Segarnya Jacuzzi Alami di Air Terjun Tapian Puti

Sumatra Barat memiliki banyak sekali destinasi wisata. Seperti Pantai Pariaman, Danau Maninjau dan Payakumbuh. Namun di Kecamatan Lubuk Alung, tepatnya Desa Nagari Sikabu ini memiliki wisata yang berbeda. Namanya adalah Air Terjun Tapian Puti, membuat destinasi wisata di tanah Malinkundang semakin menarik hati.

Jacuzzi Alami di Tengah Perbukitan

Pemandangan dari ketinggian
Pemandangan dari ketinggian [image source]
Serunya, di tempat ini kamu dapat berendam sepuasnya pada kolam alami. Airnya yang bersih dan segar membuat tempat ini serasa jacuzzi di tengah alam. Ditambah lagi dengan pemandangan juga hawa sejuk khas perbukitan.

Kolam-kolam alami
Kolam-kolam alami [image source]

Tempat Untuk Melaksanakan Tradisi

Tempatnya cukup lebat
Tempatnya cukup lebat [image source]
Selain dijadikan sebagai tujuan wisata, Tapian Puti juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk melakukan tradisi Balimau setiap tahunnya. Balimau merupakan sebuah tradisi mandi yang dilakukan untuk membersihkan diri dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadan. Tradisi ini rutin dilaksanakan oleh masyarakat Minangkabau setiap tahun atau satu hari menjelang Ramadan.

Air yang berwarna biru
Air yang berwarna biru [image source]

Segarnya Aliran Air dari Perbukitan

Lansekap perbukitan
Lansekap perbukitan [image source]
Air yang mengalir berasal perbukitan. Seiring waktu, aliran di atas bebatuan ini membentuk kolam. Maka itu, kamu akan menemukan air terjun kecil di tiap pergantian tingkatan. Pemandangan ini terbentuk secara alami, tanpa campur tangan manusia.

Terdapat banyak kolam kecil
Terdapat banyak kolam kecil [image source]
Dengan akses yang tak terlalu sulit, Tapian Puti menjadi destinasi untuk segala usia. Walaupun memerlukan sedikit perjalanan menggunakan kaki. Coba sendiri ya sensasi berendam di jacuzzi alam.

Tags
Air Terjun Lubuk Alung Sumatera Barat Tapian Puti
Share