui jika negeri ini memiliki destinasi traveling yang romantis. Tempat tersebut tidak lain adalah Pulau Bali yang menempati peringkat kedua setelah Las Vegas di Amerika Serikat sebagai pemuncak daftarnya. Daftar lengkap tempat terfavorit untuk berkencan versi Misstravel adalah sebagai berikut:
1. Las Vegas, AS
2. Bali, Indonesia
3. London, Inggris
4. Miami, AS
5. Cancun, Meksiko
6. New York, AS
7. Paris, Prancis
8. Dubai, UEA
9. Los Angeles, AS
10. San Francisco, AS

2. Kota Termurah Untuk Backpacker

Traveling dinikmati oleh berbagai kalangan dari yang berbudget koper hingga backpacker. Untuk traveler yang memiliki sokongan dana besar tentu tidak bingung menentukan tujuan liburan, kemana saja mereka bisa lakukan dengan asumsi mereka tidak pusing memikirkan budget traveling. Lain halnya dengan backpacker yang harus melakukan ekstra perencanaan sebelum berangkat dengan menyesuaikan budget mereka. Dari itu situs database terbesar di dunia, Numbeo merilis daftar 10 tempat termurah untuk para backpacker.

Kawasan Malioboro, Jogja, via instagram
Kawasan Malioboro, Jogja, via instagram

Dalam data Travel Price Index 2016 yang dirilis Numbeo, terdapat satu kota di Indonesia yang masuk sebagai tempat paling murah di dunia untuk backpackingan yaitu Yogyakarta. Hasil ini didapat dari penilaian harga akomodasi berupa hotel bintang 1 dan 2, satu kali makan di resto cepat saji, satu kali makan di restoran mewah, satu minuman ringan, satu botol air mineral, dan 4 kali tiket naik kendaraan umum di seluruh kota di dunia yang nantinya dibandingkan dengan rata-rata harga di New York, Amerika Serikat. Berikut daftar lengkap kota termurah untuk backpacker:
1. Ahmedabad, India
2. Perm, Rusia
3. Chennai, India
4. Mysore, India
5. Valenzuela, Filipina
6. Monterrey, Meksiko
7. Kochi, India
8. Yogyakarta, Indonesia
9. Davao, Filipina
10. Jaipur, India

3. Kota Termacet Sedunia

Membaca judulnya saja kalian pasti sudah menduga-duga jika salah satu kota dalam daftar tersebut pastilah Jakarta. Untuk kali ini tebakanmu salah besar, pasalnya ibukota Indonesia ini bahkan tidak masuk 10 besar kota paling macet sedunia lho. Data yang dirilis oleh Numbeo ini menempatkan Jakarta di peringkat 17 dunia , bahkan di Asia saja kota ini berada di luar jajaran 10 besar.

Kondisi Lalu Lintas di Bundaran HI Indonesia, via instagram
Kondisi Lalu Lintas di Bundaran HI Indonesia, via instagram

Traffic Index 2016 yang dikeluarkan Numbeo ini mengukur waktu yang dihabiskan selama di jalan, juga mengukur kandungan CO2 yang dihasilkan selama kemacetan serta memperhatikan pula ketidak efisienan sistem yang terjadi selama macet. Hasil akumulasi dari penilaian tersebut kemudian menempatkan kota Kolkata di India sebagai juaranya macet dengan index sebesar 363,15 sedangkan Mumbai berada satu level di bawahnya. Kota-kota termacet di dunia selengkapnya dapat dilihat dari daftar berikut:
1. Kolkata, India
2. Mumbai, India
3. Dhaka, Bangladesh
4. Nairobi, Kenya
5. Manila, Filipina
6. Istanbul, Turki
7. Gurgaon, India
8. Delhi, India
9. Kairo, Mesir
10. Teheran, Iran

4. Kota-Kota Paling Bebas dari Kemacetan

Selain merilis kota dengan angka kemacetan tertinggi, Traffic Index 2016 yang dikeluarkan Numbeo juga mencatat kota-kota di dunia yang paling terbebas dari kemacetan. Mungkin dengan mengetahui data ini traveler akan memilih salah satu kota ini untuk menjadi tujuan destinasinya di tahun 2016. Caranya sama dengan mengukur tingkat kemacetan, Numbeo mengukur lama perjalanan dari sebuah destinasi, berapa CO2 yang terbuang selama di jalan, dan efisiensi sistem lalu lintas di kota tersebut saat sedang padat.

Lalu Lintas di New York, via instagram
Ilustrasi lalu lintas, via instagram

Penasaran kota mana yang arus lalu lintasnya paling lancar jaya sedunia? Peringkat pertama diduduki oleh Stuttgart, Jerman dengan index 51,41. Jika dibandingkan dengan Kolkata di India sebagai kota termacet di dunia, index ini lebih rendah 7 kalinya. Rangking ini disusul oleh kota Tallinn di Estonia dan Patras, Yunani sebagai penghuni tiga besar. Daftar selengkapnya bisa kalian lihat di bawah ini:
1. Stuttgart, Jerman
2. Tallinn, Estonia
3. Patras, Yunani
4. Wina, Austria
5. Frankfurt, Jerman
6. Munich, Jerman
7. Novi Sad, Serbia
8. Timisoara, Rumania
9. Trondheim, Norwegia
10. Almaty, Khazakhstan

