Lima Tempat Suci di Dunia Dengan Bangunan yang Unik, Indonesia Salah Satunya

Seiring berjalannya waktu, ada banyak perubahan yang terjadi di muka bumi. Karena itu tak heran jika ditemukan bangunan-bangunan dengan bentuk yang unik. Meskipun didukung dengan teknologi secanggih saat ini, beberapa tempat memiliki keunikan masing-masing. Seperti empat tempat suci unik di dunia dengan pemandangan yang mengagumkan ini.

1. Wat Rong Khun, Thailand

Wat Rong Khun via shutterstock.com

Tempat suci unik di dunia, salah satunya adalah di Thailand. Wat Rong Khun memiliki tujuan yang sama dengan Wang Saen Suk. Kuil yang berwarna putih dan megah ini merupakan bangunan yang merepresentasikan neraka, namun tak seseram Wang Saen Suk. Kuil yang dibangun pada tahun 1997 ini terbuka untuk siapapun yang ingin datang ke tempat ini. Karena ini tempat ibadah, jangan lupa untuk tetap berpakaian yang sopan saat datang kemari.

2. Kuil Taktsang, Lembah Paro, Bhutan

Kuil Taktsang via shutterstock.com

Paro Taktsang adalah kuil yang dibangun di bibir tebing curam menghadap ke jurang di ketinggian 3.800 meter di atas Lembah Paro, Bhutan. Lokasinya yang terpencil dan terisolasi ini memberikan para traveler ketenangan dan kedamaian. Dikenal pula sebagai Kuil Tiger’s Nest, didaulat sebagai rumah ibadah paling sakral dari para biksu dan umat Buddha di seluruh dunia.

3. Borobudur-Indonesia

Candi Borobudur via shutterstock.com

Tempat suci unik di dunia lainnya adalah Borobudur. Nama candi ini pasti tidak begitu asing di telinga. Destinasi wisata andalan Jawa Tengah dan sekitarnya tersebut juga menjadi salah satu ikon wisata Indonesia sejak dulu. Kompleks candi ini juga ditetapkan sebagai candi terbesar di dunia dan menjadi salah satu situs warisan UNESCO. Uniknya candi ini dibangun dari dua juta blok batu dalam bentuk stupa simetris besar tanpa menggunakan perekat apapun.

4. Masjid Nasir Al-Mulk

Masjid Nasir Al-Mulk via shutterstock.com

Jika dilihat dari bagian luarnya, masjid ini tak semegah Masjid Nabawi. Namun keindahannya dapat ditemukan setelah masuk ke bagian dalam masjid. Masjid yang berada di Distrik Selatan Gowad Araban, Iran, memiliki jendela kaca dengan motif mozaik yang memantulkan spektrum warna saat terkena cahaya matahari. Selain itu ornamen mozaik juga dapat ditemukan pada dinding masjid yang telah berumur 151 tahun tersebut. Pantas saja kalau Masjid Nasir masuk dalam daftar tempat suci unik di dunia.

5. Monastery of the Holy Trinity, Meteora, Yunani

Monastery of the Holy Trinity via shutterstock.com

Buat kamu generasi 90-an, pasti tidak asing dengan dengan Meteora. Nama ini pernah muncul sebagai judul album band rock asal Amerika, Linkin Park. Namun yang dimaksud di sini adalah Monastery of The Holy Trinity, Yunani. Tempat ini merupakan kompleks biara yang terletak di tebing batu dataran delta Meteora. Tebing batu tersebut memiliki ketinggian 400 meter dan biara tersebut telah ada sejak tahun 1467.

Meskipun fungsinya adalah sebagai tempat ibadah yang disakralkan, empat tempat di atas memiliki bentuk yang memukau. Keindahannya memukau takjub bagi orang yang melihatnya. Selain Borobudur, apalagi tempat suci di Indonesia yang memiliki pemandangan memukau?

Tags
Bangunan Suci Indonesia mancanegara Wisata
Share