Teh Talua, Ampuh Pulihkan Stamina usai Berwisata

Jika Teman Traveler liburan ke Sumatra Barat, kemungkinan besar kalian bakal mendengar soal Teh Talua. Sajian ini memang cukup terkenal di Tanah Minang. Kandungan di dalamnya dipercaya punya khasiat menambah stamina dan membuat badan menjadi bugar.

Minuman tradisional ini bakal sangat cocok untuk Teman Traveler yang mulai kelelahan usai menjelajah wisata sekitar Sumbar. Penasaran? Yuk, simak ulasan saya selengkapnya.

Diminati Pria dan Wanita

img_20190904_181518_2bs.jpg
Teh Talua (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Penggemar Teh Talua didominasi kaun pria, namun tak sedikit juga wanita yang menyukai minuman lokal ini. Bagi Teman Traveler yang tengah letih akibat aktivitas harian, bisa coba sajian ini untuk memulihkan tenaga.

Teh ini terbuat dari campuran teh, gula, telur ayam kampung, dan sedikit perasan jeruk nipis. Buat yang tidak suka amis, jangan khawatir. Rasa telurnya tidak begitu kentara begitu sudah diseduh dengan air panas.

Warnanya Unik

img_20190904_185239_fci.jpg
Teh ini punya warna unik via Instagram.com/nanda_dian_agus_putra

Satu lagi yang unik dari minuman selain cita rasanya adalah tampilannya. Begitu disajikan dalam gelas, bakal tercipta beberapa gradasi warna yang menarik. Padahal bahan yang digunakan tidak aneh-aneh lho. Hal ini bisa terjadi berkat cara pembuatan teh yang cukup unik.

Cara Pembuatan yang Khas

img_20190904_181605_9Si.jpg
Teh siap disajikan (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Proses pembuatan teh ini sebenarnya cukup sederhana. Pertama-tama, pisahkan kuning dan putih telur. Berikutnya, kocok kuning telur hingga berbusa, biasanya menggunakan alat khusus dari bambu berbentuk mirip sapu lidi mini.

Begitu telur berbusa, waktunya teh dimasukkan. Biasanya teh yang digunakan adalah teh bubuk dengan seduhan air mendidih. Hal ini membuat cairannya jadi berwarna kehitaman. Terakhir, tambahkan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

Juara Pesona Indonesia 2017

img_20190904_181546_ihe.jpg
Pernah jadi minuman terpopuler (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Rata-rata masyarakat Minangkabau menyukai minuman ini. Pada 2017, sajian tradisional unik ini bahkan sempat mendapat gelar juara tiga kategori ‘Minuman Tradisional Terpopuler’ di ajang Anugerah Pesona Indonesia.

58842641_405410343634013_5075085136486199159_n_Zib.jpg
Khas ala Tugu Gempa Padang (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Nah, jika Teman Traveler sedang berada di Padang, ada beberapa tempat yang bisa kalian sambangi untuk mencicipi teh ini. Salah satu yang paling terkenal dan legendaris adalah Kedai Mak Etek di Jalan Tanah Sirah, Kecamatan Lubug Begalung. Kedai yang kerap jadi buruan wisatawan ini sanggup menghabiskan lebih dari 500 butir telur per hari. Seporsi teh biasanya dibanderol seharga Rp10.000.

Itulah sekilas ulasan soal Teh Talua, minuman khas Sumatra Barat yang wajib kamu coba. Tak hanya nikmat, ampuh pula untuk pulihkan stamina. Tertarik mencicipnya?

Tags
Indonesia kontributor kuliner Sumatra Barat Travelingyuk wisata sumatra barat
Share