Ini Lho Tempat di Indonesia yang Paling Ramah untuk Pencinta Makanan

Advertisement

Tahukah kamu jika tidak sedikit makanan khas Indonesia itu begitu terkenal di negara lain. Sebut saja nasi goreng, sate, gado-gado dan lain sebagainya. Itu karena negara kita memiliki tanah yang subur dan ditumbuhi berbagai rempah-rempah. Penggunaan bumbu yang banyak membuat cita rasa masakan Indonesia jadi mantap dan lezat. Sebenarnya bukan cuma para bule saja yang doyan makan, kita sebagai orang Indonesia juga memiliki selera yang tinggi soal makanan.  Hampir di setiap kota terdapat kuliner khas yang unik namun menyuguhkan rasa yang mantap. Beberapa bahkan akan sulit kamu dapatkan di tempat lain.

Siapa sih yang suka kulineran, kamu boleh deh bilang nggak punya nafsu makan dan lain sebagainya. Tapi tunggu saat kamu datang ke beberapa tempat berikut ini, dijamin seleramu akan langsung kembali dan naik sampai ke ubun-ubun saking menggodanya. Nama tempat-tempat itu sudah cukup terkenal sebagai destinasi wisata kuliner. Jadi saat mengunjunginya, jangan sampai melewatkan untuk berburu makanan khasnya, biar nggak menyesal. Lalu di mana saja lokasi di Indonesia yang paling ramah untuk lidah para pencinta makanan? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini.

1. Padang

Padang [image source]
Padang [image source]
Padang adalah ibu kota Provinsi Sumatera Barat dan berada di pesisir Sumatera. Soal budaya dan alam, Ranah Minang itu memiliki daya tarik. Namun soal makanan, Padang adalah jagonya. Ada berbagai makanan khas yang bisa kamu pilih di Padang. Bahkan beberapa di antaranya merebak di kota-kota lain berbentuk rumah makan Padang. Kamu bisa menikmati berbagai menu seperti ikan balado, sate Padang dan dendeng balado. Jika di daerah lain saja banyak, maka di Padang sudah seperti surganya. Kamu akan mudah sekali menemukan kuliner yang banyak didominasi oleh rasa pedas tersebut.

2. Medan

Medan [image source]
Medan [image source]
Medan terkenal dengan duriannya, buah rasa surga yang begitu mantap sekali. Olahan durian banyak sekali di Medan, sebut saja pancake durian. Makan tersebut begitu lezat saat mampir di lidah. Bagaimana tidak enak, jika kamu disuguhi daging durian tanpa biji yang dibungkus dengan kulit menyerupai ‘crepes’ itu, pasti kamu akan nagih dan terus ingin melahapnya. Pancake durian bukan satu-satunya yang enak di Medan. Masih ada camilan seperti bika ambon. Biasanya kue tersebut dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Medan. Nah ada juga bolu meranti yang nggak kalah enak dari bika ambon namun tetap memiliki cita rasa yang khas.

3. Bandung

Bandung [image source]
Bandung [image source]
Bandung dikenal juga sebagai kota kuliner, mengingat makanan di Tanah Sunda itu macamnya banyak dan enak-enak. Di samping itu, alamnya yang indah dengan udara sejuk makin membuat Bandung jadi primadona wisata. Nggak heran jika banyak wisatawan dari luar kota seperti Jakarta datang ke Bandung untuk berburu kuliner lezat. Kamu bisa menemukan Bakso Tahu Goreng atau yang lebih dikenal dengan sebutan Batagor di Bandung. Dua makanan itu memang banyak dijual di berbagai tempat. Namun sensasi yang akan kamu rasakan jika makan di kota asalnya tentu akan berbeda. Selain siomay ada juga pisang molen, kue sus, bandrek, bajigur, es goyobod, dan hingga es cendol.

Jika berbicara soal makanan berat, Bandung masih punya andalan. Kamu harus mencoba soto Bandung, mi kocok, lotek, combro dan misro (oncom di jero dan amis di jero), nasi timbel, sayur asem, peuyeum, cireng (aci digoreng), gepuk, colenak (tape bakar saus kelapa dan gula merah), banyak sekali kan? Puas dan kenyang banget deh jika kamu jajan di Bandung.

4. Yogyakarta

Jogja [image source]
Jogja [image source]
Kamu pasti sudah punya banyak rencana jika nanti ke Yogyakarta. Mungkin salah satunya adalah mencoba gudeg. Memang Yogyakarta adalah daerah yang kaya akan banyak hal, terutama yang berkaitan dengan tradisi dan budaya Jawa. Sempatkan juga untuk berburu kuliner di tengah-tengah petualanganmu di Kota Pelajar itu, kamu nggak akan menyesal. Keseruannya tidak kalah dari mengunjungi tempat-tempat eksotis di Jogja seperti Keraton atau Prambanan. Gudeg pantas masuk dalam daftar makanan enak, rasa manis campur gurih akan langsung merebak di lidahmu begitu makanan itu masuk dalam lidahmu. Selain itu ada juga bakmi Jawa, gulai, tongseng, sate, nasi pecel, hingga sate klathak.

5. Jakarta

Jakarta [image source]
Jakarta [image source]
Jakarta adalah ibu kota negara, pusat keramaian ada di sini. Kamu akan menemukan mall-mall besar hingga kafe berderetan dipenuhi pengunjung baik siang maupun malam hari. Jika kamu ingin berburu makanan dari berbagai negara lain Jakarta punya banyak tempatnya. Namun tetap saja, menyantap kuliner khas itu lebih seru dan menyenangkan. Jika di Jogja ada Gudeg, beda lagi dengan Jakarta. Beberapa kuliner terkenal di sana adalah kerak telor, nasi uduk, semor jengkol, hongga ketoprak. Selain itu ada Soto Betawi yang enak sekali dengan kuah santan dan irisan daging sapi, tomat, dan kentang.

Itulah beberapa tempat kulineran yang pas banget buat kamu pencinta makanan, apakah kamu punya tempat favorit tersendiri? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini ya.

 

Advertisement
Tags
Bandung Jakarta Jogja kota kuliner kuliner makan Medan Padang
Share