4 Teh Klasik Jawa Timur dengan Cita Rasa Tak Terlupakan

Jawa Timur memiliki potensi pariwisata yang cukup besar, baik itu dari sisi wisata maupun kuliner lokal. Wisatawan tidak hanya menjelajah destinasi wisata yang menarik, namun juga mencicipi berbagai makanan dan minuman khas daerah yang dikunjungi, mencicipi teh salah satunya. Teman Traveler yang akan bepergian ke pulau Jawa bagian timur tak ada salahnya mencicipi teh klasik Jawa Timur berikut ini.

Teh Naga

teh klasik jawa timur
Teh Naga via instagram/teh_nagamalang

Teh ikonik ini sudah menjadi favorit bagi orang Malang sejak puluhan tahun yang lalu. Hal yang cukup khas dari teh naga ketika diseduh adalah aroma harum vanila yang sangat manis dan menyegarkan. Di Malang sendiri, hampir semua warung terutama yang memiliki usia cukup tua menggunakan teh naga di warung mereka. 

Pada masa lalu, teh naga mudah dikenali karena dibungkus menggunakan kertas dan memiliki bentuk balok dengan gambar berwarna kuning, serta terdapat gambar naga. Seiring perkembangan zaman, teh naga ada juga yang dikemas dalam bentuk plastik. Perusahaan teh keluarga ini juga menyediakan kemasan teh celup untuk mempermudah menyeduh.

Teh Rolas

Teh Klasik Jawa Timur
Teh Rolas via instagram/officialrolas

Perkebunan Teh PTPN XII Jawa Timur memiliki merek teh sendiri yang bernama Rolas. Jenis teh yang paling diburu wisatawan tentunya teh hitam premium langsung dari pabriknya. Teh hitam kulitas premium ini harganya memang lebih mahal daripada teh celup vanila atau teh celup jasmine yang juga diproduksi oleh PTPN XII. Teh Rolas sendiri banyak diseduh di cafe-cafe kekinian Malang.

Java Jasmine Tea

Java Jasmine Tea via instagram/nanasbali

Teh yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini dibuat dari daun teh hijau dan bunga melati sehingga memiliki wangi yang sangat harum dan menggugah selera. Untuk rasa yang pas, Teman Traveler harus menyeduh teh ini dengan suhu air sekitar 70-80 derajat Celcius.

Teh Villa

Teh Villa via instagram/tehvillaindonesia

Produk teh hitam lokal dari Surabaya dengan kulitas premium ini memiliki aroma khas vanila yang semerbak. Dikenal mulai tahun 1981 oleh masyarakat Surabaya, teh ini memiliki cita rasa yang kuat melekat. Perusahaan teh villa adalah perpanjangan bisnis keluarga yang terletak di daerah Rungkut Industri, Surabaya

Teh Villa tersedia dalam tiga kemasan, yaitu kemasan tradisional berbentuk kotak dengan bungkus kertas, kemudian teh celup, teh bungkus plastik, serta teh hitam premium dengan kualitas ekspor. 

Bisa dibilang Teman Traveler belum merasakan pesona Jatim sesungguhnya kalau belum menikmati teh klasik Jawa Timur. Teman Traveler suka teh klasik Jawa Timur yang mana?

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Indonesia teh jawa timur Tradisi Minum Teh di Indonesia
Share