Tempat Belanja Paling Lengkap di Bandung

Advertisement

Selain disebut sebagai kota kembang, Bandung juga terkenal sebagai surganya fashion karena memiliki beraneka pusat perbelanjaan. Mulai dari pasar biasa yang menjual barang bekas dan gosir hingga distro, factory outlet dan mall dengan barang bermerek nan mewah. Harganya pun beragam dari yang bersahabat di kantong sampai yang selangit semua bisa kamu temukan di kota ini. Travelingyuk mencoba merangkum beberapa tempat berbelanja sekaligus objek wisata Bandung. Siapa tau bisa jadi referensi jika kamu melancong kesana.

1. Sentra Industri Sepatu Cibaduyut

Cibaduyut [image source]

Kawasan Cibaduyut telah dikenal luas sebagai salah satu produsen sepatu, tas, dan aksesoris lainnya. Yang menjadi favorit adalah produk berbahan kulit. Dibuat secara handmade oleh warga yang tinggal di sekitar pertokoan. Meski tergolong lokal, namun kualitas produk di sini dijamin berkualitas dan mampu bersaing dengan sepatu merek terkenal. Harga yang dibanderol pun sangat terjangkau, sehingga tak heran jika semakin banyak orang berdatangan kemari untuk berbelanja. Bahkan wisatawan dari luar kota turut memasukkan Cibaduyut sebagai salah satu destinasi saat berkunjung ke Bandung.

Salah satu produk sepatu berbahan dasar kulit Nila di kawasan Cibaduyut [image source]

Jika kamu memiliki desain sepatu yang diinginkan, jangan sungkan-sungkan untuk memesan karena para pengrajin di wilayah ini menerima order meski hanya satuan. Proses pengerjaan rata-rata menghabiskan waktu 1 hingga 2 minggu, tergantung seberapa besar kesulitannya. Kawasan Cibaduyut juga semakin tersohor setelah beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo membeli sepatu produksi daerah tersebut.

Banyak yang percaya bahwa produk Cibaduyut akan terus berkembang hingga ke pasar mancanegara. Disarankan datang bukan saat waktu liburan karena biasanya kawasan ini akan disesaki wisatawan yang ingin berbelanja. Harganya pun sedikit berbeda antara saat hari biasa dan ketika hari libur tiba. Well, jangan lupa coba tawar harganya saat berbelanja.

Lokasi : Blok A, Jl. Cibaduyut Raya Blok A No.151, Cibaduyut, Bojongloa Kidul, Kota Bandung,

2. Kawasan Cihampelas

Kawasan Cihampelas yang padat pengunjung [image source]

Bisa dibilang merupakan salah satu kawasan hits di Kota Bandung. Selalu ramai dipadati warga lokal maupun dari luar daerah terutama Jakarta dan sekitarnya. Di sepanjang jalan kawasan Cihampelas, kamu bisa menemukan berbagai toko baju dengan desain unik dan menarik. Kaos-kaos khas Bandung yang tidak kamu temukan di tempat lain, ada di sini. Selain itu, Cihampelas juga terkenal dengan produk celana jeansnya yang murah tapi berkualitas. Beberapa pusat oleh-oleh dan kafe kekinian semakin memanjakan wisatawan yang sedang berkunjung kemari.

Cihampelas Walk [image source]

Jika ada uang lebih sempatkanlah masuk ke dalam Cihampelas Walk atau biasa disebut Ciwalk, salah satu mall tersohor di Bandung yang mengusung konsep outdoor. Di dalamnya terdapat berbagai toko yang menjual produk bermerk dengan harga yang cukup menguras kantong serta resto atau kafe yang sering dijadikan tempat nongkrong anak muda. Menyadari bahwa kawasan ini cukup digandrungi masyarakat, baru-baru ini pemerintah Kota Bandung telah membangun Skywalk Cihampelas agar semakin memanjakan pengunjung.

Lokasi : Jalan Cihampelas, Bandung

 3. Jalan Dago dan Jalan Riau

Blossom Family Outlet, salah satu tempat belanja favorit di kawasan Dago [image source]

Salah satu lokasi favorit anak muda di Bandung. Selain banyak ditemukan tempat nongkrong asik, di sepanjang kawasan Dago atau dikenal juga sebagai Jl. Ir. H. Juanda dan Jalan Riau atau kawasan R.E. Martadinata juga terdapat beraneka distro dan factory outlet. Beberapa produk fashion bermerk seperti Polo, Gucci, Ralph Lauren dan lainnya dijual di sana.

The Secret, factory outlet di Jalan Riau yang menjual aneka fashion bermerk dengan harga murah [image source]

Beberapa FO dan distro tersebut diantaranya adalah The Secret, The Summit, Heritage, Stamp, House of Donatello, Blossom, Victoria, Terminal Tas, For Men dan masih banyak lagi. Harganya tentu lebih murah jika dibandingkan dengan yang ditawarkan di mall terutama saat musim sale datang, pasti akan jauh lebih miring lagi. Jika sudah lelah seharian belanja, jangan lupa mampir ke resto yang berada di sana, hidangannya dijamin lezat.

