Tarif Tol Trans Jawa, Kamu Harus Tahu Sebelum Mudik

Teman Traveler sudah siap menyongsong mudik 2019, kan? Sebelum memulai perjalanan jauh, pastikan dulu jumlah tarif tol trans Jawa yang harus dipersiapkan. Tentunya tidak ingin saldo e-toll sampai kurang, ya. Berikut beberapa tarif jika perjalanan dimulai dari Jakarta.

Jakarta-Cirebon

Tol Cipali, Jakarta-Cirebon via Instagram @iyanindra1
Tol Cipali, Jakarta-Cirebon via Instagram @iyanindra1

Tol trans Jawa dapat dimanfaatkan jika mudik dari Jakarta menuju Cirebon, bisa lewat gerbang tol (GT) Palimanan atau Kanci. Masing-masing punya tarif berbeda, GT Palimanan sebesar Rp132 ribuan, sedangkan GT Kanci ongkosnya Rp144 ribuan.

Kalau Teman Traveler lewat tol Cipali alias Cipali-Palimanan, terdapat setidaknya 8 rest area tipe A (ada SPBU) dan B. Tipe A di antaranya KM 86B, 102A, 130B, dan 166A. Fasilitas tambahannya adalah SPBU, pelayanan kesehatan, dan bengkel.

Sedangkan tipe B, berada di KM 164A, 130B, 101A, dan 86B. Sarananya standar seperti tempat makan, musala, toilet, dan ATM.

Jakarta-Semarang

Tarif Tol Trans Jawa
Tol Kanci-Pejagan, Jakarta-Semarang via Instagram @wendy_iwendjanitra

Kalau lewat tol trans Jawa buat mudik dari Jakarta ke Semarang, tarif yang harus disiapkan Rp349.500. Sepanjang jalan dari Jakarta-Semarang, terdapat beberapa ruas tol yang masing-masing punya rest area.

Salah satunya Kanci-Pejagan, dengan rest area di KM 229. Fasilitasnya adalah SPBU, food court, musala, dan toilet. Ada juga rest area di KM 252 pada ruas tol Batang-Pemalang. Sarananya adalah musala, toilet, dan kantin.

Jakarta-Surabaya

Tol Gempol-Pandaan, Jakarta-Surabaya via Instagram @adunrumate
Tol Gempol-Pandaan, Jakarta-Surabaya via Instagram @adunrumate

Untuk tarif tol trans Jawa jalur Jakarta-Surabaya adalah Rp675.500. Berhubung perjalanan cukup panjang, sempatkan untuk istirahat di rest area KM 725 ruas Mojokerto-Surabaya. Atau bisa juga di ruas Gempol-Pandaan KM 26. Teman Traveler akan mendapati beberapa sarana, di antaranya SPBU, parkiran, musala, toilet, dan tempat makan.

Teman Traveler bisa juga memilih lewat jalur Batu-Karangploso, yang memang bukan jalan tol. Kalau melalui jalan tersebut, coba sekalian puasin kulineran di rest area Karangploso. Terdapat beberapa kuliner lezat, di antaranya tahu krispi, sate, ikan bakar, dan ayam kremes. Bebas mau makan yang mana. Jangan sampai energi buat mudik habis, loh.

Jakarta-Pasuruan

Tol Gempol-Pasuruan, Jakarta-Pasuruan via Instagram @saputradika1995
Tol Gempol-Pasuruan, Jakarta-Pasuruan via Instagram @saputradika1995

Nah, kalau Teman Traveler mau mudik dari Jakarta ke Pasuruan, harus siapkan tarif tol sekitar Rp727.500. Jangan lupa sempatkan buat melepas penat di rest area misalnya di ruas Gempol-Pasuruan KM 64. Teman Traveler bisa isi perut dulu, ke toilet, salat, atau sekedar meregangkan badan.

Tahun 2019 ini, Teman Traveler berencana mudik ke mana? Persiapannya sudah sejauh apa, nih?

Tags
Akomodasi Indonesia Jalan Tol Mudik 2019 Tarif Tol tol trans jawa
Share