10 Tempat Berhantu dan Paling Menyeramkan di Dunia

Walaupun tidak terlalu banyak dibandingkan dengan destinasi wisata seperti pantai, pegunungan atau tempat-tempat bersejarah. Namun wisata misteri atau wismis, juga memiliki sisi menarik dan mengundang banyak minat para pelancong untuk mengunjungi tempat tersebut.

Tentunya, setiap negara di dunia memiliki tempat-tempat menyeramkan dan berhantu yang menurut masyarakat di sekitarnya sering terjadi penampakan. Namun beberapa agensi di dunia justru menjadikan obyek wisata berhantu ini sebagai sarana untuk mendatangkan keuntungan.

Berikut ini adalah beberapa tempat terkenal yang paling berhantu di seluruh dunia.

1. Humberstone dan Lanoria, Chile

Humberstone dan Lanoria adalah 2 tambang yang telah ditinggalkan di daerah Chile setelah pengembangnya mengalami kebangkrutan dan karena beberapa masalah terhadap para pekerjanya. Rumornya, setiap malam, para arwah pekerja yang meninggal ketika bekerja di kedua daerah tersebut berjalan-jalan di sekeliling tempat itu.

Humberstone dan Lanoria, Chile [image source]
Humberstone dan Lanoria, Chile [image source]
Bagi yang ingin mendapatkan foto hantu, maka Humberstone adalah tempat yang tepat karena seringnya penampakan langsung bermunculan. Bahkan, karena terlalu mistisnya tempat ini, penduduk sekitar daerah tersebut pun tidak ingin masuk ke dalam lorong tambang itu.

2. Tower of London, Inggris

Tower of London adalah spot yang tepat bagi para pecinta wisata misteri. Bahkan menurut sejarahnya, Tower of London adalah tempat paling berhantu dan menyeramkan di seluruh Inggris.

Tower of London, Inggris [image source]
Tower of London, Inggris [image source]
Banyak cerita berupa penampakan beberapa orang terkenal yang dulunya hidup di era kerajaan yang meninggal karena dipenggal oleh pemerintah pada zamannya. Dua di antaranya adalah Anne Boleyn dan Catherine Howard, yang dulu merupakan istri dari Raja Henry VIII.

3. Museum Tuol Sleng Genocide, Kamboja

Sebelum menjadi museum, bangunan kuno di Kamboja ini pernah menjadi sebuah sekolah setingkat SMA di Indonesia. Kemudian dialihfungsikan menjadi Security Prison 21 atau penjara pada saat rezim Khmer berkuasa.

Museum Tuol Sleng Genocide, Kamboja [image source]
Museum Tuol Sleng Genocide, Kamboja [image source]
Mulai dialihfungsikan sampai tahun 1975, bangunan tersebut selain berfungsi sebagai tahanan bagi para penjahat atau orang-orang yang melawan pemerintahan Khmer, juga digunakan sebagai tempat untuk menyiksa sampai dengan membunuh para tawanan. Tercatat kurang lebih 17 ribu arwah korban penyiksaan sampai meninggal tersebut terus menghantui tempat itu dan terkadang menampakkan diri kepada para pengunjung museum.

4. Castle of Good Hope, Cape Town, Afrika Utara

Castle of Good di Cape Town, Afrika Utara merupakan bangunan yang didirikan oleh Dutch East India Company yang juga berkuasa di Indonesia di zaman penjajahan. Bangunan yang dibangun di abad ke-16 tersebut berfungsi untuk kepentingan pihak Dutch East India Company.

Castle of Good Hope, Cape Town, Afrika Utara [image source]
Castle of Good Hope, Cape Town, Afrika Utara [image source]
Memang tidak banyak sejarah yang menceritakan kisah awalnya. Namun menurut penuturan penduduk sekitar, di kastil tersebut sering terlihat seorang pria tinggi besar, anjing hitam yang secara tiba-tiba muncul dan akan menerkam siapa saja yang mengunjungi daerah itu, serta teriakan perempuan. Bahkan sampai sekarang ini, teriakan, suara-suara aneh sampai dengan langkah-langkah kaki tanpa ada penampakannya sama sekali, juga sering didengarkan oleh para penjaga kastil pada malam hari.

