Menjelajah Teluk Tamiang, Pesona Alam Kotabaru

Advertisement

Jika Teman Traveler sedang berada di Kalimantan Selatan dan sedang bingung mencari destinasi wisata alam, cobalah berkunjung ke Teluk Tamiang. Kalian akan disuguhkan panorama luar biasa yang dijamin bakal bikin terperangah.

Senja di sekitar teluk (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Lokasinya juga cukup mudah dijangkau. Bisa dengan perjalanan darat dari Kotabaru, salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. Wilayah ini juga memiliki bandara sendiri yang bernama Gusti Sjamsir Alam.

Dari Kotabaru Menuju Tamiang

Bandara Gusti Sjamsir alam (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Perjalanan dari Kotabaru ke Teluk Tamiang bakal memakan waktu sekitar empat jam jika menggunakan mobil. Sepanjang perjalanan Teman Traveler akan dimanjakan pemandangan hutan dan pantai mempesona. Perjalanan yang lumayan panjang bakal terasa singkat.

Jangan kaget jika setelah kira-kira dua jam perjalanan Teman Traveler melalui jalan dengan kondisi buruk. Hal ini akan membuat waktu tempuh sedikit lebih lama. Setelah kira-kira satu jam kondisi jalan akan kembali membaik. Tak lama berselang, kalian akan sampai di Teluk Tamiang.

Hamparan Pasir Putih

Teluk Tamiang Beach (c) Muhammad Sadduddin Tenripada/Travelingyuk

Begitu sampai, Teman Traveler bisa menikmati hamparan luas pasir putih dan bukit savana. Warga sekitar teluk juga ramah dan baik hati. Setelah puas berbincang, kalian bisa menjelajah daerah sekitar untuk mencari spot foto terbaik. Salah satunya adalah barisan bebatuan rapi di sekitar laut.

Bebatuan sekitar laut (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Kawasan ini sangat cocok untuk penggila foto landscape karena panorama matahari terbenamnya juga sangat luar biasa. Sayangnya, ketika saya datang mentari tidak terlihat sepenuhnya karena tertutup awan. Saya harus puas hanya mengabadikan langit dengan sedikit corak jingga.

Savana yang Mengasyikkan

Setelah puas mengambil gambar di sekitar barisan bebatuan, saya bergerak ke savana di sebelah kiri pantai. Tempatnya tidak terlalu jauh kok. Teman Traveler cukup berjalan kaki antara 10 hingga 15 menit dari kawasan pantai berbatu tadi.

Kawasan savana di sini masih sangat asri dan terjaga nuansa alaminya. Buktinya saat saya berkunjung ke sana belum ada jalur khusus pendakian. Demi memenuhi rasa penasaran, saya memutuskan nekat naik. Jalannya lumayan landai dan hanya makan waktu lima menit untuk sampai di puncak.

Dari sini Teman Traveler bisa melihat kawasan perkampungan sekitar. Berfoto juga tak kalah seru, mengingat di sekitar bukit terdapat banyak ilalang yang menambah kesan Instagenic.

Pemandangan Indah di Sekitar Penginapan

Setelah puas mengambil foto, kami lantas kembali ke kaki bukit untuk segera menuju penginapan. Jarak Teluk Tamiang dengan tempat saya bermalam sekitar 3 kilometer, bisa ditempuh dalam 15 menit menggunakan mobil.

Pemandangan di sekitar penginapan saya juga cukup indah. Dari kamar bisa langsung melihat pemandangan kebun karet dan deretan pohon durian. Teman Traveler bisa langsung memesan jika ingin menikmati buah berkulit tajam tersebut.

Itulah sekilas ulasan mengenai indahnya kawasan sekitar Teluk Tamiang di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Bisa jadi alternatif jika Teman Traveler sedang bingung mencari destinasi liburan di akhir pekan. Selamat jalan-jalan.

Advertisement
Tags
kontributor kotabaru Travelingyuk wisata kotabaru
Share