Wisata Alam Telogo Sono, Telaga Cantik di Pacitan Kembaran Ranu Kumbolo

Isti

Isti

On Indonesia
Telogo Sono di Pacitan via instagramnanungyogi Telogo Sono di Pacitan via instagramnanungyogi

Pacitan dikenal sebagai Kota 1001 Goa. Namun, keindahan alamnya tidak hanya itu saja. Teman Traveler dapat menemukan deretan pantai eksotis yang memanjakan mata. Tak hanya itu, ada juga wisata alam yang menyerupai keindahan Ranu Kumbolo di jalur pendakian Gunung Semeru. Namanya Telogo Sono. Penasaran seperti apa? Yuk, simak lebih dekat.

Perbukitan yang Mirip Pegunungan di Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolonya Pacitan
Ranu Kumbolonya Pacitan via instagram/@indraiswanto84

Telogo Sono merupakan tempat wisata yang terletak di Dusun Sono, Desa Kalikuning, Kecamatan Tulakan, Pacitan. Sesampai di sini, Teman Traveler bakalan dibuat terkejut dengan pemandangan alam di sekitarnya. Telaga ini dikelilingi perbukitan hijau, mirip dengan pegunungan di sekitar Ranu Kumbolo. Karena keindahan alam tersebut lah banyak orang yang menyebut Telogo Sono dengan Ranu Kumbolonya Pacitan.

Air Bening yang Mitosnya Tak Pernah Habis

Perbukitan di sekitar telaga
Perbukitan di sekitar telaga  via instagram/@iyok13

Perbukitan hijau di sekitar telaga bukan satu-satunya daya tarik dari Telogo Sono. Air telaga yang bening dan bersih juga memanjakan mata. Dari kejauhan air yang menyegarkan ini berwarna biru kehijauan. Konon kabarnya, ada mitos yang mengatakan bahwa air di sini tak pernah mengering. Sekalipun ketika musim kemarau datang. Wah, pastinya tetap menjadi tempat istimewa meski dikunjungi saat musim kemarau ya!

Legenda Terbentuknya Telaga

Keindahan Telaga mirip Ranu Kumbolo
Keindahan Telaga mirip Ranu Kumbolo via instagram/@nanungyogi

Destinasi wisata yang mulai populer ini memiliki legenda yang beredar di masyarakat. Konon, pembuatan telaga ini berada di Dusun Bedog dengan nama Telogo Bedog. Namun, para wali yang berniat membuat telaga, ketahuan Gadis Bedog Supit (gadis yang dihindari para wali karena bisa mengurangi kesaktian) yang waktu itu sedang menyapu. Akhirnya pembuatan telaga di lokasi tersebut pun dibatalkan. Selanjutnya pembuatan telaga dialihkan ke Dusun Sono yang kini dikenal Telogo Sono.

Spot Sempurna untuk Pecinta Fotografi

Legenda Telaga Sono
Legenda Telaga Sono via instagram/@mujionofd

Keindahan alam yang ditawarkan wisata di Pacitan ini tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal. Ternyata, banyak traveler dari luar kota yang datang ke sini. Tidak hanya untuk menghirup udara segar, tapi juga mengabadikan setiap momen cantik di sini. Bagaimana tidak, telaga ini merupakan spot sempurna bagi pecinta fotografi.

Aneka Fasilitas di Telogo Sono

Wisata Cantik di Pacitan
Wisata Cantik di Pacitan via instagram/@warna.photography

Seperti wisata di Pacitan lainnya, Telogo Sono sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Ada lahan parkir, warung makan, gazebo, area kemping, dan juga toilet. Hingga saat ini, tiket masuk Telogo Sono masih digratiskan. Hanya perlu membayar parkir kendaraan saja. Untuk sampai di sini, Teman Traveler tak perlu khawatir. Ada aplikasi Google Map yang siap membantu. Atau juga langsung bertanya kepada warga sekitar.

Bagaimana, makin penasaran dengan wisata alam di Pacitan ini kan? Yuk, segera atur jadwal untuk jelajah Kota 1001 Goa. Tentunya, jangan sampai lewatkan untuk mampir ke Telogo Sono.