Tahun Baru Kekinian di Malang, ke Tempat Ini Saja!

Momen pergantian tahun adalah perayaan sejuta umat yang penuh dengan suka cita dan kegembiraan. Di setiap belahan bumi ini beda-beda cara merayakan datangnya tahun baru masehi. Yang paling umum adalah pesta kembang api sambil menghitung mundur di detik-detik terakhir. Jika tahun baru nanti kamu libur dan belum tahu mau ke mana, Travelingyuk kali ini menyuguhkan Malang dan sekitarnya sebagai solusi, termasuk juga Kota Wisata Batu.

Kamu bisa memilih tempat-tempat yang menjanjikan keseruan sesuai seleramu. Mau pantai ada, puncak gunung banyak, pesta pora di tengah kota apalagi, bisa-bisa kamu bingung menentukan pilihan jika disodori beberapa tempat berikut ini.

1. Jalan Sukarno Hatta

Jalan Soekarno hatta [image source]
Kawasan Jalan Sukarno Hatta adalah salah satu tempat paling ramai di Malang. Dikenal juga sebagai pusat kuliner dan spot nongkrongnya Arek Ngalam. Kamu yang ingin santai di kafe atau duduk-duduk menyantap jajanan pinggir jalan akan merasakan keseruan tersendiri. Pada saat malam tahun baru, tempat ini juga diserbu banyak orang karena bisanya ada panggung yang menampilkan hiburan. Keramaian massa berpusat di sekitar Taman Krida Budaya. Kamu bisa menikmati kuliner sambil menunggu berlalunya tahun ini.

2. Alun-Alun Malang

Alun-alun malang [image source]
Dari Jalan Soekarno Hatta yang dekat dengan Universitas Brawijaya, Travelingyuk beralih ke Alun-Alun Malang. Tempat ini sudah jadi lokasi andalan perayaan tahun baru dari waktu ke waktu. Areanya luas dengan taman-taman dan fasilitas yang lengkap seperti tempat duduk dan toilet. Di bagian tengahnya ada air mancur dikelilingi olah tribun mini, kamu bisa duduk di sini sambil melihat indahnya langit Malang berwarna-warni karena kembang api.

3. Balai Kota

balai Kota Malang [image source]
Tak jauh dari Alun-Alun Malang ada balai Kota Malang yang nggak kalah ramai. Tepat di depan balai Kota ada taman dengan tugu menjulang tinggi. Lampu dengan berbagai warna juga dipasang agar penampilan kawasan tersebut makin menawan kala pergantian tahun. Untuk menghibur masyarakat maupun wisatawan, hampir setiap tahun ada pertunjukan musik di lokasi tersebut. Bahkan keramaian bisa menjalar sampai taman depan Stasiun Kota Malang yang tenar dengan Pujaseranya itu.

4. Jalan Ijen

Jalan Ijen Malang [image source]
Jalan Ijen dikenal sebagai kawasan elit di Malang, rumah-rumah besar dan legendaris berdiri di pinggir jalan besar yang dua jalurnya dipisahkan oleh taman-taman cantik. Tepat di depan Museum Brawijaya di Jalan Ijen, tersedia bangku-bangku untuk bersantai. Karena pemandangan di sini cukup indah, maka banyak yang datang ke sini untuk menyalakan kembang api dan meniupkan terompet tahun baru.

5. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang [image source]
Pantai ini terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Setiap malam pergantian tahun akan berubah menjadi pusat hiruk pikuk dan pesta meriah dengan musik berdentum keras serta kembang api menyala-nyala. Dibanding pantai lainnya, Balekambang memiliki fasilitas yang lebih lengkap, bahkan ada penginapannya. Tepat pukul 12 malam, kembang api yang lebih keren akan dinyalakan di Pura sehingga para wisatawan bisa melihat dengan jelas keindahannya. Kamu juga harus memperhatikan bahwa jumlah kendaraan yang menuju ke sana akan meningkat dan dipastikan akan macet. Kamu bisa datang lebih awal dan pulang sebelum pagi agar tidak terjebak macetnya.

6. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep [image source]
Ngliyep memiliki acara rutin berupa Labuhan yang biasanya digelar menjelang momen pergantian tahun. Hal itu dimanfaatkan oleh pihak pengelola untuk menarik lebih banyak wisatawan. Rangkaian kegiatannya pun beragam dan tentunya adalah pesta tahun barunya. Meski kamu datang tidak tepat saat pergantian tahu, Pantai Ngliyep akan ramai dengan wisatawan

7. Paralayang Gunung Banyak

paralayang [image source]
Gunung Banyak adalah spot keren untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Saat hari-hari biasa saja, suasana Kota Batu yang nampak dari tempat ini sangat menakjubkan. Apalagi di malam hari dengan gemerlapnya lampu-lampu kota nggak kalah indah dari taburan bintang di langit malam. Begitu malam tahun baru tiba, kamu akan terpesona dengan pertunjukan kembang api dari penjuru kota.

8. Alun-Alun Batu

Alun-alun Batu [image source]
Jika Gunung banyak kejauhan, kenapa tidak melipir ke Alun-Alun Kota Batu saja? Bisa dipastikan jalanan menuju ke taman kota ini akan ramai sekali. Bahkan setelah matahari terbenam, kemacetan bisa saja terjadi. Hal itu menunjukkan bahwa semangat masyarakat untuk melihat pesta kembang api sangat besar. Di sekitar alun-alun ada banyak penjual kuliner. Beberapa di antaranya adalah menu khas yang hanya ada di Batu.

Itulah beberapa spot untuk merayakan tahun baru di Malang dan Sekitarnya. Apakah kamu sudah menentukan tujuan favoritmu? Manakah yang paling menarik untuk kamu datangi?

Tags
Malang Tahun Baru tahun baru 2017 wisata malang
Share