5. Kastil Edinburgh, Skotlandia

Kastil Edinburgh di Skotlandia merupakan salah satu tempat paling bersejarah, sekaligus destinasi wisata utama para turis ketika berkunjung ke daerah yang juga terkenal dengan “Lessie” tersebut. Menurut pengalaman orang-orang yang pernah mengunjungi kastil tersebut, banyak sekali penampakan dan juga gangguan kecil yang mereka dapatkan.

Kastil Edinburgh, Skotlandia [image source]
Kastil Edinburgh, Skotlandia [image source]
Seperti pakaian yang mereka kenakan ditarik-tarik, perubahan suhu secara tiba-tiba sampai dengan penampakan pemusik tanpa kepala yang muncul dan berjalan-jalan, khususnya di area atas. Saking seremnya, kastil ini sampai dinobatkan sebagai Kastil paling berhantu di Skotlandia.

6. Hutan Aokigahara, Jepang

Hutan yang terletak di bagian bawah dari Gunung Fuji ini memang sangat fenomenal. Bahkan namanya pun terkenal sampai di banyak negara.Tak ayal, di tahun 2016 ini ada sebuah film Hollywood bergenre horor mengambil tema hutan Aokigahara. Hutan Aokigahara adalah tempat yang sering digunakan oleh kebanyakan orang Jepang untuk melakukan bunuh diri. Bahkan menurut kabarnya, lebih dari 100 orang di setiap tahunnya, bunuh diri di tempat tersebut. Tentu saja karena banyaknya orang yang meninggal karena bunuh diri di tempat ini, maka hutan Aokigahara menjadi sangat angker.

Hutan Aokigahara, Jepang [image source]
Hutan Aokigahara, Jepang [image source]
Bagi yang mengunjungi tempat ini untuk mendapatkan sensasi menyeramkan, disarankan untuk benar-benar mengingat jalan yang mereka lalui atau merekam sampai dengan meninggalkan tanda khusus di setiap jalan agar tidak tersesat. Jika tersesat di tempat ini, maka kemungkinan untuk dapat keluar sangat tipis, karena konon para arwah di sana akan membuat orang yang masuk ke daerah itu kebingungan dan lupa jalan pulang sampai dalam waktu yang lama. Hal ini bisa menjadikan pengunjung tersebut frustasi dan memutuskan bunuh diri, atau meninggal karena kehabisan makanan dan minuman.

7. Rumah Sakit Lama Changi, Singapura

Bangunan yang dibangun pada tahun 1935 ini dulunya merupakan salah satu basis militer para tentara di Singapura dan akhirnya berhasil diambil alih oleh Jepang pada masa Perang Dunia II silam. Para Kempeitai atau polisi rahasia Jepang sering menggunakan rumah sakit lama Changi untuk menyiksa para tahanan sampai meninggal.

Rumah Sakit Lama Changi, Singapura [image source]
Rumah Sakit Lama Changi, Singapura [image source]
Setelah Perang Dunia II usai, bangunan tersebut tetap digunakan sebagai rumah sakit hingga tahun 1997 yang kemudian direnovasi dan namanya diubah menjadi rumah sakit Changi General. Baik dari digunakannya kembali menjadi rumah sakit setelah Jepang menyingkir dari Singapura, sampai diubah menjadi Changi General, para pasien sampai para awak medis atau juga pengunjung di rumah sakit tersebut sering dihantui oleh arwah tentara Jepang atau juga para korban penyiksaan. Gangguan tersebut berupa suara-suara aneh samapi dengan teriakan yang mengerikan.

8. St. Augustine Lighthouse, Florida, Amerika Serikat

Didirikan pada tahun 1820-an, menara yang dinamakan St. Augustine Lighthouse di Florida, Amerika Serikat ini termasuk salah satu bangunan bersejarah di Negara Paman Sam. Di balik sisi sejarahnya itu, ternyata menara satu ini juga merupakan salah satu bangunan paling menyeramkan di Amerika Serikat.

