Mampir ke Tempat Makan Bergaya Klasik di Jogja, Berasa Nostalgia!

Selain dijuluki Kota Gudeg, Jogja juga dikenal sebagai kota budaya. Hal tersebut terlihat dari kentalnya suasana Jawa Tengah dalam berbagai hal. Mulai dari oleh-oleh, pakaian, hingga tempat makan sekalipun. Nah, bagi Teman Traveler yang ingin mencari tempat makan bergaya klasik dengan suasana kental yang Jawa banget, bisa berkunjung ke kafe dan restoran di bawah ini. Kulineran pun jadi lebih berkesan. Ini dia daftarnya.

Gadjah Wong

Gadjah Wong
Gadjah Wong via Instagram/plexplorer93

Gadjah Wong Resto merupakan tempat makan premium yang telah berdiri selama belasan tahun lalu. Berlokasi di Jl. Affandi No. 79 D, Condong Catur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, resto ini menyajikan 40 menu dengan harga yang lumayan mahal. Mereka menyediakan hidangan berkelas Indonesia, India, Oriental, dan Eropa khususnya Italia. Tak heran Teman Traveler akan menemukan hidangan seperti nasi kuning, bitterballen, salad, sup, dan lain-lain. Buka setiap hari mulai dari jam 18.0 hingga pukul 22.00, siapkan kocek mulai dari Rp40.000 untuk satu porsinya.

Oemah Djowo

Oemah Djowo
Oemah Djowo via Instagram/oemahdjowo

Tempat makan bergaya klasik di Jogja selanjutnya ada Oemah Djowo Classic Resto yang beralamat di Jl. Lowanu No. 105, Sorosutan, Umbulharjo. Bangunan resto didesain se-Jawa mungkin seperti adanya dua Joglo dengan furnitur klasik. Di ruangan pertama, pengunjung akan menemukan jajaran motor dan mobil antik yang dipajang. Setelah melalui ruangan tersebut, baru Teman Traveler bisa memasuki restoran.

Omah Djowo menyajikan menu tradisional seperti garang asem, pepes, brongkos igo, dan lain-lain. Buka setiap hari mulai jam 10.00 hingga pukul 22.00 malam, harga menu yang ditawarkan mulai dari Rp10.000.

Waroeng Belik

Waroeng Belik
Waroeng Belik via Instagram/waroengbelik

Terletak di Jl. S. Hartono, Gondangan, Tambakan, Ngaglik, Selman, Waroeng Belik menyajikan susasana yang klasik. Mereka menggunakan meja dari bak mandi bekas yang dihiasi dengan lukisan yang menarik kemudian ditutup dengan kaca bening agar permukaannya datar. Waroeng Belik juga menyediakan spot indoor dan outdoor dengan pemandangan hijau. Menu masakan yang disajikan adalah tipe makanan rumahan seperti terong, sayur lodeh, tempe goreng, ikan goreng, dan lain-lain.

Konsepnya tempat makan bergaya klasik di Jogja satu ini membuat pelanggan dari luar kota tertarik untuk selalu mampir. Buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga pukul 22.00 malam, Teman Traveler bisa menyiapkan dana mulai dari Rp15.000.

Pawon Sulung

Pawon Sulung
Pawon Sulung via Instagram/jogjafoodhunter

Pawong Sulung memiliki konsep yang unik jika dibandingkan dengan yang lain. Berlokasi di  Jl. Selokan Mataram No. 8, Caturtunggal, Kecamatan Depok. Selain lawas, tempat makan bergaya klasik ini juga menyediakan spot selfie. Makanan yang disajikan seperti tumis kangkung, wedang jahe, tempo mendoan, dan lain-lain.

Tak hanya menikmati makanan dan berfoto-foto ria, pelanggan juga bisa bermain permainan tradisional yang telah disediakan seperti congklak. Buka setiap hari kecuali Senin mulai jam 11.00 hingga pukul 20.00 malam, Teman Traveler perlu siapkan kocek mulai darI Rp15.000 per porsi.

Kampoeng Mataraman

Kampoeng Mataraman
Kampoeng Mataraman (c) Travelingyuk/Abie

Terakhir, tempat yang tak kalah unik adalah Kampoeng Mataraman. Berlokasi di Jl. Rongroad Selatan No. 93, Glugo, Sewon, Bantul bukan hanya sekedar tempat makan, di sini pengunjung bisa merasakan hidup bak masayarakat Mataram di abad ke-19 mulai dari membajak sawah, memanen, mengolah, ikut dalam proses memasak, hingga menjadi sajian makanan yang bisa disantap. Menu yang disajikan juga sehat karena tidak mengandung MSG. Mengusung konsep prasmanan, pelanggan bisa merogoh kocek mulai dari Rp15.000 per orang.

Beberapa tempat makan bergaya klasik di atas, bisa Teman Traveler kunjungi jika berada di Jogja. Tak hanya makanan, di tempat tersebut juga memiliki unsur seni. Jadi, kapan punya rencana berburu kuliner di sini?

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja tempat makan bergaya klasik di jogja
Share