11 Tempat Menginap di Sekitar Prawirotaman yang Cantik dan Fotogenic

Ada suatu lokasi di Yogyakarta yang punya deretan tempat menginap keren dan tentunya sangat fotogenic. Namanya Prawirotaman, sudut yang sudah tenar sebagai kawasan turis mancanegara atau singkatnya kampung bule.. Langsung saja, simak daftarnya di bawah ini.

1. Adhistana Hotel

Adhistana [image source]
Ini adalah hotel bergaya Jawa, saat masuk ke dalam terasa seperti rumah sendiri. Semua nampak cantik mulai dari tempat tidur, sofa, hingga perabotan di kamar mandi. Di beberapa kamar bahkan ada dinding dengan motif batik, memberikan kesan elegan yang bikin tenang. Disediakan fasilitas seperti kolam renang dan layanan sarapan setiap pagi, kamu yang lapar bisa datang ke Lawas 613 Café yang menyajikan menu Indonesia dan Barat.

2. Greenhost Boutique Hotel

Greenhost Hotel [image source]
Jika kamu menginap di hotel ini, bisa jalan-jalan dengan mudah karena Prawirotaman hanya berselang 15 menit saja dari Malioboro. Di semua kamarnya terdapat fasilitas AC lengkap dengan TV serta kamar mandi. Yang paling unik adalah banyaknya tanaman gantung dan bunga-bunga di area hotel, benar-benar memberikan kesan hijau yang bikin mata adem.

3. nDalem Gamelan

Ndalem Gamelan [image source]
Dari namanya saja sudah ada Jawa-jawanya, begitu juga konsep dan suasana bangunan, benar-benar ‘Njawani’. Berada di tengah area Benteng Keraton dan 1,2 km dari pusat Kota Yogyakarta. Meski nampak kuno, jangan sepelekan fasilitasnya. Kamu tetap bisa merasakan dinginnya AC bahkan juga layanan pijat. Biar tidak lelah keliling jalan kaki, ada juga persewaan sepeda. Tak jauh dari hotel terdapat kuliner Mie Jawa yang lezat.

4. Sae-sae Hostel

Sae Sae Hostel [image source]
Tidak ada sudut di Sae-Sae Hostel yang nggak terlihat keren, semuanya dihiasi dengan ornamen-ornamen cantik. Di dalam hostel ada dapur bersama serta lounge nyaman. Dari sini, jika kamu ingin mengunjungi Museum Sonobudoyo, cukup menempuh jarak 1,6 km. Ada yang paling menyita perhatian di Sae-sae, yaitu dinding yang ditutup dengan jendela kayu warna-warni ada nuansa unik juga klasik dalam keserasian.

5. Good Karma Hostel

Good Karma [image source]
Para backpacker biasanya memanfaatkan penginapan jenis hostel untuk berhemat. Selain harganya lebih murah, fasilitasnya juga tidak kalah. Ya meskipun harus berbagai ruangan dengan tamu lain. Namun dengan begitu, kamu bisa bercengkerama dan berbagai cerita bukan? Good Karma termasuk hostel yang bagus karena lokasinya ada di pusat kota. Interior bangunannya juga memadukan unsur modern dan tradisional.

6. Villa Pondok Terra

Pondok Terra [image source]
Pondok Terra adalah sebuah villa di tengah kota, namun tetap menawarkan iklim yang nyaman dan adem dengan taman-taman serta kolam renang luas di depan penginapan. Letaknya dekat dengan fasilitas umum seperti restoran hingga supermarket. Ada juga galeri yang menyimpan berbagai karya seni. Kamu bisa memilih villa gold jika datang dengan banyak orang, idealnya sih untuk 3 orang.

7. De Pendopo Homestay

De Pendopo Homestay [image source]
De Pendodo mengusung hunian berkonsep “ a romantic homestay in Jogja”, cocok untuk bulan madu atau sekadar menghabiskan waktu dengan pasangan. Ada empat kamar tidur di lantai satu dengan interior keren . Semuanya dilengkapi dengan kasur standar hotel, kamar mandinya juga mengguyurkan air panas dan dingin. Karena lokasinya masuk di gang sempit, kamu harus pasang mata saat mencarinya ya!

8. Dusun Jogja Village Inn

Dusun Jogja Village Inn [image source]
Dusun Jogja memiliki taman-taman tropis dengan pohon yang rimbun serta teduh, banyak yang bilang jika penginapan ini adalah fasilitas yang ramah lingkungan. Kolam renangnya pun unik, karena ada yang menggunakan air asin. Di sudut lain juga ada spa serta pusat kebugaran. Untuk pasangan yang baru menikah terdapat tawaran Honeymoon retreat. Meski tidak begitu luas, namun tetap memberikan privasi untuk para tamu.

9. Venezia garden Hotel

Venezia Garden Hotel [image source]
Di sekeliling kamar terdapat taman hijau yang sejuk dan begitu masuk ke dalam bangunannya kamu akan berdecak kagum. Meski nampak kecil di luar, tapi bagian dalamnya tergolong mewah dengan tujuh kamar berfasilitas lengkap. Kamu yang datang untuk urusan bisnis namun tidak bisa meninggalkan si kecil bisa mengandalkan penitipan bayi di tempat ini. Selain itu, cocok juga untuk penginapan keluarga karena terdapat kolam anak, kolam renang yang berada di luar ruangan, taman, dan sebagainya

10. Hotel Tulips

Hotel Tulips [image source]
Hotel Tulips memiliki harga yang sebanding dengan fasilitasnya yang wah serta pelayanan ramah. Bangunan hotel menyerupai resort-resort yang dikelilingi oleh taman dan kolam renang. Sangat menjaga ketenangan para tamu, sehingga kenyamanan gampang sekali kamu cari di sini. Di dekat hotel juga terdapat layanan tour serta travel, jadi kamu tidak perlu repot lagi merencanakan perjalanan wisatamu selama di jogja, gunakan saja jasa mereka!

11. Bamboo Bamboo

Bamboo Bamboo [image source]
Di mana-mana ada bambu bila kamu menginap di tempat ini. Lihat saja ke taman, atau bagian dalam kamar. Hal itu diperindah dengan lampu-lampu yang menciptakan pencahayaan hangat. Bamboo Bamboo adalah penginapan berbentuk homestay jadi dapur dan ruang tamu digunakan untuk bersama. Tidak usah takut bosan, karena Keraton Jogja hanya berjarak 5 menit perjalanan dari Bamboo Bamboo.

Itulah beberapa pilihan tempat menginap di Prawirotaman dan sekitarnya. Apakah kamu sudah menentukan pilihan? Atau mungkin punya alternatif lain? Bagikan komentarmu di bawah ini ya!

Tags
hotel Indonesia Jogja prawirotaman
Share