Tas Mendong, Kerajinan Bali yang Lagi Hits di Kalangan Selebgram

Tas mendong alias tas rumput belakangan jadi salah satu kerajinan khas Bali yang tengah hits. Hal ini tak lain berkat pengaruh sejumlah influencer maupun travel vlogger, yang kerap nampak menenteng tas tradisional ini dalam beberapa pose mereka di media sosial.

Lantas apa yang membuat tas mendong istimewa dan di mana tempat terbaik untuk mendapatkannya? Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkap berikut ini Teman Traveler.

Asesoris Hits

img_3770_KyE.jpg
Beragam bentuk tas etnik di Pasar Seni Kuta (c) Rosita/Travelingyuk

Tas mendong belakangan tengah jadi asesoris paling diburu wisatawan, terutama mereka yang hobi mengumpulkan benda-benda bernuansa etnik. Selain kelihatan cantik, tas ini juga praktis dibawa ke mana-mana dan bisa memuat cukup banyak barang.

Tak heran jika kini banyak toko online berlomba-lomba menawarkan tas mendong di dunia maya. Namun demikian, tentu beda rasanya jika Teman Traveler membeli langsung saat sedang liburan di Bali. Ditambah lagi bentuk yang tersedia beragam, tak sekedar bulat saja. Kalian dijamin bakal bingung memilih deh.

Berbahan Dasar Rumput

img_39498_TW7.jpg
Tersedia dalam beragam bentuk (c) Rosita/Travelingyuk

Sebagian Teman Traveler mungkin masih asing dengan nama mendong. Well, kata tersebut bukan sebutan untuk model tas, melainkan tumbuhan sejenis rumput-rumputan. Biasanya ditemukan di rawa-rawa atau tanah berlumpur yang mengandung banyak air. Tak hanya tas, mendong juga kerap digunakan sebagai bahan dasar aneka kerajinan lain seperti tikat, dompet, serta keranjang.

Tas berbahan mendong merupakan hasil kreasi tangan-tangan terampil para perajin Bali. Sebelum mulai dianyam, mendong terlebih dahulu dijemur sampai kering. Begitu dibentuk sesuai keinginan, biasanya ditambahkan beberapa asesoris. Salah satu yang paling digemari adalah pom-pom warna-warni.

Selain mendong, Teman Traveler juga bisa menemukan banyak tas tradisional berbahan rotan dan eceng gondok di sejumlah pasar tradisional Bali. Hmm, jadi semakin bingung memilih ya.

Surganya Tas Mendong

img_20190323120003_aGM.jpg
Beragam tas etnik di Pasar Seni Ubud (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler akan dengan mudah menemukan tempat-tempat yang menjual tas etnik ini di Bali. Pertama-tama, kalian bisa mampir ke pusat oleh-oleh. Jika sedang berada di dekat kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, cobalah mampir ke toko Khrisna di Jalan Raya Tuban.

img_3561_prL.jpg
Pusat oleh-oleh Krisna (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa menemukan tas serupa di sejumlah pasar seni. Kalian tinggal pilih, mau mampir ke Pasar Seni Kuta, Sukawati, atau Ubud. Selama berbelanja di sana, jangan sungkan untuk menawar harga ya. Jika sabar dan lihai, kalian pasti bakal mendapat harga terbaik.

Rata-rata tas semacam ini dibanderol dengan harga cukup murah di Pasar Seni Sukawati. Untuk yang ukuran sedang, biasanya bisa didapat dengan bermodal Rp80.000 saja.

img_3769_FDQ.jpg
Deretan tas etnik di Pasar Seni Kuta (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai tas mendong ala Bali yang belakangan tengah hits di kalangan wisatawan. Jika Teman Traveler sedang liburan di Pulau Dewata, jangan lupa luangkan waktu untuk memburu tas etnik keren ini ya. Selamat jalan-jalan!

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share