7 Tempat Jauh dari Keramaian yang Bisa Dikunjungi di Akhir Tahun

Wah, nggak terasa ya sebentar lagi kita berada di penghujung tahun. Sudah punya rencana apa nih buat liburan akhir tahun? Akhir tahun biasanya hampir semua tempat wisata penuh. Jalanan pun macet. Kalau sudah begini jadi malas untuk keluar rumah. Tapi kalau setiap akhir tahun cuma dihabiskan dengan berdiam diri di rumah, sayang juga. Saatnya untuk melakukan sesuatu yang baru dan berbeda di akhir tahun kali ini.

Ternyata ada banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi di akhir tahun yang jauh dari keramaian. Di tempat-tempat ini kamu bisa menghabiskan akhir tahun barumu dengan cara yang lebih menyenangkan. Dan pastinya bakal bebas stres karena nggak harus berdesak-desakan atau tenggelam dalam kebisingan layaknya penyambutan tahun baru seperti biasa. Berikut lima tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi di akhir tahun yang bisa memberimu pengalaman menyenangkan dan menenangkan.

1. Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi

Dari waktu ke waktu Banyuwangi terus bersolek. Ada banyak destinasi wisata menarik yang menawarkan pemandangan dan pengalaman yang begitu indah. Salah satunya adalah Taman Nasional Alas Purwo. Buat kamu pecinta petualangan, wajib banget mengunjungi kawasan cagar alam yang satu ini. Kita bisa menikmati indah dan teduhnya berbagai pohon yang lebat. Juga ada padang savana serta berbagai pantai berpasir putih yang menawan.

Alus Purwo Banyuwangi [image source]
Alus Purwo Banyuwangi [image source]

Kalau liburan akhir tahunmu cukup panjang, bisa juga meluangkan lebih banyak waktu untuk trekking menyusuri hutannya. Ada juga berbagai gua yang bisa dijelajahi seperti Gua Istana, Gua Putri, dan Gua Macan. Menyusuri gua akan jadi pengalaman yang seru. Oh ya, kamu bisa juga mengunjungi Pantai Trianggulasi untuk melihat penyu. Di pantai ini, ada empat jenis penyu yang bisa ditemukan, antara lain penyu sisik, penyu belimbing, penyu hijau, dan penyu abu-abu.

2. Pantai Lampon, Kebumen

Pantai Lampon [image source]
Pantai Lampon [image source]

Pantai yang satu ini tak begitu luas. Namun, soal pesona dan kecantikannya jangan diragukan lagi. Pantai Lampon, terletak di Kebumen dan terboang masih belum terjamah. Berada di pantai ini, kita akan merasakan ketenangan. Seakan-akan pantai ini merupakan pantai pribadi. Daerah Kebumen mungkin tak sepopuler Semarang. Tapi karena wilayah Kebumen juga didominasi wilayah pegunungan, daratan rendah, dan pantai, maka banyak sekali objek wisata yang bisa ditemukan. Salah satunya adalah Pantai Lampon ini.

3. Masjid Tiban, Malang

Liburan akhir tahun ke masjid? Nggak masalah, kan? Salah satu masjid yang sudah sering dikunjungi wisatawan tak lain adalah Masjid Tiban yang terletak di Turen, Malang. Masjid yang berada di kawasan Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah ini punya desain arsitektur yang begitu menawan. Dalam corak arsitekturnya, kita bisa melihat indahnya perpaduan budaya Timur Tengah, Tiongkok, dan juga gaya modern.

Masjid Tiban Malang [image source]
Masjid Tiban Malang [image source]

Masjid Tiban sering masuk dalam daftar wisata religi. Selain bisa mengagumi keindahan arsitekturnya, melakukan ibadah di masjid ini akan jadi pengalaman yang berkesan. Ada mitos yang menyebutkan kalau masjid ini dibangun dalam waktu satu malam oleh jin. Tapi faktanya masjid ini dibangun oleh para santri di pondok tersebut. Tertarik untuk mengunjunginya untuk liburan akhir tahun mendatang?

4. Kebun Teh Medini, Kendal

Di Kendal, Jawa Tengah ada hamparan kebun teh yang sangat indah. Namanya Kebun Teh Medini. Secara administratif, kebun teh ini terletak di Desa Ngesrepbanglong, Kecamatan Limbangan, Kabupatan Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Berada di sisi utara Gunung Ungaran, kebun teh ini menawarkan kesejukan dan suasana asri bagi para pengunjung.

Kebun teh Medini [image source]
Kebun teh Medini [image source]

Hanya saja memang medan yang harus ditempuh untuk mencapai kebun teh ini cukup berat. Berliku-liku dan terbilang ekstrim. Tapi demi mendapatkan pengalaman liburan akhir tahun yang tak terlupakan, kebun teh wajib masuk dalam daftar destinasi untuk liburan mendatang.

5. Teluk Sepi, Lombok

Menjelajahi Pulau Lombok tak cukup hanya sehari dua hari. Begitu banyak tempat wisata yang bisa dieksplorasi. Tapi pernah dengar nggak dengan Teluk Sepi? Spot wisata yang terletak di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat ini menawarkan suasana yang tenang dan damai. Terletak satu kawasan dengan Teluk Blongas, kita bisa menikmati keindahan pantai dengan air lautnya yang bening.

Teluk Sapi [image source]
Teluk Sapi [image source]

Menyusuri Teluk Sepi, kita bisa melihat gili juga perbukitan di kejauhan. Tanaman bakau yang tumbuh pun menambah pesonanya. Teluk Sepi ini juga merupakan tempat favorit para pemancing. Pemancing bisa menyewa perahu warga lalu pergi ke tengah untuk memancing.

6. Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta

Wisat Alam Angke Kapuk [image source]
Wisat Alam Angke Kapuk [image source]

Ingin kabur sejenak dari kebisingan dan keramaian ibukota di akhir tahun? Saatnya untuk melepas lelah dengan mengunjungi Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Obyek wisata yang satu ini merupakan salah satu konservasi alam yang berekosistem mangrove. Kita bisa mendapatkan udara sejuk sekaligus pemandangan hijau yang sangat memanjakan mata. Mau berpartisipasi menjaga kelestarian alam di sini juga bisa. Kita bisa mengikuti kegiatan penyemaian serta ragam kegiatan konservasi lainnya di Taman Wisata Alam Angke Kapuk.

7. Teras Sawah Tegallalang, Bali

Bali selalu jadi destinasi yang menarik di setiap musim liburan, tak terkecuali untuk liburan akhir tahun. Kebayang betapa ramainya Pulau Bali saat akhir tahun tiba. Tapi kalau masih ingin ke Bali dan menikmati liburan yang tenang, datang saja ke daerah Ubud. Kita bisa menikmati keindahan teras sawah di Desa Tegallalang.

Teras Sawah Tegalallang [image source]
Teras Sawah Tegalallang [image source]

Desa Tegallalang ini juga termasuk salah satu destinasi favorit para fotografer. Banyak fotografer yang berburu foto di desa ini. Pemandangan sawah yang tersusun rapi berbentuk terasering memang sangat elok. Menghabiskan waktu bersantai sambil menikmati hijaunya persawahan akan memberi ketenangan batin.

Jadi, sudah tahu mau liburan ke mana akhir tahun ini? Liburan akhir tahun nggak harus pergi ke tempat mewah atau yang penuh keramaian. Yang penting bisa memberi pengalaman berharga dan tak terlupakan serta memberi semangat baru menyambut tahun yang lebih baik, setuju?

Tags
Bali Jakarta Kebumen Kendal Malang wisata tahun baru
Share