Tempat-tempat Ikonik di London yang Pernah Muncul di Cover Album Musisi Legendaris

Perjalanan sejarah musik memang menarik untuk dinikmati. Evolusi dan perkembangannya dari tahun ke tahun menjadikan musik memiliki banyak cerita bersejarah. Seperti beberapa lokasi konser yang ikonik di beberapa negara. Sama halnya dengan lokasi konser, beberapa tempat ikonik London muncul sebagai cover album musisi legendaris. Seperti beberapa tempat di poin berikut.

Abbey Road

The Beatles saat menyeberang di Abbey Road via mentalfloss.com

Di seantero Inggris, jalan yang terletak di kawasan Westminster ini cukup tersohor. Jalan ini populer di seluruh dunia setelah The Beatles menjadikan foto mereka di Abbey Road sebagai cover sekaligus judul album mereka pada tahun 1969. Hingga saat ini, Abbey Road masih menjadi tujuan utama turis ketika datang ke London.

Berwick, Soho

Cover album Oasis yang difoto pada Jalan Berwick via timeout.com

Berwick merupakan nama jalan di Kawasan Soho. Lokasi jalannya tidak terlalu lebar, namun daerah ini sangat ikonik di kalangan penggemar musik. Tempat yang dulu terdapat banyak toko yang menjual rilisan fisik dari para musisi ini pernah muncul di cover album Oasis. Tepatnya album kedua berjudul (What’s The Story) Morning Glory yang dirilis pada tahun 1995.

Dalston Lane

Cover album Rudimental yang berjudul Home via musicomh.com

Dalston Lane muncul dalam debut album Home milik grup drum and bass asal Inggris, Rudimental. Dalam cover album tersebut tampak sebuah bangunan yang dipenuhi oleh seni mural. Bukan sekedar mural, karya tersebut dibuat oleh Ray Walker pada tahun 1985 dalam rangka memperingati Hackney Peace Carnival.

Battersea

Pembangkit listrik Battersea dan babi terbang yang membuat album ini ikonik via dailymail.co.uk

Album studio ke 10 dari Pink Floyd yang bertajuk Animals adalah karya yang cukup terkenal. Album ini melejit juga dikarenakan oleh cover album yang cukup unik. Gambar cover album yang terdiri dari pembangkit listrik di Battersea dan balon berbentuk babi ditengahnya. Karya fotografi ini direkam oleh Roger Waters pada tahun 1976.

Heddon Street, Mayfair

Album cover Ziggy Stardust milik David Bowie via 5years.com

Heddon Street adalah tempat di mana cover album Ziggy Stardust milik David Bowie dibuat. Foto cover album ini dibuat oleh David Bowie sendiri bersama dengan fotografer Brian Ward. Saat ini Heddon Street menjadi kawasan di mana banyak ditemukan bar dan kafe.

Inggris memang memiliki budaya dan sejarah yang menarik, begitupun dengan perjalanan musiknya. Bahkan mereka memiliki cara tersendiri untuk melestarikan bangunan bersejarah. Pernah mendengar London Blue Plaques?

Tags
mancanegara tempat cover album ikonik Wisata
Share