Tekodeko Koffiehuis di Kota Lama Semarang, Homey Banget!

Semarang memang tidak pernah membosankan untuk dikunjungi, khususnya kawasan Kota Lama. Kawasan favorit wisatawan ini punya satu kedai kopi dengan konsep menarik. Mengusung nama Tekodeko Koffiehuis, suasana yang ditawarkan homey banget. Yuk, intip eksterior dan interior unik di kafe Semarang satu ini!

Bernuansa Klasik

Tekodeko Koffiehuis (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tekodeko Koffiehuis berada di Jalan Letjen Suprapto no. 44. Kedai kopi ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 22.00. Khusus hari Jumat hingga Minggu, mereka beroperasi sampai pukul 23.00.

Lokasinya tepat di depan Polsek Semarang Utara, dekat dengan Gereja Blenduk. Teman Traveler takkan kesulitan menemukan kafe unik ini. Apalagi bangunannya lumayan mencolok.

Mengusung nuansa klasik (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Seperti bangunan lain di kawasan Kota Lama, Tekodeko Koffiehuis memancarkan kesan klasik yang sangat kuat. Dulunya bangunan kedai ini merupakan milik bangsawan dan didirikan sekitar tahun 1880-an. Seiring berjalannya waktu, gedungnya sempat beralih fungsi menjadi hotel, pabrik kusen, sebelum kini menjadi salah satu kedai kopi favorit di Semarang.

Homey Banget

Suasana di dalam kedai (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tekodeko Koffiehuis memiliki dua lantai yang setiap sudutnya didesain dengan sangat menarik. Interiornya memang sengaja dibuat sangat homey hingga terasa nyaman dikunjungi. Begitu masuk sini, saya merasa seperti masuk ke rumah biasa dengan deretan kursi dan meja sederhana.

Suasana yang homey (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Dinding kedai kopi ini dihias dengan pajangan lukisan bernuansa Semarang tempo dulu. Saya sendiri memilih duduk di lantai dua, yang menurut saya nuansa klasiknya lebih terasa. Mulai dari pintu, kursi, meja, dinding, hingga lantainya nampak sangat antik. Ruangannya didominasi warna hijau dan coklat. Di sini juga ada balkon dengan kursi rotan dan tanaman gantung yang menambah kesan asri. 

Punya Outdoor Area

Area outdoor (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Begitu naik lantai dua, di sebelah kanan akan nampak area outdoor. Dengan meja kursi klasik dan lampu-lampu antik, suasana malam di kedai ini sepertinya cukup menarik. Sangat cocok untuk Teman Traveler yang ingin berkunjung ramai-ramai bersama teman atau keluarga. 

Kopi Enak

Caramel Latte Frappe (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tekodeko Koffiehuis menyajikan aneka jenis seduhan kopi. Mulai dari yang disajikan panas hingga dingin. Oh ya, kedai ini juga terkenal dengan menu akulturasi, racikan kopi yang terinspirasi dari keberagaman warga Semarang. Ada Kopi Gendhis, Kopi Arab, Kopi Kota Lama, Kopi Londo, dan Kopi Cheng Li. Unik-unik ya namanya!

Saya sendiri memesan Caramel Latte Frappe, kopi yang disajikan dingin karena cuaca Semarang kala itu sangat panas. Meskipun cuma latte, rasa kopinya masih sangat kuat lho Teman Traveler. Segelas latte frappe ini dibanderol seharga Rp32.000.

Spot Foto Menarik

Mural jadi spot foto menarik (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Berada di kawasan Kota Lama, kedai kopi ini menjadi cukup ramai dikunjungi setiap harinya. Selain kopinya enak, tempatnya juga nyaman dan cukup Instagramable. Biasanya ada banyak pengunjung yang ingin sekalian hunting foto di sini. 

Harus diakui dekorasi kafe ini memang menarik. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah mural dengan pajangan sepeda jaman dahulu. Lihat saja fotonya, antik ya Teman Traveler! 

Interiornya klasik (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Tak sedikit muda-mudi yang datang dengan pakaian bertema klasik dan berpose di sudut-sudut kafe. Tujuannya tentu agar mendapat foto dengan kesan vintage kuat. Kebetulan saya datang sedikit pagi, jadi area dalam kafe tidak terlalu ramai. Saya pun makin leluasa mengambil foto. Interior klasik di sini memang sangat sayang bila tak diabadikan lewat lensa kamera. 

Bagaimana Teman Traveler, tertarik singgah di Tekodeko Koffiehuis? Silahkan berkunjung dan cicipi kopi enak dengan suasana klasik. Dijamin takkan menyesal. 

Tags
kontributor kuliner Semarang semarang Tekodeko Koffiehuis Travelingyuk
Share