Berkunjung ke Teluk Brumbun, Penangkaran Burung Jalak Bali yang Mulai Langka

Advertisement

Teluk Brumbun yang ada di kawasan Taman Nasional Bali Barat menambah pesona Pulau Dewata. Teman Traveler akan mudah menemukan Burung Jalak Bali berwarna putih, endemik Pulau Bali yang sudah mulai langka. Kesempatan ini tentu tidak bisa Teman Traveler temukan secara sembarangan di tempat lainnya. Penasaran seperti apa pesonanya? Simak uraian berikut ini yuk!

1. Bagian dari Taman Nasional Bali Barat

Teluk Brumbun, Bagian dari Taman Nasional Bali Barat via Instagram/ wijayya_

Merencanakan untuk berwisata ke Bali tetapi bosan dengan pantainya, Teman Traveler bisa berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat. Terdapat sebuah lokasi penangkaran Jalak Bali yang masih sangat alami. Namanya adalah Teluk Brumbun. Ia berupa resor cukup tersembunyi yang tidak jauh dari kantor Balai Taman Nasional Bali Barat.

2. Penangkaran Jalak Bali yang Mulai Langka

Kubah Penangkaran Jalak Bali di Teluk Brumbun via Instagram/ su_baliman

Burung Jalak Bali kerap menjadi hewan buruan karena harganya yang mahal. Di kawasan ini, burung-burung tersebut ditangkarkan. Konservasi Burung Jalak sendiri sudah termasuk dalam daftar merah IUCN. Artinya, terancam punah dan terlarang untuk dijualbelikan. Di sini, Burung Jalak ditangkarkan di dalam sebuah kandang berupa kubah raksasa yang material utama pembuatannya adalah kawat besi.

3. Menikmati Suasana Pantai Ditemani Kicauan Burung Jalak

Menikmati Suasana Pantai Ditemani Kicauan Burung Jalak via Instagram/ dedyistanto1302

Di Teluk Brumbun, selain dapat bertemu dengan hewan langka endemik Pulau Dewata, Teman Traveler juga dapat menikmati keindahan pantai yang masih sangat cantik. Ditemani kicauan dari burung-burung tersebut, duduk di pesisir pantai pasti akan semakin mengesankan.

Burung Jalak Bali yang Langka Bisa Ditemukan di Sini via Instagram/ hendrajugamakanasi_5am_ptgrphy

Selain itu, para pengunjung juga bisa berjalan-jalan mengelilingi savana yang ada di atas bukit karang. Pokoknya berkunjung ke sini akan jadi pengalaman yang berkesan dan sulit dilupakan.

4. Menuju Teluk Brumbun

Jelajah Savana di Dekat Penangkaran Jalak Bali via Instagram/ melali.gen

Untuk sampai ke lokasi dan bertemu si cantik Jalak Bali di Teluk Brumbun, Teman Traveler bisa menggunakan jalur darat atau laut. Hanya memang medan jalur darat yang harus dilalui cenderung masih cukup berat untuk ditempuh. Jika ingin lebih singkat, Teman Traveler bisa menggunakan jalur laut dengan menyebrang dari Dermaga Labuhan Lalang menggunakan kapal milik penduduk. Waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit.

Pantai di Teluk Brumbun via Instagram/ arma137

Burung Jalak Bali yang mulai langka ditemui adalah salah satu daya tarik yang dimiliki Teluk Brumbun di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Selain itu, tentu saja Teman Traveler akan betah berlama-lama menikmati alamnya yang masih sangat cantik dan alami. Jadi kapan berkunjung ke sini? Ajak beberapa teman agar perjalanan lebih menyenangkan ya!

Advertisement
Tags
Indonesia teluk brumbun Wisata wisata bali
Share