5. Kota Paling Berpolusi dan Paling Bebas Polusi Sedunia

Lagi Numbeo sebagai situs database terbesar di dunia memberi penilaian terhadap tingkat polusi di sebuah kota di seluruh dunia. Data yang ia olah diambil dari World Health Organization dan beberapa institusi yang dianggap berhubungan. Bukan hanya polusi udara sebagai indikatornya namun juga air dan berbagai jenis polusi lainnya. Index dengan angka tertinggi menunjukkan bahwa kota tersebut memiliki cemaran polusi tingkat tinggi dan kota-kota yang paling berpolusi di dunia adalah:
1. Tetovo, Macedonia
2. Kairo, Mesir
3. Kathmandu, Nepal
4. Accra, Ghana
5. Manila, Filipina
6. Noida, India
7. Guangzhou, China
8. Delhi, India
9. Ho Chi Minh City, Vietnam
10. Alexandris, Mesir

Polusi di China, via instagram
Polusi di China, via instagram

Sedangkan kota dengan angka index rendah menunjukkan bahwa kota tersebut memiliki dampak polusi yang sangat rendah. Kalian pasti langsung kepingin terbang ke kota-kota paling bebas polusi sedunia ini yang mana data selengkapnya bisa kamu baca di bawah ini:
1. Canberra, Australia
2. Wellington, Selandia Baru
3. Trondheim, Norwegia
4. Stockholm, Swedia
5. Zurich, Swiss
6. Victoria, Kanada
7. Reykjavik, Islandia
8. Edinburg, Inggris
9. Tallinn, Estonia
10. Munich, Jerman

6. Kota Teraman dan Kota dengan Tingak Kriminal Tertinggi di Dunia

Berikutnya adalah kota teraman dan kota paling tidak aman di dunia. Hasil ini diukur dari level kejahatan di sebuah kota di suatu negara. Index dengan nilai 80 ke atas memiliki arti bahwa kota tersebut memiliki keamanan tingkat tinggi. Menariknya dari 10 besar kota teraman di dunia, 4 besar diduduki oleh negara-negara di Asia seperti Korea Selatan, Jepang dan Turki. Berikut daftar selengkapnya:
1. Incheon, Korea Selatan
2. Kyoto, Jepang
3. Seoul, Korea Selatan
4. Eskisehir, Turki
5. Munich, Jerman
6. Singapura
7. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab
8. Boise, AS
9. Osaka, Jepang
10. Bern, Swiss

Kota Kyoto, Jepang, via instagram
Kota Kyoto, Jepang, via instagram

Sebaliknya dalam menilai kota-kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi, angka 80 ke atas menandakan bahwa kota tersebut dianggap memiliki tingkat kejahatan yang tinggi. Dari data tersebut diperoleh bahwa kota San Pedro Sula di Honduras mendapat indek sebesar 88,18 yang menempatkannya sebagai kota dengan kejahatan paling tinggi di dunia. Data selengkapnya adalah sebagai berikut:
1. San Pedro Sula, Honduras
2. Pietermaritzburg, Afrika Selatan
3. Fortaleza, Brasil
4. Johannesburg, Afrika Selatan
5. Pretoria, Afrika Selatan
6. Durban, Afrika Selatan
7. Rio De Janeiro, Brasil
8. San Salvador, El Salvador
9. Detroit, AS
10. Porto Alegre, Brasil

7. Maskapai Teraman 2016

Selain destinasi wisata, maskapai penerbangan pun tidak luput dari penilaian sejumlah situs di dunia. Salah satu yang paling rutin memberikan penilaian terhadap maskapai di dunia adalah AirlineRating. Ini merupakan lembaga pemeringkat tingkat keselamatan penerbangan yang berasal dari Australia dan telah lama menjadi salah satu lembaga yang berkonsentrasi melakukan pengamatan terhadap operasional maskapai di seluruh dunia termasuk catatan kecelakaan.

Qantas, Maskapai teraman di dunia, via instagram
Qantas, Maskapai teraman di dunia, via instagram

Tahun ini AirlineRating lagi-lagi menetapkan Qantas Australia sebagai maskapai paling aman di dunia dari sekitar 407 maskapai yang dinilai. Catatannya nilainya cukup mencengangkan dimana selama beroperasi maskapai ini belum sekalipun tercatat mengalami kecelakaan. Daftar lengkap maskapai teraman menurut abjad adalah American Airlines, Alaska Airlines, All Nippon Airways, Air New Zealand; Cathay Pacific Airways, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Finnair, Hawaiian Airlines, Japan Airlines, KLM, Lufthansa, Scandinavian Airline System, Singapore Airlines, Swiss, United Airlines, Virgin Atlantic dan Virgin Australia.

Dalam daftar tersebut memang tidak satu pun maskapai asal Indonesia. AirlineRating bahkan memberi penilaian bintang 3 dari total seharusnya 7 bintang untuk maskapai nomor satu negeri ini yaitu Garuda lantaran memiliki catatan kecelakaan di tahun 2007. Bertolak belakang dengan Malaysian Airlines yang diberi bintang 5 padahal dalam tahun 2015 saja maskapai itu mengalami dua kecelakaan fatal yang menewaskan ratusan penumpang.

Dengan adanya penilaian terhadap tempat-tempat tersebut diharapkan traveler akan lebih hati-hati dan lebih bijak dalam menentukan destinasi wisata sekaligus dalam memilih maskapai penerbangan. Dengan begitu mereka bisa mendapatkan kebahagiaan liburan yang diidam-idamkan.

Tags
Kota Teraman Kota Terbebas Polusi Kota Termurah kota terpolusi maskapai teraman
Share