Rekomendasi Tempat Makan di Solo, Makanan Khasnya Manjakan Lidah

Apa yang Teman Traveler pikirkan saat mendengar Solo? Pasti jawabannya tidak lain adalah gudangnya batik atau budaya Jawa. Tak hanya itu, kota cantik ini juga memiliki daya tarik tersendiri dari kulinernya. Nah, untuk yang baru pertama kali liburan ke sini, jangan lupa untuk mencoba aneka kuliner khas Surakarta. Penasaran di mana saja? Berikut rekomendasi tempat makan di Solo yang dirangkum kontributor Travelingyuk, Rahadian Rudito.

1. Gudeg Ceker

Gudeg Ceker Bu Kasno
Gudeg Ceker Bu Kasno via instagram/@ekanining

Tidak hanya di Jogja, Teman Traveler juga dapat menemukan gudeg di Solo. Bentuknya tak jauh beda, tapi menu gudeg ceker memiliki ciri khas, mulai dari rasa dan juga harga. Nah, salah satu tempat yang paling legendaris adalah Gudeh Ceker Bu Kasno. Menariknya, warung ini buka mulai jam 01.30 sampai 07.00 WIB. Jadi, jika Teman Traveler ini mencoba kuliner malam ini, lebih baik untuk tidur lebih awal dan bisa bangun dini hari. Sementara lokasinya berada di Jl. Mangunsidi.

2. Tengkleng Gapuro Klewer

Tengkleng Gapuro Klewer
Tengkleng Gapuro Klewer via instagram/@solonyaman

Tengkleng menjadi menu yang tak boleh terlewatkan ketika jelajah kuliner Solo. Menu ini berbahan dasar tulang kambing muda yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Nah, salah satu tempat makan di Solo yang terkenal adalah Tengkleng Bu Edi yang terletak di sebelah timur gapura Pasar Klewer. Buka mulai pukul 13.00 WIB dan akan habis dalam beberapa jam kemudian. Penasaran dengan rasanya, pastikan datang di waktu yang tepat jika tak ingin kehabisan.

3. Timlo Sastrohartono

timlo solo sastrohartono
timlo solo sastrohartono via instagram/@nennggsi

Timlo bukanlah nama grup komedian, melainkan sajian istimewa khas Solo. Salah satunya yang terkenal adalah Timlo Solo Satrohartono yang sudah lahir di tahun 1952. Tempat makan ini dapat ditemukan di timur Pasar Gede. Seporsi menu ini berupa makanan sejenis sup daging yang terdiri dari daging ayam, ati ampela, kentang dan telur. Biasanya, masyarakat Solo menjadikan timlo sebagai menu sarapan yang disajikan dengan sepiring nasi dan kerupuk.

4. Susu Segar Shi Jack

Susu Segar Si Jack
Susu Segar Si Jack via instagram/@solo.ngangeni

Minuman yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dicoba. Susu segar berbahan dasar susu sapi murni. Biasanya, menu ini disajikan dengan berbagai macam rasa dan racikan, mulai dari STMJ ( susu telur madu jahe ) hingga Susu sirup. Di warung Susu Segar Si Jack, juga terdapat makanan ringan dan berat, seperti pisang owol, sate keong, sate ampela, gorengan, sego kucing dan mie rebus. Warung ini cukup terkenal karena merupakan wedangan pertama yang menjual susu sapi murni di Solo. Bahan dasarnya, yaitu susu didatangkan langsung dari Boyolali.

5. Sate Lawu

Sate Lawu
Sate Lawu via instagram/@ira_snowglobes

Pernah dengan Sate Lawu? Yap, kuliner ini merupakan menu khas daerah Tawangmangu. Namun, Teman Traveler masih bisa menemukannya di Solo. Salah satu tempat yang menawarkan menu ada di daerah Lerten, Laweyan atau sebelah selatan gardu PLN Surakarta. Keunikan menu ini ada pada penyajiannya yang menggunakan hotplate. Sementara dagingnya menggunakan kambing yang dilumuri bumbu kacang.

Bagaimana, sudah tahu kan tempat makan di Solo dengan menu nendang. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, liburan ke kota cantik satu ini.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo Surakarta
Share