Telunas Resort, Berikan Sensasi Menginap Sambil Belajar Kerajinan Tangan!

Renada Vischa

Renada Vischa

On Akomodasi

Ketika berlibur, akomodasi merupakan bagian penting yang tidak boleh luput dari rencana liburan Teman Traveler, apalagi jika bepergian ke luar pulau. Jika berkunjung ke Riau, maka Teman Traveler akan dihadapkan dengan beragam pilihan akomodasi dengan berbagai fasilitas, salah satunya ada Telunas Resort. Resort ini akan mengajak Teman Traveler untuk menginap sambil belajar hal baru, salah satunya adalah membuat gerabah. Seperti apa keunikan dari resort ini ya?

Menyatu dengan Alam

Suasana dengan pemandangan alam
Suasana dengan pemandangan alam via Instagram/telunas_resorts

Berada di Karimun, Kepulauan Riau, Telunas Resort patut untuk dicoba karena menjadi resort nomor 3 terbaik di Asia. Arsitektur bangunan sendiri tampak tradisional dan dominasi oleh material kayu, selain itu juga jauh dari kesan glamor. Para tamu akan diberikan sensasi menginap dengan suasana pedesaan. Resort ini pun juga menawarkan pemandangan yang menarik yaitu pemandangan pantai yang menawan karena konsepnya yang back to nature dan family friendly. 

Melakukan Ragam Aktivitas

Melakukan ragam aktivitas di Telunas Resort
Melakukan ragam aktivitas di Telunas Resort via Instagram/telunas_resorts

Konsepnya yang back to nature akan membuat Teman Traveler benar-benar menikmati momen di pulau ini, hal itu didukung karena tidak adanya pendingin udara dan fasilitas internet. Nantinya pihak pengelola akan mengajak para tamu untuk melakukan beragam aktivitas sepeerti bermain pingpong di atas pasir, main voli, trekking, membuat kerajinan tangan salah satunya gerabah, dan para tamu juga bisa berinteraksi dengan warga sekitar. Dengan begitu, para tamu akan belajar secara langsung bagaimana gaya hidup masyarakat sekitar yang tampak sederhana.

Membangun Perekonomian Warga

Telunas Resort turut membantu perekonomian warga
Telunas Resort turut membantu perekonomian warga via Instagram/telunas_resorts

Para tamu yang menginap 96 persen berasal dari mancanegara. Tamu yang menginap di sini sangat berperan besar bagi kelangsungan hidup di Kepri. Masyarakat sekitar dididik secara mandiri, begitu halnya dengan karyawan. Karyawan diajari untuk membuat kerajinan dan perabot dari barang-barang bekas. Barang-barang yang dihasilkan di antaranya adalah tutup lampu, meja, kursi, pot, hingga cinderamata dari kayu bekas, ranting pohon yang mengapung di laut, dan lain-lain. Dengan begitu, perabotan tidak harus didatangkan dari Jepara atau Bali karena masyarakat sekitar mampu membuat barang-barang tersebut, begitu juga dengan karyawannya.

Berperan Besar Membangun Pariwisata

Turut membangun pariwisata
Turut membangun pariwisata via Instagram/telunas_resorts

Terletak di dua pulau berbeda namun berhadapan, resort ini saling bersinergi dan dikelola secara profesional agar pulau lain yang ada di Kepri bisa berkembang. Resort ini mampun menyumbang sesbanyak Rp4 Miliar untuk PAD Pariwisata Karimun per tahunnya. Selain itu masyarakat dididik untuk mengelola keuangan. Semenjak adanya pelatihan, tercatat sudah ada 30 orang lebih yang bisa membangun dan memperbaiki rumah mereka sendiri. Selain itu juga ada yang telah membuka tabungan pendidikan. Untuk menginap di Telunas Resort, Teman Traveler harus mengeluarkan biaya mulai dari Rp1,6 juta per malamnya.

Itulah sekian hal menarik dari Telunas Resort yang berada di Kepulauan Riau. Bagaimana, tertarik untuk menginap sambil belajar kebudayaan di Kepri?