Telaga Warna Puncak, Pertunjukan Gradasi Warna Alam

Kawasan Puncak Bogor sudah lama menjadi primadona wisata warga sekitarnya. Terdapat berbagai pilihan tempat wisata istimewa di kota berhawa sejuk tersebut. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah Telaga Warna Puncak, yang konon bisa berubah-ubah warna.

Telaga Warna Puncak termasuk salah satu objek wisata populer di Bogor. Pengunjung biasanya memadati lokasi ini di akhir pekan maupun musim liburan. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai pesona dan keindahannya dari kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Pertunjukan Gradasi Warna Alam

Telaga Warna di Puncak Bogor via Instagram localxplore.id
Telaga Warna di Puncak Bogor via Instagram localxplore.id

Telaga Warna Puncak memiliki pemandangan yang sangat indah karena berada di tengah kawasan Cagar Alam Hutan Gunung Mega Mendung dan Gunung Hambalang. Salah satu keunikan obyek wisata ini adalah warna airnya bisa berubah-ubah. Hal ini disebabkan karena pantulan cahaya matahari yang mengenai pepohonan dan menghasilkan gradasi warna.

Paduan Ketenangan dan Tantangan

Bermain rakit di Telaga Warna via Instagram wandi_ngaprak
Bermain rakit di Telaga Warna via Instagram wandi_ngaprak

Telaga Warna Puncak sangat cocok untuk sobat traveler yang ingin mencari ketenangan dan kesejukan alam. Selain itu pengunjung bisa berfoto bersama di tepi telaga, maupun mengelilingi danau menggunakan perahu atau rakit sambil merasakan dinginnya air.

Di sekeliling telaga terdapat berbagai macam tumbuhan dan binatang dilindungi seperti lutung, kera dan satwa lainnya. Bagi para penyuka tantangan, bisa mencoba berayun di area flying fox.

Mudah Dijangkau

Memberi makan binatang di Telaga Warna Puncak via Instagram opetdiamonds
Memberi makan binatang di Telaga Warna Puncak via Instagram opetdiamonds

Lokasi eksotis ini terletak di Jl Desa Tugu, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Sobat traveler yang membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan aplikasi Maps untuk mendapatkan petunjuk arah. Sementara mereka yang memilih menggunakan kendaraan umum disarankan berangkat dari arah Bogor. Pilih jurusan ke arah Cipanas dan jangan lupa berpesan ke supir untuk turun Telaga Warna.

Pengunjung lokal di Telaga Warna wajib membayar tiket masuk sebesar lima ribu rupiah (weekday) atau 7.500 (weekend). Sementara bagi turis asing, sebesar tiket dibandrol seharga 100 ribu (weekday ) dan150 ribu (weekend). Objek wisata memukau ini buka mulai pukul delapan pagi hingga lima sore.

Fasilitas Pendukung

Telaga Warna Puncak sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang, seperti area parkir, toilet, dan warung. Tersedia pula pondok wisma yang bisa disewa dengan harga 100 ribu per hari. Ingin mengadakan meeting atau acara bertema alam? Ada ruang pertemuan berkapasitas 100 orang dengan tarif sewa 150 ribu per hari.

Jika kurang berkenan dengan wisma di tepian telaga, masih ada banyak alternatif penginapan di sekitar area wisata. Tentunya masing-masing dengan harga bervariatif tergantung fasilitas dan pelayanan yang diberikan.

Bagaimana, tertarik menghabiskan waktu liburan di Telaga Warna Puncak? Kapanpun sobat traveler berencana datang ke panggung gradasi warna alam ini, jangan lupa selalu menjaga kebersihan tempat wisata kalian kunjungi.

Tags
Bogor Wisata
Share