Telaga Sunyi Baturaden, Surga di Purwakerto yang Cocok untuk Lepaskan Penat

Purwokerto merupakan ibukota Banyumas yang terkenal dengan wisata Baturaden. Ada Small World, Pancuran Pitu dan Telu, hingga kebun raya. Nah, salah satu yang tak kalah keren dan menjadi surganya Purwokerto adalah Telaga Sunyi Baturaden. Seunik apa destinasi yang cocok untuk melepaskan penat ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Asal-Usul Nama Telaga Sunyi

Asal nama Telaga
Asal nama Telaga via shutterstock

Nama wisata di Purwokerto ini ternyata memiliki asal usul. Konon, Telaga Sunyi sering dijadikan tempat untuk bertapa atau menyendiri. Tujuannya tidak lain untuk mencari ketenangan batin dan memburu ilmu kanuragan. Dari situlah nama tersebut bergema hingga saat ini. Sesuai dengan namanya, destinasi yang berlokasi sekitar 2,8 Km dari lokasi wisata Baturaden ini memang menawarkan keindahan di kesunyian.

Cocok untuk Teman Traveler yang ingin menghilangkan penat. Apalagi mengingat tiket masuknya yang terjangkau, yaitu Rp13.000/orang. Sementara parkirnya Rp3.000/motor dan Rp5.000/mobil

Mitos Tersembunyi Telaga Sunyi

Mitos Telaga Sunyi
Mitos Telaga Sunyi via shutterstock

Tak hanya legenda namanya, Telaga Sunyi Baturaden yang terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas ini juga memiliki mitos. Konon, jika seseorang berkata kotor akan ada makhluk halus yang mendorong sampai ke dasar sungai. Ada juga mitos yang membuat pasangan akan berpisah setelah cekcok di sini. Terlepas dari mitos tersebut, sebagai wisatawan kita memang harus menjaga sopan santun dan menghindari berkata kasar.

Air Jernih dari Lereng Gunung Slamet

Air dari Lereng Gunung Slamet
Air dari Lereng Gunung Slamet via instagram/@53pri

Telaga Sunyi Baturaden dikelilingi bebatuan di sekitarnya. Ada pula tebing yang di tengahnya mengalir air jernih. Aliran air ini ternyata berasal dari sumber mata air di Gunung Slamet. Di sekitar telaga, terdapat pepohonan hijau yang terdiri dari pohon damar dan pinus. Sementara air di dalam kolamnya bening dan menyegarkan. Teman Traveler pun dapat melihat dasarnya, saking jernihnya.

Bisa Snorkeling Seru di Kolamnya

Bisa Snorkeling Seru
Bisa Snorkeling Seru via instagram/@netaserian

Telaga berwarna biru tosca ini memiliki kedalaman hingga 3 meter. Tempat ini biasa dijadikan tempat untuk berenang juga snorkeling hingga ke dasar. Sementara pemandangan di dasarnya juga tak kalah menawan. Pun demikian, Teman Traveler sebaiknya untuk tidak berenang ketika cuaca sedang tak mendukung. Apalagi ketika musim hujan datang. Bahkan hal tersebut sudah menjadi peraturan dari tempat wisata ini.

Tak perlu khawatir soal fasilitas. Di sini terdapat tempat istirahat, mushola, toilet, bahkan ruang untuk ganti yang memadai. Masih bingung kapan berangkat liburan ke Purwokerto? Yuk, segera agendakan dan jangan lupa masukkan Telaga Sunyi Baturaden dalam daftar tujuanmu ya! Selamat berlibur.

Tags
Banyumas Indonesia Jawa Tengah Purwokerto wisata banyumas Wisata Purwokerto
Share