Jangan pakai Teko di Hotel untuk Minum Kopi, Ini Alasannya

Menikmati pagi hari dengan secangkir kopi sambil santai adalah kegiatan yang akan menyempurnakan liburanmu. Hal yang jarang bisa dilakukan di hari biasa. Jangankan ngopi, bahkan sarapan pun seringnya tak sempat. Saat traveling, jadi punya kesempatan bangun yang tak harus buru-buru mandi. Menggeliat sambil menikmati pemandangan yang indah dari tempat tidur seperti di Vila-vila Bali juga bisa tenang dan rileks.

Tak jarang hotel menyediakan fasilitas berupa teko untuk memasak air panas. Disediakan juga teh dan kopi yang bisa kamu seduh sendiri. Nyaman, bukan? Tak perlu menelpon room service dan menunggu, kamu bisa langsung membuat minuman favorit sesuai dengan seleramu sendiri. Namun, kamu sebaiknya berpikir berkali-kali sebelum melakukan hal ini. Kenapa, sih?

Coffee di hotel
Coffee di hotel [image source]
Dilansir dari www.huffingtonpost.co.uk, ditemukan bahwa teko yang disediakan di kamar-kamar tempat menginap seringnya digunakan untuk hal yang tak masuk akal, bahkan tidak pernah terbayangkan olehmu sebelumnya. Ternyata banyak turis yang malah menggunakan fasilitas ini untuk mencuci pakaian dalamnya. Wah, baru tahu, kan?

Jemur pakaian dalam
Jemur pakaian dalam [image source]
Para wisatawan yang menggunakan trik ini untuk mencuci celana dalam dan underwear lainnya dengan anggapan bahwa air mendidih bisa mematikan semua kuman. Pada kenyataannya tidak begitu. Dr Heather Hendrickson, seorang dosen senior di Molecular Biosciences di Massey University di Aukland menjelaskan bahwa sementara air mendidih membunuh kebanyakan kuman, tapi tidak semua mikroorganisme. Ini karena beberapa bakteri membentuk spora, seperti clostidium botulinum, yang tahan terhadap panas di bawah 120 derajat celsius.

Lalu apa yang akan terjadi pada turis yang meminum air dari teko bekas mencuci pakaian dalam tersebut? Dr. Heather juga menyatakan, “Ini tidak menyebabkan penyakit jika dikonsumsi, namun kehadiran mereka di lingkungan tertentu dapat mendorong mereka untuk menghasilkan racun yang bisa mematikan.” Namun  tetap saja, membilas pakaian dalam dengan air mendidih langsung di tekonya adalah perbuatan yang sangat jorok. 

Teko di kamar hotel
Teko di kamar hotel [image source]
Ada banyak cara agar tidak kehabisan pakain dalam. Salah satunya adalah dengan mencucinya. Kamu bisa menjemurnya di dalam kamar hotel  atau villa dengan halaman. Cara lainnya adalah dengan membawa celana dalam sekali pakai. Ini sangat praktis karena kamu bahkan tak perlu mencucinya dan bisa langsung membuangnya. Jadi, pikir-pikir lagi sebelum menggunakan teko di hotel, ya.

Tags
Indonesia info terbaru jangan gunakan teko hotel
Share