Jelajah ke Tempat Lahirnya Suku Batak Toba, Belajar Sejarah Sambil Lihat Panorama Indah

Berbicara tentang suku di Indonesia memang tak pernah ada habisnya. Apalagi kalau membahas tentang awal mula kemunculan dari suku-suku tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai tempat kelahiran dari Suku Batak Toba yang tak banyak orang tahu. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Gunung Pusuk Buhit

suku batak toba
Pusuk Buhit (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Salah satu lokasi yang merupakan tempat kelahiran Suku Batak Toba adalah Gunung Pusuk Buhit. Konon katanya, di sekitar bukit yang berada di pinggir Danau Toba ini terdapat beberapa perkampungan yang diciptakan oleh tokoh di legenda. Nama tokohnya adalah Siboru Deak Parejar dan SI Raja Odap-odap.

suku batak toba
Pemandangan dari Pusuk Buhit (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Nah, perkampungan tersebut masih ada sampai saat ini. Yakni
Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Pangururan dan Harian Boho. Apa ada Teman Traveler yang tinggal di daerah tersebut?

Sopo Guru Tatea Bulan

suku batak toba
Bagian depan Sopo Guru Tatea Bulan (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Tempat lain yang berhubungan dengan suku terbesar ketiga di Indonesia ini adalah Sopo Guru Tatea Bulan. Berdiri sekitar tahun 1995 silam, di dalam lokasi ini terdapat sejumlah patung-patung keturunan Siraja Batak dan pengawalnya, serta hewan yang digunakan kendaraan pada masa lampau.

suku batak toba
Beberapa patung yang ada di dalamnya (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Ketika Teman Traveler berkunjung ke sini, dijamin akan mendapatkan banyak ilmu. Ini dikarenakan adanya pemandu yang siap menjelaskan silsilah marga Batak secara rinci. Nah, untuk kalian yang punya marga Batak, bisa berkunjung ke sini guna mengetahui sejarahnya.

Perkampungan Sigulatti

lrm_export_544103836778144_20190921_090424169_08a.jpeg
Perkampungan Sigulatti (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Selanjutnya, ada Perkampungan Sigulatti yang merupakan perkampungan Siraja Batak. Di tempat ini, Teman Traveler akan menemukan banyak hal. Seperti Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba yang berfungsi untuk memberikan info tentang wisata di sekitar Danau Toba. Kemudian, di lokasi tersebut kalian juga bisa melihat pemandangan indah, mulai dari air terjun hingga perbukitan.

lrm_export_545087655659122_20190921_092047988_qnM.jpeg
Pemandangan dari Perkampungan Sigulatti (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Batu Hobon 

lrm_export_871922611864823_20190927_123359068_U8u.jpeg
Batu Hobon (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Tak lengkap rasanya apabila belajar tentang Suku Batak Toba tidak mengunjungi yang namanya Batu Hobon. Memang di lokasi ini hanya terlihat patung Saribu Raja dan sebuah batu berukuran besar. Namun, ada cerita menakjubkan di balik itu semua.

Menurut kepercayaan orang Batak, dulu Saribu Raja menyimpan hartanya yang melimpah di bawah batu besar tersebut. Dari sanalah, banyak orang ingin mendapatkan harta milik Saribu Raja, sehingga rela membuka batu dengan cara apapun. Namun sayangnya, tak ada satu orang pun yang berhasil membuka batu tersebut.

Air Terjun Naisogop

lrm_export_20180114_211630_UyO.jpg
Air Terjun Naisogop (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Tak hanya belajar sejarah, di sekitar tempat-tempat di atas juga ada wisata yang menyejukkan mata. Bernama Air Terjun Naigosop yang berlokasi di Sarimarihit, Kecamatan Sianjur Mula-mula. Berjarak sekitar 15 km dari pusat kota Samosir, air terjun ini bisa menghilangkan kepenatan lantaran panoramanya sangat indah. Untuk masuk ke destinasi ini, Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp10 ribu.

lrm_export_20180113_203555_Wg6.jpg
Jalan menuju Air Terjun Naisogop (c) Elizabeth Situmorang/TravelingYuk

Itulah tempat-tempat yang berhubungan dengan kelahiran Suku Batak Toba. Mulai dari perbukitan sekitar Danau Toba hingga lokasi bersejarah dengan cerita unik di baliknya. Nah, bagi kalian yang sedang berkunjung ke Danau Toba, jangan lupa mampir ke tempat-tempat ini, ya.

Tags
Indonesia kontributor Medan Suku Batak Toba Sumatera Utara Wisata
Share