4 Tempat yang Melarang Keberadaan Handphone, Kenapa Ya?

Sudah bukan hal yang asing lagi, apabila saat berlibur mengeluarkan handphone untuk mengabadikan momen. Namun, Teman Traveler tidak bisa melakukan itu setiap saat. Lantaran ada beberapa tempat yang melarang para pengunjung menggunakan handphone.

Semuanya memiliki alasan masing-masing yang tentu membuat kalian menganggukkan kepala setelah mengetahui penyebabnya. Di mana saja ya kira-kira? Simak ulasan berikut, yuk.

Green Bank, Amerika Serikat 

tempat melarang handphone
Green Bank via instagram/drapalee

Tempat pertama yang melarang penggunaan ponsel adalah Green Bank di Amerika Serikat. Berlokasi di Virginia Barat, tempat ini merupakan rumah bagi teleskop radio terbesar yang dikendalikan bumi bernama Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT).

Keberadaan dari GBT inilah yang menjadi penyebab mengapa tidak boleh ada benda bergelombang elektromagnetik di sana, termasuk handphone. Meskipun gelombang elektromagnetik dari telepon genggam sangat kecil, namun itu dapat mengganggu kinerja radio teleskop.

Yala National Park, Srilanka 

tempat melarang handphone
Yala National Park via instagram/yala_national_park_

Penggunaan handphone juga dilarang di Taman Safari terbesar Srilanka yaitu Yala. Ini dilakukan sebagai upaya mencegah binatang-binatang yang ada di taman safari ditabrak oleh kendaraan para pengunjung.

Pihak taman safari mengatakan bahwa macan tutul dan satwa-satwa liar lain dilindas oleh kendaraan pengunjung yang mengebut. Hal itu terjadi setelah mereka diberi tahu melalui telepon genggam tentang lokasi keberadaan hewan penghuni taman safari. Sejak saat itulah, pihak setempat memutus jaringan telekomunikasi di taman safari selama jam sibuk.

Rijksmuseum, Amsterdam

Rijksmuseum via instagram/rijksmuseum

Teman Traveler juga dilarang menggunakan ponsel ketika berada di Rijksmuseum di Amsterdam. Museum ini memberlakukan aturan tersebut agar para pengunjung bisa benar-benar menikmati karya dari para pelukis.

Bahkan, para pengunjung disuruh menggambar apa yang mereka lihat, supaya dapat merasakan sensasi melukis yang sesungguhnya. Jadi, pihak museum berharap agar para pengunjung mendapatkan suatu pengalaman menarik setelah mendatangi kawasan wisata di Belanda ini.

Laut Karibia 

Laut Karibia via instagram/eliteisland

Di perairan Karibia, tepatnya di wilayah Elite Resorts Islands, para wisatawan dilarang menggunakan ponsel. Pengelola menginginkan turis yang datang supaya benar-benar menikmati liburannya, tanpa ada gangguan dari handphone. Jadi, pelancong hanya diperbolehkan menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya yang disertai pemandangan menakjubkan lain di sekitarnya.

Itulah deretan tempat yang melarang penggunaan handphone di wilayahnya. Sebagian besar bertujuan supaya para pengunjung bisa benar-benar berlibur tanpa melihat ponsel sekalipun. Jadi, apakah kalian setuju dengan aturan-aturan tempat wisata di atas?

Tags
Luar negeri tempat melarang handphone Wisata
Share