Tempat Rafting di Jawa Barat yang Menantang, Mau Coba?

Rafting merupakan kegiatan menyusuri aliran sungai dengan berbagai macam peralatan keselamatan. Bisa berupa dayung, perahu karet, life jacket, helm bahkan menggunakan ban dalam mobil. Rafting sendiri terbagi menjadi beberapa kategori seperti Arung Jeram, Body Rafting, River Tubing dan River Boarding. Nah, salah satu lokasi yang bisa coba adalah barat Pulau Jawa. Penasaran di mana saja tempat rafting di Jawa Barat yang siap menantang adrenalin? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Body Rafting Curug Naga Puncak Bogor

Bogor terkenal dengan sebutan sejuta air terjun. Salah satu yang menarik perhatian adalah Curug Naga dengan keunikan yang bisa digunakan sebagai tempat body rafting. Dalam 1 paket yang ditawarkan, kita diwajibkan untuk Jungle Tracking dan Rapeling. Bukan hanya satu, melainkan tiga air terjun sekaligus yaitu Naga, Barong dan Priuk. Panjang tracknya kurang lebih 7 km dengan durasi 2-3 jam.

SIap Melompat... (Dok : Pri)
SIap Melompat (c)Kemana Lagi/Travelingyuk

Berbeda dengan rafting pada umumnya, body rafting Curug Naga tidak sepenuhnya dilakukan di air. Hal ini karena banyak jeram yang berbahaya untuk dilalui. Alternatifnya adalah dengan jungle tracking yaitu menyusuri hutan lalu kembali lagi ke sungai. Maksud istilah tersebut adalah memotong rute demi menghindar dari jeram yang berbahaya.

Ada juga Rappeling Curug yang merupakan kegiatan menuruni air terjun dengan bantuan tali. Menarik bukan? Teman Traveler yang mau coba bisa langsung datang ke Desa Citamiang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Bisa juga memesan jauh hari ke rafting di Jawa Barat satu ini via telepon.

River Tubing Sungai Ciherang Purwakarta

Purwakarta terkenal dengan rock climbing via ferrata Gunung Parang dan Sribaduga. Kini kota ini juga punya wisata minat khusus susur sungai dengan peralatan ban dalam mobil atau river tubing. Kegiatan tersebut dilakukan di Sungai Ciherang Wanayasa Purwakarta. Ada dua paket yang ditawarkan, yaitu Fun Trip dan Long Trip. Keduanya memiliki sensasi yang berbeda.

River Tubing di Purwakarta
River Tubing di Purwakarta (c)Kemana Lagi/Travelingyuk

Paket Long Trip, kita ditantang menyusuri sungai Ciherang dengan jarak 7 km dengan durasi 3-4 jam. Jeram yang ditawarkan tidak terlalu bahaya untuk anak usia 5-10 tahun. Menariknya, paket ini dapat makan sekali. Begitupun dengan dokumentasi, pihak pengelola begitu memanjakan para pengunjung. Tidak perlu repot untuk mengambil gambar, sudah ada crew yang disiapkan pengelola, tinggal ikuti saja instruksi dari instruktur. Kegiatan seru ini dilakukan di Kp. Tanjaknangsi Desa, Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Perlu waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Purwakarta.

Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Kabupaten Pangandaran tidak hanya menarik karena pantainya. Cobalah luangkan waktu untuk mencoba rafting di sini. Mulai dari Green Canyon, Citumang, Santirah, Wonderhill Jojogan, Batu Lumpang, Ciwayang & Goa Lanang. Dari semua tempat, Body Rafting Green Canyon Pangandaran yang paling populer. Musim terbaik untuk menjajal aktivitas menantang ini saat musim kemarau. Ada dua paket yang ditawarkan, Paket Full Body Rafting dan Semi Body Rafting.

Big Team (Dok : Pri)
Team rafting (c)Kemana Lagi/Travelingyuk

Jika mengambil paket full Body Rafting, kita memulainya langsung dari titik start dengan rute kurang lebih 12 km dan berakhir di garis finish Green Canyon. Durasinya bisa memakan waktu 4-5 jam tergantung kekuatan fisik. Sementara paket Semi Body Rafting di Jawa Barat satu ini, memulai langsung di garis finish Green Canyon. Nah, alamatnya di Jl. Raya Cijulang-Green Canyon, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat.

Tips Sebelum Rafting

Sebelum memulai kegiatan memacu adrenalin ini, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Pertama, siapkan fisik dan stamina sebelumnya, karena rafting termasuk kategori wisata minat khusus. Wajib untuk reservasi terlebih dahulu. Bagi yang mempunyai body portektor bisa dibawa untuk memperlengkap peralatan keselamatan.

Dalam 1 trip paling sedikit 5 peserta, semakin banyak, lebih baik. Jika tidak bisa membawa sebanyak 5 peserta, biasanya akan digabungkan dengan rombongan atau grup lain. Kegiatan ini akan seru jika dilakukan saat musim kemarau, karena saat musim hujan debit air akan deras dan sangat berbahaya.

Wisata satu ini cocok untuk Teman Traveler yang suka dengan tantangan dan memacu adrenalin. Pastikan mengikuti arahan dari guidenya, ya. Bagaimana, mau coba tempat rafting di Jawa Barat yang mana nih?

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Pangandaran Purwakarta Travelingyuk
Share