Inspirasi Tempat Ngabuburit di Surabaya, Pelabuhan Sampai Museum

Sedang mencari tempat cocok untuk ngabuburit di Surabaya? Selain pusat perbelanjaan, Kota Pahlawan juga punya lho sederet tempat wisata Surabaya yang menarik untuk menghabiskan waktu sembari menunggu jam berbuka. Yuk Teman Traveler, simak rekomendasi tempat ngabuburit di Surabaya berikut ini!

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay kerap dipadati pengunjung saat sore (c) Rosita/Travelingyuk

Menikmati sore sembari menunggu waktu berbuka tentu akan lebih asyik jika bisa memandangi panorama lautan, lengkap dengan aktivitas di sekitar pelabuhan. Apalagi jika ada kapal pesiar mewahnya, bakal tambah keren. Nah, sensasi tersebut bisa Teman Traveler rasakan di Surabaya North Quay, tepat di rooftop Terminal Penumpang Gapura Surabaya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak.

Lantaran masuk kawasan pelabuhan, Surabaya North Quay menyuguhkan panorama begitu menawan. Terutama di sore hari. Tentunya cocok untuk ngabuburit sembari menunggu jam buka puasa.

Jalan-jalan di Surabaya North Quay (c) Rosita/Travelingyuk

Surabaya North Quay sendiri terbuka untuk umum. Jam operasionalnya dimulai antara pukul 11.00 hingga 22.00, mulai Selasa sampai Minggu. Jika ingin mengetahui kapan kapal pesiar mewah bersandar di sini, pantau terus akun media sosial resmi mereka.

House of Sampoerna

Bangunan House of Sampoerna tampak depan (c) Rosita/Travelingyuk

Mengunjungi House of Sampoerna jadi pilihan bagus untuk habiskan waktu sembari menunggu jam berbuka. Di sini Teman Traveler bisa melihat perjalanan menarik industri rokok kretek di Indonesia.

Mengusung gaya kolonial Belanda, bangunan megah museum dulunya adalah tempat produksi pertama rokok Sampoerna. Dibeli sang pemilik pada 1932, lokasinya benar-benar strategis. Teman Traveler dijamin takkan kesulitan menemukan House of Sampoerna.

Salah satu sudut House of Sampoerna (c) Rosita/Travelingyuk

Museum unik ini berada di kawasan Kota Lama Surabaya, tepatnya di Jalan Taman Sampoerna no 6, Krembangan Utara. Begitu melangkah masuk, Teman Traveler akan disambut aroma tembakau khas. Tak perlu kaget, lantaran sebagian bangunan museum masih berfungsi sebagai pabrik rokok. Kalian bahkan bisa melihat aktivitas para pekerja dari balik kaca transparan di lantai dua.

Museum 10 November

Radio dengan rekaman pidato asli Bung Tomo (c) Rosita/Travelingyuk

Dibangun pada 1991 dan diresmikan pada 2000, Museum 10 November dibangun untuk mengenang aksi heroik arek-arek Suroboyo pada 10 November 1945. Hingga kini pertempuran melawan serdadu Inggris tersebut dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Museum 10 November berada di pusat kota, tepatnya di kawasan Tugu Pahlawan. Di dalam komplek musim ini, Teman Traveler akan menemukan beragam memorabilia dari pertempuran 10 November. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah radio kuno berisi rekaman asli pidato Bung Tomo saat peristiwa itu terjadi.

Itulah sekilas ulasan mengenai rekomendasi tempat ngabuburit di Surabaya. Puasa bukan halangan untuk menjelajah Kota Pahlawan, Teman Traveler. Jadi, jangan lupa mampir ke tempat-tempat ini jika kalian berencana menyambangi wisata di Surabaya ya.

Tags
kontributor Surabaya Travelingyuk wisata surabaya
Share