Lokasi : Jalan Riau Bandung

4. Pasar Induk Gedebage

Deretan toko yang menjual pakaian murah berkualitas di Pasar Gedebage [image source]

Memiliki 2 blok besar yaitu Pasar Cimol Gedebage yang menjual berbagai produk impor bekas seperti jas, vest, jaket, jeans, sneakers, pantofel, hingga boot dengan harga sangat rendah. Kamu bisa saja mendapat barang bekas berkualitas dan tidak cacat, tetapi tentunya butuh ketelitian dalam memilih. Meski sudah ditawari harga murah, jangan lupa untuk tetap menawarnya karena siapa tau kamu akan mendapatkan barang tersebut dengan harga 5 ribu saja.

Salah satu pedagang kaki lima menjajakan sandal di Pasar Induk Gedebage [image source]

Di blok lainnya yaitu Pasar Grosir Gedebage, para pedagang menjual berbagai barang grosir baru. Terdapat beraneka produk fashion seperti kaos, dress, gamis, dan lainnya dengan harga murah. So, jika kamu ingin membeli barang dalam jumlah banyak, kamu bisa langsung menuju ke pasar ini. Atau kalau mau berbelanja baju untuki dijual lagi, disinilah salah satu pilihan tempatnya.

LOkasi : Jalan Pasar Induk, Bandung

6. Kawasan Textile Cigondewah

Toko Kain [image source]

Kawasan penyedia bahan tekstil yang mulai berkembang sejak sekitar tahun 1990an. Di sepanjang jalannya para pengunjung yang datang kemari akan menikmati pemandangan deretan toko tradisional yang menjual berbagai macam kain berkualitas tinggi antara lain Della Textile, Intan, K&K, Mutiara, Mega, Brukat Jaya, hingga Mega Gorden.

Toko Kain [image source]

Setidaknya terdapat sekitar 100 jenis kain yang dijual di sini seperti Sifon, Satin, Brukat, Jersey, Rayon, Maxmara, hingga Songket. Tak hanya di dalam negeri, kawasan ini sudah tersohor hingga ke mancanegara seperti Malaysia dan Jepang. Dengan motto “Jual Kain Murah Tapi Tidak Murahan”, pedagang di sini siap melayani pelanggan dengan sepenuh hati.

Lokasi : Kawasan Tekstil Cigondewah, Jl. Cigondewah Kidul, Cigondewah Rahayu, Bandung Kulon,

7. Pasar Baru Trade Centre, ITC Kebon Kelapa dan Gang Tamim

Pasar Baru [image source]

Ketiga pusat belanja ini masih berada dalam satu area, yaitu di Jalan Moh. Toha. Karena jaraknya berdekatan, pengunjung bisa berkeliling di kawasan ini seharian dan semakin banyak pilihan produk yang dapat dibeli. Pasar Baru bisa dibilang merupakan Mangga Dua versi Bandung karena di sinilah orang-orang membeli barang kemudian menjualnya lagi di tempat lain. Sudah berdiri sejak tahun 1906, pasar ini rupanya juga terkenal hingga mancanegara tidak hanya sebatas dalam negeri saja terbukti banyak wisatawan asing berkunjung kemari.

Pasar Baru [image source]

Di sini pengunjung bisa berbelanja aneka produk fashion maupun bahan tekstil dalam bentuk eceran maupun grosir tentunya dengan harga bersahabat. Lokasi ini pun semakin ramai dikunjungi pembeli terutama setelah berkembang menjadi Pasar Baru Trade Center. Jika kamu penggemar jeans, langsung saja menuju ke Gang Tamim. Karena di sana, kamu bisa mendapatkan jeans berkualitas hanya dengan budget mulai Rp100.000,- saja.

Lokasi : Jalan Otto Iskandar Dinata No. 70, Karanganyar, Andir, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung

8. Sentra Industri Rajutan Binong Jati

Rajutan Binong Jati [image source]

Jika kamu menyukai pakaian rajutan seperti sweater, cardigan, jaket, syal, dan lainnya datanglah ke kawasan Binong Jati. Semua produk dibuat secara handmade oleh masyarakat sekitar. Biasanya orang-orang membeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Tapi tak sedikit pula yang membeli satuan untuk dipakai sendiri.

Rajutan Binong Jati [image source]

Harga barang yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp50.000,- hingga Rp100.000,- tergantung bentuknya. Dalam satu tahun sentra industri ini dapat memproduksi sekitar 900 lusin pakaian dengan perputaran uang sekitar 32 miliar rupiah. Selain dijual secara langsung, produk rajutan disini juga didistribusikan ke pasar di dalam maupun luar Kota Bandung.

Lokasi : l. Binong Jati No.17, Binong, Batununggal, Kota Bandung

Inilah beberapa pusat perbelanjaan hits di Bandung. Kelihatan menarik sekali bukan untuk dikunjungi?

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat Wisata Belanja
Share