Inikah Kembaran Ranu Kumbolo di Jawa Tengah?

Advertisement

Siapa sih yang tidak tahu Ranu Kumbolo, telaga cantik di rute pendakian Gunung Semeru dan menjadi tempat kamping yang jamak disinggahi para pendaki. Nyatanya danau dengan keindahan serupa juga ada di Jawa Tengah, tepatnya di kabupaten Batang. Telaga tersebut dikenal warga dengan nama Telaga Sidringo. Intip yuk keindahan telaga ini.

Telaga Sidringo, begitulah warga menyebut kawasan telaga di desa Mojotengah, kecamatan Reban. Secara geografis telaga ini terletak di perbatasan antara kabupaten Banjarnegara dan Batang. Namun secara administratif wilayahnya masih masuk di dalam Kota Alas Roban, julukan bagi kabupaten Batang.

Telaga Sidringo [image source]
Telaga ini memang belum dibuka untuk kepentingan wisata. Hanya para petualang saja yang sesekali datang untuk kamping di sana. Padahal melihat panorama alam yang disuguhkan di sana, tempat ini memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi area outbond atau wisata alam lainnya. Kawasan perbukitan yang mengelilingi Telaga Sidringo ini juga strategis untuk dibuatkan menara pandang.

Telaga Sidringo [image source]
Meski lokasinya berada di desa Mojotengah,namun rute terdekat untuk sampai di lokasi adalah dengan melewati desa Wono Priyo. Dari sana kendaraan bisa dibawa hingga di pinggir telaga dengan catatan kamu menggunakan motor yang handal bukan matic. Umumnya traveler muda yang suka dengan petualangan akan datang ke lokasi pada sore atau malam hari untuk kamping.

Telaga Sidringo [image source]
Kebetulan jika cuaca cerah kamping di telaga ini akan sangat menyenangkan. Kamu akan disuguhi oleh langit penuh taburan bintang. Jangan lupa membawa kamera yang bagus untuk mengabadikan keindahan milkyway yang ada di hadapanmu. Kejutan tidak berhenti sampai di situ. Cobalah untuk bangun sebelum matahari terbit karena akan ada pemandangan indah yang sayang banget jika terlewatkan.

Telaga Sidringo [image source]
Sunrise di telaga ini sangat indah. Matahari akan terbit tepat di sela-sela perbukitan dan perlahan akan menyinari air di telaga serta lingkungan sekitarnya. Menurut cerita traveler yang sudah pernah kemping dan melihat sunrise dari Telaga Sidringo, pemandangan dari telaga ini sangat mirip dengan Ranu Kumbolo.

Selain menikmati keindahan alam yang ada di sini, banyak aktivitas selain kamping yang bisa dilakukan. Bagi yang suka memancing, bawalah perlengkapannya. Telaga yang menjadi ikon wisata Jawa Tengah ini cukup memiliki banyak ikan. Lumayan kan bisa bakar ikan di malam hari.

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan adalah bermain air meski tidak disarankan untuk berenang. Terakhir, kamu juga bisa berburu foto sampai puas. Banyak sudut pandang foto cantik yang menunggu untuk kamu abadikan.

Sedikit foto-foto traveler di atas mungkin akan memberimu gambaran seberapa mirip antara Telaga Sidringo dengan Ranu Kumbolo. Kalau belum puas kamu bisa membuktikannya sendiri dengan datang langsung ke lokasi. Sedikit saran dari para traveler yang sudah pernah ke sana, sebaiknya sebelum kamping kamu izin dulu dengan kepala desa setempat untuk memberitahu aktivitas serta menjaga keselamatanmu.

Nama Tempat : Telaga Dringo

Lokasi : Jl. Pekasiran, Pekasiran, Batur, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Advertisement
Tags
explore jawa tengah Jawa Tengah Kabupaten Batang Ranu Kumbolo Telaga Sidringo Wonderful Indonesia
Share