Tempat menyelam di Indonesia Ternyata Berkelas Internasional!

Sebagai negara maritim, Indonesia pastinya memiliki perairan yang begitu luas. Begitu juga dengan kepulauan yang tersebar di wilayahnya. Dengan garis pantai sepanjang 99.000 km dengan laut seluas 96.000 km2, tentu saja Indonesia memiliki banyak titik menyelam yang spektakuler. Bahkan CNN Travel menyebutkan bahwa empat dari sepuluh titik selam di Asia terdapat di Indonesia. Yuk kenalan dengan tempat menyelam di Indonesia yang bakal Travelingyuk bahas berikut ini.

1. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Ubur-ubur yang ada di Pulau Kakaban via instagram
Ubur-ubur yang ada di Pulau Kakaban via instagram/@nusantara_story

Ubur-ubur yang tidak menyengat adalah salah satu hewan unik yang dapat ditemukan di perairan Kepulauan Derawan. Terdiri dari 4 pulau, dua di antaranya tak berpenghuni. Hewan unik yang hidup di Danau Kakaban, Pulau Kakaban, ini telah kehilangan sistem pertahanan mereka. Terlalu lama bebas dari predator alami mereka adalah salah satu penyebabnya.

2. Raja Ampat, Papua Barat

Ekosistem bahari di Perairan Raja Ampat via instagram
Ekosistem bahari di Perairan Raja Ampat via instagram/@bennyberry

Raja Ampat adalah destinasi yang memiliki keindahan bahari yang memukau. Pada wilayah yang secara administratif masuk dalam Provinsi Papua Barat ini kamu dapat menemukan 75% spesies karang yang ada di dunia. Totalnya mencapai sekitar 600 jenis terumbu karang, jumlah tersebut adalah 10 kali lipat dari jumlah spesies terumbu karang di Karibia.

3. Pulau Komodo, Nusa Tenggara

Terumbu karang dan beragam populasi ikan di Pulau Komodo via instagram
Terumbu karang dan beragam populasi ikan di Pulau Komodo via instagram/@komodobalitour

Beragam ekosistem bawah laut hidup dan tumbuh di bawah perairan Pulau Komodo. Mulai dari lumba-lumba, pari manta, hingga kuda laut. Kekayaan bawah laut tersebut yang membuat para penyelam sangat bersemangat. Kehancuran terumbu karang di karena pengeboman ikan telah direstorasi oleh bantuan Biorock, teknologi yang dibuat untuk membantu rehabilitasi terumbu karang.

4. Tulamben, Bali

Seorang penyelam di bbangkai kapal USAT Liberty via instagram
Seorang penyelam di bbangkai kapal USAT Liberty via instagram/@lancehames

Tulamben merupakan desa nelayan yang paline populer di Pulau Bali. Di era perang dunia kedua, pesawat perang milik menenggelamkan kapal USAT Liberty di sini. Saat ini, bangkai kapal sepanjang 120 meter tersebut menjadi ekosistem untuk berbagai macam ikan. Saat ini kegiatan memancing di Tulamben benar-benar dilarang. Beberapa resor di sekitarnya juga telah mengambil inisiatif untuk tetap ramah dengan lingkungan.

Rumput tetangga selalu lebih hijau. Namun setelah memahami bagaimana harta karun bahari nusantara, sepertinya yang lain menjadi biasa saja. Kalau kalian ingin menyelam di mana?

Tags
Indonesia Kepulaun Derawan Pulau Komodo raja ampat
Share