St. Augustine Lighthouse, Florida, Amerika Serikat [image source]
St. Augustine Lighthouse, Florida, Amerika Serikat [image source]
Menurut penuturan banyak orang yang pernah mengunjungi menara itu, di waktu-waktu tertentu akan tercium bau rokok yang dulunya hanya dihisap oleh seorang penjaga di tempat tersebut yang kemudian meninggal saat bekerja. Hantu lain yang sering menampakkan diri di menara tersebut adalah 2 arwah dari gadis yang konon meninggal saat pembangunan St. Augustine Lighthouse itu. Ada pula pengakuan dari beberapa orang pengunjung yang tiba-tiba terjatuh saat menaiki tangga karena dia didorong oleh seseorang yang mengenakan pakaian berwarna biru, padahal tidak ada seorang pun di sana.

9. Island of Dolls, Xochimilco, Meksiko

Cerita bermula dari pengakuan seseorang bernama Julian Barrerra yang tinggal di Xochimilco, Meksiko pada tahun 1950-an. Dia merasa dihantui oleh arwah seorang gadis kecil dan memintanya untuk membawa banyak boneka yang kemudian menggantungnya di seluruh pulau. Hal ini berfungsi agar sang arwah dapat tenang dan tidak mengganggu siapapun yang tinggal di tempat tersebut. Sosok yang menghantui Julian itu adalah arwah gadis kecil yang dulunya meninggal karena tenggelam di sebuah kanal yang berada di pulau tersebut. Karena meninggal secara tidak wajar, maka arwahnya terus bergentanyangan di tempat itu.

Island of Dolls, Xochimilco, Meksiko [image source]
Island of Dolls, Xochimilco, Meksiko [image source]
Bahkan, Julian juga pernah bercerita kepada keponakan laki-lakinya bahwa ketika dia meninggal, arwah sang gadis kecil itu ingin agar dia menjadi teman bermainnya di pulau tersebut. Uniknya, pada tahun 2001, Julian hilang dan tubuhnya ditemukan dalam keadaan tak bernyawa tepat di kanal di mana dulunya sang gadis meninggal. Para pengunjung Island of Dolls di Xochimilco tersebut sering merasa bahwa mata dari boneka-boneka yang digantung di dahan pohon sering melirik dan mengawasi setiap gerak-gerik mereka. Tidak hanya itu, sering pula terdengar suara desisan, bisikan samar sampai dengan tertawa anak kecil di tempat tersebut.

10. Bhangarh Fort, Alwar District, Rajasthan

Benteng yang berada di Alwar District, Rajasthan ini selain terkenal sebagai obyek wisata tempo dulu juga karena sisi mistis yang dimilikinya. Konon, pada zaman dahulu ada seorang ahli nujum yang mencoba untuk menggunakan ilmu hitamnya untuk membuat putri yang menempati bangunan tersebut jatuh cinta kepadanya. Sayangnya, sebelum dia melakukan hal tersebut, aksinya itu diketahui dan dia mengutuk benteng Bhangarh dan seluruh penghuninya.

Bhangarh Fort, Alwar District, Rajasthan [image source]
Bhangarh Fort, Alwar District, Rajasthan [image source]
Kabarnya, banyak orang yang mengunjungi tempat tersebut menjadi sangat ketakutan, bahkan ada yang sampai gila karena menjumpai arwah-arwah dari zaman lampau. Saat ini, benteng Bhangarh ditutup ketika matahari terbenam dan para penduduk sekitarnya menyarankan agar para pelancong untuk tidak keluar rumah ketika malam menjelang.

Tentunya tidak hanya di negara-negara di atas saja yang memiliki spot yang dapat digunakan sebagai tempat wisata misteri, karena di Indonesia sendiri juga memiliki banyak tempat menyeramkan dan mampu membangkitkan bulu kuduk, walaupun beberapa di antaranya ternyata hanyalah mitos belaka.

Tags
Afrika Utara Amerika Serikat Chile hutan India Ingrris jepang Kamboja Kastil London Luar negeri Meksiko mistis Museum Rumah Sakit Singapore Skotlandia
Share